@phdthesis{repository24978, month = {July}, year = {2021}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, title = {PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN}, author = {Aqriba, Hilya and Amirullah, Gufron}, abstract = {Dalam pembelajaran, berbagai masalah yang sering dijumpai diantaranya siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media Powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMA Muhammadiyah 23 Jakarta kelas X jurusan IPA semester genap. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X Mipa 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Mipa 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes tertulis yang terdiri atas 30 butir soal pilihan ganda. Indikator yang diukur adalah ranah kognitif siswa dengan jenjang soal C1-C5. Hasil menunjukkan rata-rata hasil belajar yang dilihat dari posttest siswa kelas eksperimen sebesar 66,90. Adapun kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 39,61. Uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi {\ensuremath{\alpha}}=5\% diperoleh thitung 4,31 {\ensuremath{>}} ttabel 1,68 yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian penggunaan media Powerpoint interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24978/} }