eprintid: 24979 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/79 datestamp: 2023-07-10 08:52:07 lastmod: 2023-07-10 08:52:07 status_changed: 2023-07-10 08:52:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rosalinda, Imelda creators_name: Akbar, Budhi creators_id: budhi.akbar@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-0279-6252 title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING SECARA DARING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI SISTEM REPRODUKSI ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Pada abad 21 kebutuhan peserta didik tidak sekedar mengafal melainkan diperlukan keterampilan-keterampilan berfikir tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasikan untuk menunjang kehidupan, maka penerapan dan pembiasaan pada lingkungan sekolah harus dimaksimalkan. Guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model discovery terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quarsi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Sampel berjumlah 70 siswa dengan teknik pengambilan sampel mengguanakan cluster random sampling. Pengumpulan menggunakan intrumen test berorientasi HOTS berumlah 30 soal pilihan ganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T memperoleh hasil nilai thitung > t0,99(70) yang berarti Ho ditolak maka penerapan model discovery secara daring berperngaruh meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem reproduksi, selain itu penerapan model ini meningkatkan motivasi belajar dan membuat siswa tidak bosan. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anawati, R. Y., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2020). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ALAT PERAGA SEDERHANA FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ). 5(3), 119–128. https://doi.org/10.22216/jcc.2020.v5i3.4446 Ariyana, Yoki , Pudjiastuti, Ari, Bestary, Reisky dan Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87. Buana, P. S. L. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Percaya Driri siswa pada Subtema Wujud Benda dan Cirinya (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Gentra Masekdas Bandung Tahun pelajaran 2017/2018). Universitas Pasundan. DIKNAS. (2019). Pentingnya Guru Menguasai HOTS. DIREKTORAT GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DASAR. Diknas.Kemendikbud.co.id Efendi, F., Fitria, Y., Studi, P., Dasar, P., & Padang, U. N. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 301–309. Harunsusilo, & Edgar. (2019). Skor PISA Terbaru Indonesia, ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Nadiem Makarim. Kompas.Com. Kompas.com Hikmayatul, F., Dansa, I. W., & Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan 54 Konseptual, 201–212. Khofiyah, H. N., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. 61–67. Kurniawan, I., Arnellis, D., & Si, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan HOTS ( High Order Thinkng Skill ) Siswa Kelas X MIPA SMAN 3 Padang. 8(4), 103–109. Linda, T. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Biologi Berkategori HOTS di SMA Negeri 1 Tana Toraja The Effect of Application of Discovery Learning Learning Model on Students ’ Ability to Complete. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 771–778. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/download/10649/6262 Mardiana, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Ipa Berbasis Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Pada Siswa Madrasah Ibtidayah. Al- Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 61–80. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.69 Ngalim, P. (2013). PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJAAN (P. R. ROSDAKARYA (ed.)). Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran : Dilengkapi dengan 65 model Pembelajaran. Parama Ilmu. 55 Nisak, N. Z. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi untuk Siswa SMA Ditinjau dari Tingkat Kesulitan Materi , Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi , dan. 1(2), 128–133. Nugroho. (2018). HOTS (Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi : Konsep Pembelajaran, Penilaian dan soal-soal). Kompas Gramedia. Oktaviani, R., Herlina, A., Hadiyanti, D., Saptoro, A., & Dharma, U. S. (2021). Edudikara : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Ketelitian dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. 6, 73–85. Pratiwi, F. A. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. Universitas Tanjungpura. Putri, Anggraeni, & Saefudin. (2016). Capaian Aspek Hakikat SainsGuru Biologi SMA dan Penerapan dalam LKS. Journal Pedagogi Hayati, 1(1), 19–29. Sagala. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan : Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Belajar yang Bermutu. Alfabetra. Satria, W. (2016). Pembelajaran Sains Masa Depan Berbasis STEM Education. In Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi (Issue April). http://semnasbioedu.stkip-pgri-sumbar.ac.id/wpcontent/ uploads/2017/02/prosiding-semnas-bioedu-1-finale1.pdf 56 Setiawati, W. , Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. 2019. (2019). Buku Pegangan Penilaian Berorientasi Higher Oerder Thinking Skills. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–82. Setiawati, H., Rahman, S. R., & Jafar, J. (2019). Pemberdayaan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Konstruktivis. Prosiding Seminar Nasional …, 2, 26–27. https://jurnal.yapri.ac.id/index.php/semnassmipt/article/view/83 Setyawati, E. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta DidikUpaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 50–59. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p050 Soetomo, F. U. (2017). Pengembangan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran. 2(2011), 63–71. Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabetra. Suryaningsih. (2017). Pembelajaran Sains Pratikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, Vol 2 (2), 49–57. Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan dan Impementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana. 57 Wulandari, N. (2020). LITERATURE REVIEW PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING. Yatim, R. (2009). Paradigma Buku Pembelajaran. Kencana Predana citation: Rosalinda, Imelda dan Akbar, Budhi (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING SECARA DARING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI SISTEM REPRODUKSI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24979/1/Imelda%20Rosalinda.pdf