eprintid: 24983 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/83 datestamp: 2023-07-10 08:52:14 lastmod: 2023-07-10 08:52:14 status_changed: 2023-07-10 08:52:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mi'rojiyah, Isroatul creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PADA SISWA SEKOLAH INOVATIF DAN SISWA SEKOLAH KONVENSIONAL ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan kemampuan berpikir analisis pada siswa sekolah inovatif dan siswa sekolah konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling purposive sampling dan cluster random sampling. Purposive sampling digunakan untuk penarikan sampel berdasarkan kriteria sekolah inovatif. Sedangkan, cluster random sampling digunakan untuk menentukan kelas dari masing-masing sekolah. Instrumen yang digunakan berupa tes dan nontes. Tes untuk kemampuan berpikir analisis yang terdiri dari tiga indikator yaitu membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusi sebanyak 27 butir soal pilihan ganda. Kemudian, nontes untuk mengidentifikasi sekolah inovatif dengan wawancara dan angket untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir analisis siswa sebanyak 30 pernyataan. Instrumen yang digunakan telah divalidasi secara judgment oleh ahli dan empiris kepada siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan berpikir analisis pada siswa sekolah inovatif termasuk baik dan siswa sekolah kovensional termasuk cukup dengan nilai rata-rata masing-masing 76,11 dan 57,93. Kemampuan berpikir analisis pada siswa sekolah inovatif (n=34) didapatkan nilai terendah 48 dan nilai tertinggi 93. Sedangkan, pada siswa sekolah konvensional (n=46) didapatkan nilai terendah 33 dan nilai tertinggi 85. Kemampuan berpikir analisis siswa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya model, metode, pendekatan, media pembelajaran, guru, siswa dan sarana prasarananya. Hasil angket faktor-faktor yang memengaruhi kemapuan berpikir analisis pada siswa sekolah inovatif termasuk baik dan siswa sekolah kovensional termasuk cukup dengan nilai rata-rata masing-masing 77,44 dan 64,38. Data dihitung dengan menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian, uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung 5,8547 dan ttabel 2,6471. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir analisis pada siswa sekolah inovatif dan siswa sekolah konvensional. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: ‘Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4), 215–223. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/viewFile/20856/148 63 Acar, O. A., & Tuncdogan, A. (2018). Education Using The Inquiry-Based Learning Approach to Enhance Student Innovativeness: A Conceptual Model. Teaching in Higher Education, 1–15. https://doi.org/10.1080/13562517.2018.1516636 Akhsan, H., Wiyono, K., Novianti, R., Melvany, N. E., & Ariska, M. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Fluida dan Getaran Harmonis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 33–40. Retrieved from http://sij-inovpend.ejournal.unsri.ac.id/index.php/sijinovpend/ index Amirullah, G., & Susilo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika, 2(1), 38–47. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/625827 Ananda, R., & Amiruddin. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi teknologi dan Inovasi Pendidikan. (M. Rifa’i, Ed.). Medan: CV. Widya Puspita. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/3583/1/4. BUKU INOVASI PENDIDIKAN.pdf Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, adn Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. (P. W. Airasian, K. A. Cruikshank, P. R. Pintrich, J. Raths, & M. C. Wittrock, Eds.). New York: Addison Wesley Longman, Inc. Retrieved from https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (R. Damayanti, Ed.) (3rd ed.). Jakarta: Bumi Aksara. Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 9(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377 Athiyah, U. (2018). Pengembangan Media Pemelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41–46. Balkar, B. (2015). The Relationships between Organizational Climate, Innovative Behavior and Job Performance of Teachers. International Online Journal of 57 Educational Sciences, 7(2), 81–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15345/iojes.2015.02.007 Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI. Retrieved from http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional Ellong, T. D. A. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 11(1). Retrieved from http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/574/477 Hala, Y., Saenab, S., & Kasim, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of EST, 1(3), 85–96. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/1825 Hamsa, D. (2020). FIS (Fun-Innovative-Spritual): Manajemen Pemasaran di KB. Fun Islamic School Purworejo. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2020.51-01 FIS Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 81–89. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva Hidayati, U. (2019). Inovasi Madrasah melalui Penyelenggaraan Madrasah Riset. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3), 238–255. Irawati, T. N., & Mahmudah, M. (2018). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matemartika. Kadikma, 9(2), 1–11. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/8529 Irwandani, & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 04(2), 165–177. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90 Istiana, G. A., S, A. N. C., & Sukardjo, J. . (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2), 65–73. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. Retrieved from 58 http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54 Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 29–33. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/360873 Karim, A. (2019). Hubungan Disiplin Kerja dan Sikap Inovatif dengan Kinerja Guru SMA Negeri 14 Medan. Jurnal Ilmiah METADATA, 1(2), 1–16. Retrieved from http://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/index.php/metadata/article/view/8/2 Kartikawati, E., Cahyani, A. F., & Amirullah, G. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 22–34. Retrieved from http://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1065/1304 Khasanah, N. (2016). SR (Science and Religion) Sebagai Pendekatan Pembelajaran Biologi pada Kuriulum 2013 untuk Meningkatkan arakter Siswa. Biodidaktika, 11(2), 45–53. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/biodidaktika/article/view/1587/1242 Khodijah, S. (2015). Manajemen Pembelajaran PAI sebagai Upaya Guru dalam Meningkatkan Siswa Aktif Kelas IV Semester Ganjil di SDN Tanjungsari 01 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Pancaran, 4(2), 21–34. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1549 Kuswoyo. (2018). Kreativitas di Sekolah. Universitas Ahmad dahlan Yogyakarta. Retrieved from https://www.academia.edu/37874120/KREATIVITAS_DI_SEKOLAH Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280 Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1–18. Retrieved from http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/395 Maslaha, A., & Suryani, Y. J. (2018). Urgensi IPTEK dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 5(2), 47–55. Retrieved from https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/2254 Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam 59 Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117–123. Retrieved from https://core.ac.uk/reader/294889010 Meilani, C., Syaodih, E., & Ilyas. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write. JP2EA (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntasi), 4(1), 24–30. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/311 Musdar, M. (2018). Pemetaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 36–41. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i1.1909 Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, VI(2), 119–131. Retrieved from https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/122/133 Nugrahini, Y., Putra, T. H., & Febrinawati, C. (2015). Pelatihan Pembuatan Metode Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan Akses Internet pada Guru SDN 1 Mojoarum Gondang Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 20–23. Retrieved from https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/viewFile/310/158 Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal). (T. Y. Kurniawati, Ed.). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 (1st ed.). Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Nuryadin. (2017). Strategi Pendidikan Islam di Era Digital. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(1), 209–225. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i1.637 Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. JURNAL GANTANG, 1(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4 Prastyaningrum, I., & Handhika, J. (2017). Penggunaan Media e-Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Hubungan Kuat Medan Magnetik dengan Trainer Motor Listrik. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 29–32. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/view/1796/1390 Prawita, W., Prayitno, B. A., & Sugiyarto. (2019). Students ’ Profile About Analytical Thinking Skill on Respiratory System Subject Material (pp. 1–5). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022078 60 Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (T. Surjaman, Ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Putri, R. P., Firmansyah, R., & Widyaevan, D. A. (2018). Redesain Interior Sekolah Alam Tanah Tinggal Kota Tangerang Selatan. In e-Proceeding of Art & Design (Vol. 5, pp. 586–595). Retrieved from openlibrary.telkomuniversity.ac.id Qomariya, Y., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Journal of Natural Science Education Reseach, 1(1), 9–18. Retrieved from Kemampuan Analisis, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pictorial Riddle. Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 105–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v1i2.1946 Sari, E., Sumarno, & Putri, A. D. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150–157. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index Sartika, S. B., & Efendi, N. (2020). The Effectiveness of Model 4A (Phenomenon Analysis, Information Analysis, Data Analiysis, Finding Analysis) of Analytical Thinking Skills in Secondary School. In Proceeding books: The 2nd International Conference and Innovation Exhibiti on Global Education (ICEGE) (pp. 7–12). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/ie.v1i1.144 Sartono, N., Rusdi, & Handayani, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided INquiry Learning (POGIL) dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMAN 27 Jakarta pada Materi Sistem Imun. Bioasfer: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB), 10(1), 58–64. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/view/5479 Setiawan, A. R. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Biologi sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik. In Inovasi Penelitian dan Pendidikan Biologi III (IP2B III) 2019 (pp. 140–145). Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorenasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sudarma, M. (2018). Metodologi Penelitian Geografi: Ragam Perspektif dan Prosedur Penelitian (2nd ed.). Yogyakarta: Mobius. 61 Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: RajaGrafindo Persada. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta. Sulastri, Akbar, B., Safahi, L., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident terhadap Keterampilan Analisis Siswa. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 77–81. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi%0APengaruh Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB), 9(2), 37–44. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/view/5566 Susilawati, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif yang Memanfaatkan Portal Rumah Belajar di SMP Pesat Bogor. Jurnal Teknodik, 23(1), 41–54. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/367/443 Susilo, M. J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3(1), 10–15. Thaneerananon, T., Triampo, W., & Nokkaew, A. (2016). Development of a Test to Evaluate Students ’ A nalytical Thinking Based on Fact versus Opinion Differentiation. International Journal of Instruction E-ISSN:, 9(2), 124–138. https://doi.org/10.12973/iji.2016.929a Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/331329841_MODEL-MODEL_PEMBELAJARAN_INOVATIF Wibowo, A., & Saptono, A. (2017). Kepemimpinan Intrapreneurship, Budaya Sekolah dan Kinerja Inovasi Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 5(2), 176–193. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPEB.005.2.5 Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto (pp. 1–8). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta A. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808327/pengabdian/8penelitian-ex-post-facto.pdf Widyastuti, & Wijaya, A. P. (2018). Dasar-Dasar dan Perencanaan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. 62 Yen, T. S., & Halili, S. H. (2015). Effective Teaching of Higher-Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(2), 41–47. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/EFFECTIVE-TEACHING-OF-HIGHER-ORDER-THINKING-(HOT)-Yen-Halili/74ce31c2bc3689c4c3b3e21fb71161d8e21743de Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian; Plus Tutorial SPSS. Yogyakarta: Innosain. Yuniarti, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Analisis Pokok Bahasan Masalah Ekonomi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa SMA Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/22471/1/7101410234-s.pdf citation: Mi'rojiyah, Isroatul dan Safahi, Luthpi (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PADA SISWA SEKOLAH INOVATIF DAN SISWA SEKOLAH KONVENSIONAL. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24983/1/Isroatul%20Mi%27rojiyah.pdf