eprintid: 24987 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/87 datestamp: 2023-07-10 08:52:18 lastmod: 2023-07-10 08:52:18 status_changed: 2023-07-10 08:52:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fahmi, Julfa creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR.HAMKA PADA MATAKULIAH PRAKTIKUM STRUKTUR HEWAN ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan keterampilan proses sains mahasiswa dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes keterampilan proses sains yang berjumlah 25 butir soal tes dan angket yang berisi 15 pernyataan untuk mengetahui faktor –faktor yang mempengaruhi dari keterampilan proses sains. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan proses sains mahasiswa yaitu 48 dengan kategori cukup. Keterampilan yang dominan dikuasi mahasiswa adalah keterampilan merencanakan percobaan yaitu 65,74%, sedangkan keterampilan yang paling rendah adalah keterampilan klasifikasi yaitu 31,48%. Faktor – faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains pada mahasiswa dilihat dari tiga aspek yaitu dosen, mahasiswa, dan sarana prasarana dengan hasil persentase yang paling tinggi adalah faktor dosen sebesar 88,89%. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, P. & A. S. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding SNPS Seminar Nasional Pendidikan Sains, 71–78. Agustina, P., Saputra, A., & Clara, A. Y. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Praktikum Anatomi Hewan Tahun Akademik 2017 / 2018. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 66–73. Amin, M. (2016). Perkembangan biologi dan tantangan pembelajarannya. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 2016, 1–11. Anita, I. W. A. W. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 246. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p246-251.184 Arikunto, S. (2016). dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara. Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331 Astuti, S. W., Andayani, Y., Al-Idrus, S. W., & Purwoko, A. A. (2019). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Kehidupan Sehari-hari Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(2), 20. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.952 49 Dewi, P. K., & Hayat, M. S. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa Kelas XI IPA se-Kota Tegal. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2016, 395–404. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/lppm2016/lppm2016/paper/view/1288 Fitriyati, I. A. M. (2017). Jurnal Pembelajaran Sains. 1, 27–34. Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025 Hartoni, H. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088 Khairunnisa, K., Ita, I., & Istiqamah, I. (2020). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7858 Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795 Minasari, M., Hadisaputra, S., & Setiadi, D. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 234. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1888 50 Mutmainnah, S. N., Padmawati, K., Puspitasari, N., & Prayitno, B. A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains ( Kps ) Mahasiswa Pendidikan Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Profile of Science Process Skills in Biology Education ( Case Study At a University in Surakarta ). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3, 49–56. Nafsih, N. Z., Festiyed, F., & Mufit, F. (2020). Meta Analisis: Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika dan IPA. … Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1), 89–96. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/108965 Pramesti, N., Ayuni, B., Zunaena, M., Oktaviani, R. D., & Kristinah, N. (2018). Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Biologi Tentang Peralatan Laboratorium Biologi. Pendidikan Biologi, 1(1), 1–7. Purwanto, N. (2009). PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN. REMAJA ROSDAKARYA. Putri, A. N., & Muhartati, E. (2019). Keterampilan Proses Sains Awal Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Matakuliah Biologi Umum. Pedagogi Hayati, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.844 Putri, P. N., & Agustina, P. (2019). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Praktikum Sistematika Invertebrata Tahun Akademik. 1, 562–568. Rahayu, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3, 1–10. 51 Rahma, T. Y., & Kusdiwelirawan, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada. 2(1), 181–190. Rustaman, N. (2007). Asesmen Pendidikan IPA. Diklat NTT04, 1–7. Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403 Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89 Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492. Yuanita. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum Ipa Materi Bagian-Bagian Bunga Dan Biji. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(April), 27–35. Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335 citation: Fahmi, Julfa dan Safahi, Luthpi (2021) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR.HAMKA PADA MATAKULIAH PRAKTIKUM STRUKTUR HEWAN. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24987/1/Julfa%20Fahmi.pdf