eprintid: 24975 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/75 datestamp: 2023-07-10 08:52:00 lastmod: 2023-07-10 08:52:00 status_changed: 2023-07-10 08:52:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmawati, Fitri creators_name: Maesaroh, Maesaroh creators_id: maesyaroh@uhamka.ac.id title: ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS XI IPA SMAN 93 JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BIOLOGI ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran daring pada materi biologi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta sebanyak 80 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Quota Sampling. Instrument yang digunakan adalah angket tentang motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring biologi dengan pilihan jawaban berdegrasi skala likert dan telah divalidasi ahli. Pada uji validitas menggunakan rumus Pearson sebanyak 30 pernyataan dengan 23 pernyataan valid dan 7 pernyataan tidak valid. Sedangkan pada uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung = 0,803 > rtabel 0,6 maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta dalam pembelajaran daring pada materi biologi berdasarkan sepuluh indikator maka diperoleh hasil rata-rata 5,16% siswa menyatakan sangat tidak setuju, 10,17% siswa menyatakan tidak setuju, 22,24% siswa menyatakan ragu-ragu, 36,92% siswa menyatakan setuju, dan 25,52% siswa menyatakan sangat setuju. Hal ini menunjukkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta masih terjaga dengan baik dengan presentase > 50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta memiliki motivasi belajar yang baik dalam pembelajaran daring pada materi biologi. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1062–1070. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.591 Amirudin, A., Karochman, M. A., & Aliyah, A. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 37. https://doi.org/10.47453/etos.v3i1.347 Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al- Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57 Cary Cherniss, Daniel Goleman. (2001). The Emotionally Intelligent Workplace: How to Select for, Measure, and Improve Emotional Intelligence in Individuals, Groups, and Organizations. San Francisco. Jossey-Bass A Wiley Company. Dewi, A. N. M., Azwar, B., & Yanuarti, E. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Aplikasi Zoom Collaboration Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4, 90–97. Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. 56 Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838 Firmansyah, F. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589–597. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.355 Indahningrum, R. putri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. 2507(1), 1–9. Nurhasanah Nurhayati Dahliana. (2016). Dinamika Motivasi Belajar Pada Siswa Mandiri di SMPN 10 Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala 1. Hal 73-79. Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878 Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368– 378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043 Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878 Syawal, S., & Helaluddin. (2018). Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan. Academia.Edu, March, 1–16. 57 http://www.academia.edu/download/60642918/Psikoanalisissigmudfreud20190919-88681-dfxtxf.pdf Syaiful Bahri Djamarah. (2014). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta. Hal 11. Syaiful Bahri Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta. Hal 13. Sadirman. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Hal 84. Syarifudin. (2017). Pengembangan Sistem Pembelajaran Online di SMK NU Unggaran. Hal 19. Vreedy Frans, Danar. (2012). Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik dan Ekstrinsik Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Maárif 1 Wates. S1 Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta. citation: Rahmawati, Fitri dan Maesaroh, Maesaroh (2021) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS XI IPA SMAN 93 JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BIOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24975/1/Fitri%20Rahmawati.pdf