%0 Thesis %9 Bachelor %A Salsabila, Firyal Tsana %A Yarza, Husnin Nahry %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2021 %F repository:24973 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %T PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 JAKARTA UTARA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24973/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil peserta didik dalam Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada materi biologi SMA Kelas XI semester II. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juli 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 13 Jakarta dengan responden sebanyak 50 orang yang tersebar di dalam kelas XI MIPA-1 dan MIPA-2. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penilaian berupa soal tes sebanyak 30 butir soal dengan option pilihan ganda yang terdiri dari tiga indikator HOTS yaitu C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi kedalam kategori cukup. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 50,78 dengan setiap indikator dengan nilai persentase menganalisis (C4) sebanyak 51,6%, mengevaluasi (C5) 49,66%, dan mencipta (C6) 44%. Hasil analisis data menunjukkan butir soal yang valid sebanyak 22 dan yang tidak valid sebanyak 8 butir soal. Pada pengujian reliabilitas sebesar 0,43 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan lagi kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan guru dalam pembuatan soal untuk mengevaluasi pembelajaran biologi di sekolah.