%0 Thesis %9 Bachelor %A Fadilla, Karina Dian %A Mayarni, Mayarni %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2021 %F repository:24989 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %T PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SAINS (AUDIO VISUAL) DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKOLOGI KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 42 JAKARTA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24989/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran audiovisual berbasis google sains terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekologi kelas X semester genap. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dan dipilih secara acak dalam teknik random sampling dari masing-masing kelas sebanyak 60 siswa. Instrumen tes digunakan pada penelitian ini dengan bentuk soal berupa tes essay. Teknik analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent t-test sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis google sains berpengaruh positif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat melalui pada kedua tabel hasil kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan hasil pretest kelas eksperimen menunjukkan kategori kritis dan pada posttest menunjukkan kategori sangat kritis sebanyak 25 siswa. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh hasil posttest sebesar 3 siswa dalam kategori sangat kritis dan hasil pretest dalam kategori kritis sebanyak 4 siswa. Sehingga terdapat pengaruh dan perbedaan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol.