eprintid: 24978 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/78 datestamp: 2023-07-10 08:52:06 lastmod: 2023-07-10 08:52:06 status_changed: 2023-07-10 08:52:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aqriba, Hilya creators_name: Amirullah, Gufron creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Dalam pembelajaran, berbagai masalah yang sering dijumpai diantaranya siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media Powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMA Muhammadiyah 23 Jakarta kelas X jurusan IPA semester genap. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X Mipa 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Mipa 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes tertulis yang terdiri atas 30 butir soal pilihan ganda. Indikator yang diukur adalah ranah kognitif siswa dengan jenjang soal C1-C5. Hasil menunjukkan rata-rata hasil belajar yang dilihat dari posttest siswa kelas eksperimen sebesar 66,90. Adapun kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 39,61. Uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi α=5% diperoleh thitung 4,31 > ttabel 1,68 yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian penggunaan media Powerpoint interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, H. P. (2020). Kendala Guru dalam Mendesain Program Microsoft Powerpoint sebagai Media Pembelajaran di SDN Lamereung Aceh Besar. Retrieved from https://etd.unsiyah.ac.id Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Powerpoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Jakarta. Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scrambel. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Atsani Z, L, G, M. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal STudi Islam, 1(1), 82–93. Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar, Teori dan Prosedur. Jakarta: Penerbit Laksita Indonesia. Creswell, J. W. (2016). Research Design pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran (4th ed.). Cucum, C., Rohayat, A., Rusmana, M., & Tetep, T. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Program Powerpoint Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JTEP- Jurnal Teknologi Dan Pembelajaran, 3(1), 418–440. Delianti, P. I., Tasrif, E., & Dewi, I. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student facilitator and explaining terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 6(1). Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217–226. Dewi, N., Murtinugraha, R., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34. Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (1st ed.). Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Fanani, M. F., & Harimurti, R. (2018). Pengaruh Minat Siswa dalam Memilih Bidang Keahlian Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal ITEDU, 03, 128–139. Fazriyah, N., Zulmaulida, R., & Dahlan, A. (2017). The Effect of Integrated Learning 57 Model and Critical Thinking Skill of Science Learning Outcomes. Journal of Physics : Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001 Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi 4.0. KoPeN : Konferensi Pendidikan Nasional, 93–97. Retrieved from ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id Hamid A, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., … Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=info:MO7lmvLYvEsJ:scholar.google.com/&ots=Nr2w7yP1LR&sig=PfdVEozLOjJJUynd0xh5w-xgFmQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=true Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., … Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Jalil, M., Ngabekti, S., & Mulyani, S. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137. Jalinus, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: K E N C A N A. Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136. Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 15–24. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2020). Lestari, P. B., & Wijayanti, T. (2016). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Dipadukan dengan Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Mikrobiologi Mahasiswa IKIP Budi Utomo. Jurnal Paradigma, 22(1). Microsoft. (2019). Di mana menu dan toolbar? Retrieved from https://support.microsoft.com Nurlyanto, N. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Powerpoint Terhadap Pemerolehan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik. Nurussyifa, A. M., Djumhana, N., & Saefudin, A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa SD Berdasarkan Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 45–56. Oktaviana Maya, E., Hariz Rizqianti, A., Wijayanti, E., & Ismail, I. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Diskusi Online Isu Sosiosaintifik Materi Pencemaran Lingkungan Di Era Pandemi. CEJou, 2(1). PERMENDIKBUD No. 53. (2015). Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar 58 Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1). Pitriana, P., Rochman, C., Nasrudin, D., & Setya, W. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran VBA Power Point yang Menarik , Interaktif dan Ekonomis pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Prayitno, P., & Mardianto, M, F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics, Science and Technology, 5(2), 171–181. https://doi.org/http://doi.org/1030651/must.v5i2.6119 Purwanto, N. (2018). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rahman, M., & Mahmud, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene. Jurnal Saintifik, 4(1), 83–92. Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Yogyakarta: Literasi Media. Stacy G, S., & Thiel G, S. (2017). Use of Hyperlinks in PowerPoint Presentations as an Educational Tool. Academic Radiology, 24(10), 1318–1324. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acra.2017.03.018 Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2018). Media Pembelajaran (2nd ed.). Jember: Pustaka Abadi. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=VJtIDwAAQBAJ&Ipg=PR1&pg=PR1#v=onepage&q&f=false Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4, 22–27. Suryanti. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA. ELIPS : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(September), 8–18. Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. Wandari, K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group investigation (GI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematis Siswa kelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Worthington, D. L., & Levasseur, D. G. (2015). To provide or not to provide course PowerPoint slides ? The impact of instructor-provided slides upon student attendance and performance. Computers & Education, 85, 14–22. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.02.002 Wulan, E. R. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Zulfadli. (2017). Pengembangan Modul Biologi pada Materi Ekosistem Berbasis 59 Problem Base Learning untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tarakan. Jurnal Bionature, 17(1), 63–67. citation: Aqriba, Hilya dan Amirullah, Gufron (2021) PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24978/1/HILYA%20AQRIBA.pdf