eprintid: 24989 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/89 datestamp: 2023-07-10 08:52:20 lastmod: 2023-07-10 08:52:20 status_changed: 2023-07-10 08:52:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadilla, Karina Dian creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SAINS (AUDIO VISUAL) DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKOLOGI KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 42 JAKARTA ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran audiovisual berbasis google sains terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekologi kelas X semester genap. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dan dipilih secara acak dalam teknik random sampling dari masing-masing kelas sebanyak 60 siswa. Instrumen tes digunakan pada penelitian ini dengan bentuk soal berupa tes essay. Teknik analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent t-test sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis google sains berpengaruh positif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat melalui pada kedua tabel hasil kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan hasil pretest kelas eksperimen menunjukkan kategori kritis dan pada posttest menunjukkan kategori sangat kritis sebanyak 25 siswa. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh hasil posttest sebesar 3 siswa dalam kategori sangat kritis dan hasil pretest dalam kategori kritis sebanyak 4 siswa. Sehingga terdapat pengaruh dan perbedaan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: AH Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovativ. Kaukaban Dipantara. Aji, S. D. (2011). Peningkatan Kemampuan Siswa Melalui Pembelajaran dengan Macromedia Flash 8 di SMP Negeri 02 Singosari Kabupaten Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan., 1, (1): 67-68. Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13–29. Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Ashaver, D., & Igyuve, S. M. (2013). The Use of Audio-Visual Materials in the Teaching and Learning Processes in Colleges of Education in Benue State-Nigeria. 1(6), 44–55. Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Basri H, S., & Waspodo, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisis Computer pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan MotivasiBelajar Siswa. Inovasi Pendidikan. Brookhart, S. . (2010). How To Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD. BSNP. (2007). No Title. BSNP, 16. Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/, Vol. 8. Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed 64 Methods Approaches (V. Knight (Ed.); 4th ed.). SAGE Publications. Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrma Widya. Dwi Siswoyo. dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Ennis, R. H. (2002). An outline of goals for a critical thinking curriculum and its assessment. An Outline of Goals for a Critical Thinking Curriculum and Its Assessment. Farida dan Winarti. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, (9):2. Fatmawati, H., Surfhvv, V., Fulwlfdo, R. I., Lq, W., Vroylqj, S., & Rq, E. (2014). POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT ( Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ). 2(9), 911–922. Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Hapsari, D. P., Suciati Sudarisman, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3), 16–28. Guided Inquiry Models, Diagram V (Vee), Critical Thinking Skills, Biology Learning Achievement%0APENDAHULUAN Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April). Hestiawan, H., S. (2015). Pengaruh Preheat dan Post Welding Heat Treatment 65 Terhadap Sifat Mekanik Sambungan Las SMAW Pada Baja Amutit K-460. [Online]. Http://Download.Portalgaruda.Org/Article.Php. Hidayati, N. (2016). Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran IPA Melalui Kerja Ilmiah Learning Outcomes and Critical Thinking Skills Madrasah Tsanawiyah Students in Learning Science Through Scientific Working. 13(1), 118–127. Hustandi, cecep, & Bambang, S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia. Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21 Jumiati, M., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan Hasil Berlajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds heads together (NHT) Pada Materi VIII SMP Sei Putih Kampar. Www.Unilak.Ac.Id. KEBUDAYAAN, K. P. D., & KEPENDIDIKAN, D. J. G. D. T. (2017). SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2017. Kemendikbud. (2018). Programe For International Student Assessment (PISA) 2018. Litbang. Khaldun, I. (2016). ( PBL ) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI IKATAN KIMIA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS. 04(02), 96–105. Kumala, F. N., Ika, C., Nita, R., Agustin, A. V., & Malang, U. K. (2020). Seminar Nasional PGSD UNIKAMA https://conference.unikama.ac.id/artikel/ Vol. 4, 66 Oktober 2020 Pengembangan Multimedia E-Learning Materi Ekologi Siswa Sekolah Dasar. 4, 256–263. Kustandi, C. dan B. S. (2011). No Title. In Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia. Learning, P. B. (2014). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1), 95–101. Mahase, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. The BMJ. No Title. (n.d.). 1–11. Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230 Paul, R. and Elder, L. (2007). Consequential Validity: Using Assessment to Drive Instruction, Foundation for Critical Thinking. Universitiy of California. Perintis, J., Babakan, K. I., Tangerang, K., & Tangerang, K. (2020). MERDEKA BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL Universitas Muhammadiyah Tangerang Abstrak FREEDOM OF LEARNING THROUGH THE USE OF AUDIO-VISUAL MEDIA IN LEARNING TO WRITE DESCRIPTIVE TEXT A . Pendahuluan Pendidikan merupakan proses mengubah perilaku . 356–370. Rahmatullah, T. K. (2011). Panduan Praktis Pengelolaan CSR. Samudra Biru. Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. CV Pustaka Setia. Rosdiana and Cahyati. (2019). No Title. International Journal of Advancement in 67 Life Science Research, 2 (1), 28–35. https://doi.org/10.31632 Rusman. (2011). Model - model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada. Rustaman, N. Y. (2011). Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 197. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 15, 16–34. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/748/416 S.C.P, & D. Indriati. (2012). No Title. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN SCIENCE-EDUTAINMENT BERBANTUAN MEDIA ANIMASI, JPII 1, 192–197. dionisia.indri@gmail.com Santrock, W. J. (2010). Psikologi Pendidikan. Kencana. Sardiman (2006: 100). (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Siswono, T. . Y. E. (2011). Level of Student’s Creative Thinking In Classroom Mathematics. Educational Research and Review. Smaldino, S. E., dan Deborah, L. L. (2008). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Prenada Media Group. Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379 Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian. 68 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Sujarweni, V. W. (2014). SPSS Untuk Penelitian (Florent (Ed.); 1st ed.). Pustaka Baru Press. Suprijanto. (2009). Pendidikan oleh Orang Dewasa; dari Teori Hingga Aplikasi. Bumi Aksara. Suyanik. (2010). Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Strategi ARIAS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Malang. Program Pascasarjana Program Study Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. Terpadu, J. I. P. A. (2015). PENERAPAN GENIUS LEARNING UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Wina Sanjaya. (2008). Media Komunikasi Pembelajaran. Yazdi, muhammad. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152. Zul Hidayatullah, Muh Makhrus, I. W. G. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Gelombang Mekanik Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4, 151–157. core.ac.uk citation: Fadilla, Karina Dian dan Mayarni, Mayarni (2021) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SAINS (AUDIO VISUAL) DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKOLOGI KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 42 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24989/1/KARINA%20DIAN%20FADILLA.pdf