eprintid: 24973 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/73 datestamp: 2023-07-10 08:51:56 lastmod: 2023-07-10 08:51:56 status_changed: 2023-07-10 08:51:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Salsabila, Firyal Tsana creators_name: Yarza, Husnin Nahry creators_id: husnin.rahry@uhamka.ac.id title: PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 JAKARTA UTARA ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil peserta didik dalam Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada materi biologi SMA Kelas XI semester II. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juli 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 13 Jakarta dengan responden sebanyak 50 orang yang tersebar di dalam kelas XI MIPA-1 dan MIPA-2. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penilaian berupa soal tes sebanyak 30 butir soal dengan option pilihan ganda yang terdiri dari tiga indikator HOTS yaitu C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi kedalam kategori cukup. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 50,78 dengan setiap indikator dengan nilai persentase menganalisis (C4) sebanyak 51,6%, mengevaluasi (C5) 49,66%, dan mencipta (C6) 44%. Hasil analisis data menunjukkan butir soal yang valid sebanyak 22 dan yang tidak valid sebanyak 8 butir soal. Pada pengujian reliabilitas sebesar 0,43 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan lagi kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan guru dalam pembuatan soal untuk mengevaluasi pembelajaran biologi di sekolah. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amin, Dwi Isnaini, and Darsono Sigit. 2018. “Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi Higher Order Thinking Skills Keterampilan Proses Dan Sikap Terhadap Sains Pada Bahan Kajian Hidrokarbon Dan Minyak Bumi.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3(9): 1142–46. Andriyanto, indri. 2019. “Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Menggunakan Instrumen Tes Two-Tier Multiple Choice.” UIN Syarif Hidayatullah. Aqil, Deden Ibnu. 2017. “Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi Di Sekolah.” Wacana Didaktika 5(02): 160. Ardiana, Meiriza, and Sudarmin. 2016. “Penerapan Self Assessment Untuk Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 9(1). Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Astriani, Dyah, Herawati Susilo, Hadi Suwono, and Betty Lukiati. 2018. “Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru Ipa Dalam Perkuliahan Biologi Umum.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2(2): 66. Avvisati, F, A Echazarra, P Givord, and M Schwabe. 2018. “Prgogramme for International Student Assesment (PISA) Result from PISA 2018.” : 1–10. http://www.oecd.org/pisa/ Data. Dinni, Husna Nur. 2018. “HOTS ( High Order Thinking Skills ) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika.” Prisma 1: 170–76. Fitriyani, Ade, and et.al. 2020. “IMPLEMENTASI MODEL PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI.” Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi 8(2): 1–6. Gumanti, Dessyta, and Serli Diovani Teza. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Tingkat Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 58 Dalam Perkuliahan Daring Masa Pandemi Covid-19.” 3(4): 1638–47. Gunawan, Imam, and Anggraini Retno Paluti. 2017. “TAKSONOMI BLOOM – REVISI RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN PENILAIAN.” E-Journal.Unipma 7(1): 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE. Indraswari, Lulun, Anggun Wiji Lestari, and Ratri Candra Hastari. 2019. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal−Soal Hots Materi Segiempat Dan Segitiga Ditinjau Dari Gender.” Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(2): 65. Kawuwung, Femmy. 2012. “Profil Guru, Pemahaman Kooperatif Nht, Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di Smp Kabupaten Minahasa Utara.” el– Hayah 1(4): 157–66. Kisfatina, Rr. 2020. “Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Konten Biologi DI SMAN Se-Kecamatan Ilir Timur II, Palembang.” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Kunto, Ari. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Kurniati, Dian, and et.al. 2016. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(2): 142–55. Lie, Anita, siti tamah, imelda gozali, and katarina triwidayati. 2020. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. ed. Tresiana sari diah Utami. PT Kanisius. Lie, Et.al. 2020. “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.” PT Kanisius. Mufit, Muhlasum, and Tri Wrahatnolo. 2020. “Faktor Yang Mempengaruhi Dan Cara Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Kompetensi Keahlian TITL.” Pendidikan Tehnik Elektro 9(2): 411–18. Mursidik, E, Samsiya M., and H. E. Rudyanto. 2015. “Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students.” Journal of Education: 4(1), 59 23. Nisa, Nur Choerun, Nadiroh Nadiroh, and Eko Siswono. 2018. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan 19(02): 1–14. Nugroho, R. ARifin. 2018. HOTS : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Konsep, Pembelajaran, Penilaian. Gramedia Widiasarana Indonesia. Partington, Widi, Abdul Fathani, and sikky Walida. 2021. “Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Tipe Hots Ditinjau Dari Gaya Belajar.” 16(1): 123– 31. Prasetya Adi, Nugroho, and Yohanes Kurniawan. 2018. “Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Dan Sikap Terbuka Melalui Media Pembelajaran Android.” Journal of Komodo Science Education 01(01): 79–94. http:ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jkse. Prasetyani, Eti, and et.al. 2016. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Di SMAN 18 Palembang.” Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP - UMRAH 1(1): 31–40. https://media.neliti.com/media/publications/261260-kemampuan-berpikirtingkat- tinggi-siswa-06cbddac.pdf. Pratiwi, Umi, and Eka Farida Fasha. 2015. “Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 1(1): 123. Purwanto, M. N. 2019. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (T. Surjam. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id. Ragil, Idam, Widianto Atmojo, Widha Sunaryo, and Ashadi. 2017. “Profil Kemampuan Menganalisis Model Pembelajaran Level of Inquiry Untuk Membelajarkan Materi Ipa Berbasis HOTS PADA CALON GURU SEKOLAH DASAR Idam.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 21: 162– 66. 60 Raharjo, Sabar Budi. 2012. “EVALUASI TREND KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 2(16): 246–67. sani, ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: bumi aksara. Saraswati, Putu Manik Sugiari, and Gusti Ngurah Sastra Agustika. 2020. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(2): 257. Soetomo, Fkip Universitas. 2017. “Pengembangan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran.” 2(2011): 63–71. Sudarisman, Suciati. 2010. “Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses.” Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta: 237–43. Sugiyono, Prof. Dr. 2016. “Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99. Suhandoyo, Guntur, and Pradnyo Wijayanti. 2016. “Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq).” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3(5): 156–65. Wangge, Magdalena, and Evvy Lusyana. 2016. “Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa.” Pasca Sarjana Pendidikan UNY. Wangid, Muhammad Nur, Ali Mustadi, and Amir Syamsudin. 2020. “Pelatihan Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis HOTS Bagi Guru SD Se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta.” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 5(4): 394–403. Widodo, Ari. 2005. “Taksonomi Tujuan Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan 4(2): 61– 69. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/19670527199203 1-ARI_WIDODO/2005-Revisi_Taksonomi_Bloom-Didaktis.pdf. Widodo, Tri, and Sri Kadarwati. 2013. “HIGHER ORDER THINKING BERBASIS 61 PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERORIENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA.” Cakrawala Pendidikan 32(1): 161–71. Widyastuti, R. N. 2019. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SISTEM EKSKRESI PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TALANG UBI.” UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG citation: Salsabila, Firyal Tsana dan Yarza, Husnin Nahry (2021) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 JAKARTA UTARA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24973/1/Firyal%20Tsana%20Salsabila.pdf