TY - THES TI - ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS XI IPA SMAN 93 JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI BIOLOGI ID - repository24975 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24975/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka A1 - Rahmawati, Fitri A1 - Maesaroh, Maesaroh AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran daring pada materi biologi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta sebanyak 80 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Quota Sampling. Instrument yang digunakan adalah angket tentang motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring biologi dengan pilihan jawaban berdegrasi skala likert dan telah divalidasi ahli. Pada uji validitas menggunakan rumus Pearson sebanyak 30 pernyataan dengan 23 pernyataan valid dan 7 pernyataan tidak valid. Sedangkan pada uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung = 0,803 > rtabel 0,6 maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta dalam pembelajaran daring pada materi biologi berdasarkan sepuluh indikator maka diperoleh hasil rata-rata 5,16% siswa menyatakan sangat tidak setuju, 10,17% siswa menyatakan tidak setuju, 22,24% siswa menyatakan ragu-ragu, 36,92% siswa menyatakan setuju, dan 25,52% siswa menyatakan sangat setuju. Hal ini menunjukkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta masih terjaga dengan baik dengan presentase > 50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 93 Jakarta memiliki motivasi belajar yang baik dalam pembelajaran daring pada materi biologi. M1 - bachelor Y1 - 2021/08/11/ ER -