%0 Thesis %9 Bachelor %A Salsabila, Jauhrotun Nafa Nabila %A Murwitaningsih, Susanti %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2021 %F repository:24984 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS GOOGLE FORM PADA MATERI VIRUS %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24984/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen keterampilan berpikir kritis berbasis google form pada materi virus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Developmental Research) dengan menggunakan model pengembangan menurut Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari (1) Research and Information Collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary of Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Test, (7) Operational Product Revision. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X IPA yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang diperoleh menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes yang dikembangkan berupa soal uraian berjumlah 15 soal yang disusun berdasarkan indikator menurut Ennis yang terdiri dari 6 kriteria berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview. Hasil penelitian ini adalah instrumen tes yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat layak berdasarkan validasi ahli (86%). Respon peserta didik terhadap keterbacaan soal menunjukan 82%. Hasil analisis data menunjukan 13 soal valid dengan presentase 100%. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach mendapatkan nilai r11 sebesar 0,81 (tinggi). Dengan demikian penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang layak untuk digunakan dalam mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik untuk materi virus dengan jumlah butir soal sebanyak 13 butir.