eprintid: 24976 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/76 datestamp: 2023-07-10 08:52:02 lastmod: 2023-07-10 08:52:02 status_changed: 2023-07-10 08:52:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Abdullah, Fuad creators_name: Setyaningsih, Maryanti creators_name: Susilo, Susilo creators_id: maryanti.setyaningsih@uhamka.ac.id creators_id: susilo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIRUS BERBASIS ADOBE FLASH CS6 ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 ini didasari oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembuatan media pembelajaran disekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 Di SMA kelas X Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D). Jenis penelitian yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian adalah model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dari ahli media kelayakan media memperoleh presentase kelayakan sebesar 76,6% dengan kriteria layak. Sementara itu dari ahli materi kelayakan materi memperoleh presentase kelayakan sebesar 83,3% dengan kriteria layak. Dari respon siswa kelayakan media pada uji coba produk memperoleh presentase nilai respon siswa sebesar 86,4% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian media pembelajaran interaktif virus ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X di sekolah. date: 2021-04-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andriani, Durri. Dkk. 2009. Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas terbuka. Andrizal dan Ahmad Arif. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi 17(2). Arrasyid, Fajar. 2017. Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bandar Lampung. Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Asyhari, Ardian dan Helda Silva. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05 (1). Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi. Depdiknas. 2007. Materi Sosialisasi KTSP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Devi, Anggit Shita dan Siti Maisaroh. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop Up Wayang Tokoh Pandhawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia 3(2). Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4). 106 Fani, Intan Tiara. 2016. Pengembangan E-Book Interaktif Elektrokimia Berbasis Kehidupan Sehari-Hari. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, pendidikan kimia Universitas Bandar Lampung. Faturrahman, Pupuh dan Sutikno Sobry. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama. Fuady, Ahmad. 2017. Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Koloid. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bandar Lampung. Susila, Candra Budi dan Erlina Idola Ganis. 2012. Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Taman Kanak-Kanak (Tk) Pertiwi Kecamatan Pacitan. Seruni FTI UNSA 1. Hardinata, Restu. 2016. Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Skripsi. FKIP, Pendidikan Biologi UHAMKA. Istiqomah. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan EYD pada Siswa SMA. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Juariah, Siti dan Irwandani. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 5 (1). Lanvin, Bruno & Felipe Monteiro. 2019. The Global Talent Competitiveness Index. france : Insead, The Adecco Group & Tata Communication. 107 Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta. Munir. 2012. Multmedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Mustaqim, Ilmawan. 2016. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 13(2). Niswa, Auliyah. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas Viid Smp Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia 1(1). Novaliendry, Doni. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan 6(2). Nugrahani, Rahina. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan 36(1). Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung. Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta. Sadiman, Arief. 2011. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali. Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada 108 Media Group. Setiani, Rina. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash CS5 untuk Kelas XI SMA. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suhariyanto, Deni. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash pada Materi Electronic Spark Advancer (Esa) dalam Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMK N 1 Sedayu. Skripsi. Fakultas Teknik, Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. citation: Abdullah, Fuad dan Setyaningsih, Maryanti dan Susilo, Susilo (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIRUS BERBASIS ADOBE FLASH CS6. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24976/1/Fuad%20Abdullah.pdf