eprintid: 24977 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/77 datestamp: 2023-07-10 08:52:04 lastmod: 2023-07-10 08:52:04 status_changed: 2023-07-10 08:52:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Salsabilah, Hanum creators_name: Akbar, Budhi creators_id: budhi.akbar@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-0279-6252 title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan ilmiah yang dimiliki oleh setiap individu, namun keterampilan tersebut tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Muhammadiyah 8 Ciputat masih berfokus pada guru dan kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Hal tersebut menyebabkan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki peserta didik masih rendah. Berkenaan dengan masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat pada kelas XI untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem based learning dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model secara konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji-t.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung = 6,82 > ttabel = 2,04. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adeyemi, M. B., Moumakwa, T. V., & Adeyemi, D. A. (2009). Teaching Character Education Across the Curriculum and the Role of Stakeholders at the Junior Secondary Level in Botswana. Studies on Home and Community Science, 3(2), 97–105. https://doi.org/10.1080/09737189.2009.11885283 Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2002). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. 41(4), 352. http://books.google.com/books?id=JPkXAQAAMAAJ&pgis=1 Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3), 282–289. Arends, R. (2008). Learning to Teach. McGraw Hill Company. Atmadi, A., & Setyaningsih, Y. (2000). Transformasi Pendidikan. Universitas Sanata Darma. Awang, H., & Ishaq, R. (2008). Creative Thinking Skill Approach Through Problem Based Learning Pedagogy and Classroom. Buchari, A. (2008). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Alfabeta. Çimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students’ Views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61–71. https://doi.org/10.5897/ERR11.205 Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariariate dengan Program IBM SPSS 22. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. gunawan, heri, & Saepulrohim, asep. (2012). Pendidikan karakter : konsep dan implementasi. Alfabeta. Hartini. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELARAN JARAK JAUH. https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/impementasi-pembelajaran-jarak-jauh-moda-daring/ 60 Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Isjoni, & Ismail, A. (2008). model-model pembelajaran Muthakhir. Pustaka Pelajar. Leonardus Baskoro pandu. (2016). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 2 YOGYAKARTA. Lewy, L. (2009). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Bilangan Di Kelas Ix Akselerasi Smp Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.821. Limbach, B., & Waugh, W. (2010). Developing higher level thinking. Journal of Instructional Pedagogies, 9. https://aabri.com/manuscripts/09423.pdf Made, W. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara. Muhibbin, S. (2012). Psikolofi Belajar. Raja Grafindo Persada. Ngalimun. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Aswaja Pressindo. Sani, A., & Ridwan. (2016). Penilaian Autentik. PT. Bumi Aksara. Sanjaya, W. (2007). Kajian Kurikulum dan Pembelajaran. SPs UPI. Siswanto, Maridi, dan M. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 53–59. Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204 Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. 61 https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005 Sudjana, N., & Rifai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. suprijono, agus. (2016). Cooperative Learning (pp. 64–65). Pustaka Pelajar. Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10. http://sttikat.ac.id/e-journal/index.php/sikip Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Wardoyo, M. S. (2013). Pembelajaran kontruktivisme (teori dan aplikasi pembelajaran dalam pembentukan karakter). Alfabeta. Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking [Problem Formulation Module Higher Order Thinking]. Woolfolk. (2008). Educational Psychology. Active Learning Edition Tenth Edition. Allyn & Bacon. Yamin, M., & Ansari, B. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Press. Yatim, R. (2009). Paradigma Buku Pembelajaran. Kencana Prenada citation: Salsabilah, Hanum dan Akbar, Budhi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24977/1/Hanum%20Salsabilah.pdf