eprintid: 24972 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/72 datestamp: 2023-07-10 08:51:55 lastmod: 2023-07-10 08:51:55 status_changed: 2023-07-10 08:51:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anzani, Fidiastiwi creators_name: Irdalisa, Irdalisa creators_id: irdalisa@uhamka.ac.id title: ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA pada materi sistem pernapasan dalam menyelesaikan permasalahan melalui pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan pada 32 siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes. Kemampuan berpikir kreatif dalam penelitian ini sebagai kemampuan berpikir dalam mengembangkan kemampuan berpikir kelancaran (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir original (originality), dan berpikir elaborasi (elaboration). Hasil penelitian tes kemampuan berpikir kreatif siswa secara keseluruhan adalah 42,38% yang termasuk dalam ketegori kurang sekali. Kemampuan berpikir kelancaran (fluency) sebesar 48,83% termasuk dalam kategori kurang sekali, berpikir keluwesan (flexibility) sebesar 34,90% termasuk dalam kategori kurang sekali, berpikir orisinil (originality) sebesar 43,36% termasuk dalam kategori kurang sekali, dan berpikir elaborasi (elaboration) sebesar 50% termasuk dalam kategori kurang sekali. Hasil ini menunjukan kemampuan siswa dalam menghasilkan berbagai jawaban untuk menyelesaikan permasalahan pada pada pembelajarab daring termasuk rendah date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andini, N. F. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Arikunto, S. (2018). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Medan: Citapustaka Media. Astari, V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Simayang Berbantuan Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 4 Bandar Lampung Materi Sistem Pencernaan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Ayuni, R., Firmansyah, D., Senjayawati, E., & Maya, R. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Materi Lingkaran. Matematics Paedagogic, II(2), 139–148. Retrieved from www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp Candra, R. A., Prasetya, A. T., & Hartati, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2437 – 2446. Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21–28. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi%0AAnalisis 49 Handayani, N. A., & Jumadi. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033 Herlina, L., & Qurbaniah, M. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Virus Kelas X Mas-Mustaqim Sungai Raya 2. Jurnal Bioeducation, 2(1), 11–14. Humaeroh, I. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Elektrokimia Melalui Model Open-Ended Problems. Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Jihad, A., & Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: Multi Pressindo. Jusuf, R., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Syaefudin, U. (2019). Strengthening Teacher Competency through ICARE Approach to Improve Literacy Assessment of Science Creative Thinking. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 70–83. Kelana, J. B. (2018). The Effect Of The Learning Media and The Ability To Think Creative of To The Ability To Science Literacy Student Of Elementary School. Journal of Elementary Education, 2(2), 79–86. Kurniati, F., Soetjipto, & Indana, S. (2018). Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing. JPPIPA 50 (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(1), 15–20. Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP, 1–11. Maghfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 2016(2), 635–639. Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. Retrieved from http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran MEA ( Means Ends Analysis ). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–25. Nurjamilah, I. P., & Muttaqin, M. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Sistem Pernapasan Melalui Penerapan Team Game Turnamen ( Tgt ) Berbantu Monopoli. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2). Pangestika, A. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) disertai Teknik Diagram Vee terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X MAN 2 Bandar Lampung. Universitas Islam NegeriI Raden Intan Lampung. Pratiwi, rere dian. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Proses Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh di 51 Kelas XI MIPA SMA Negeri 64 Jakarta. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Purwanto, N. (2019). Prinsip - Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Putri, A. S., Ari Widodo, & Rochintaniawati, D. (2020). Penggunaan Augmented Reality Untuk Memfasilitasi Perubahan Representasi Konseptual Siswa Tentang Sistem Pernapasan. Jurnal Pelita Pendidikan Journal, 8(4), 195–205. Ranggawuni, I. R., Mamesah, M., & Marjo, H. K. (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Pola Asuh Orangtua (Siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Jakarta Pusat), 38–44. Rapika, D., Salsabila, H., Lintang, M., Lestari, S., & Adi, B. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di Salah Satu SMP Negeri Surakarta. Biosfer, 3(1), 13–19. Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia. Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. Rivaldy, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. Riyadi, A. S., Dharmono, Naparin, A., & Zaini, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Penyelesaian Masalah Ekologi 52 Hewan. Bioedukasi, 11(1), 40–44. Rofiqoh, Z. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Universitas Negeri Semarang. Sandika, B., & Fitrihidajati, H. (2018). Improving Creative Thinking Skills and Scientific Attitude Through Inquiry-Based Learning in Basic Biology Lecture. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(1), 23–28. Sigit, D. V., Heryanti, E., Pangestika, D. A. W., & Ichsan, I. Z. (2019). Pembelajaran Lingkungan bagi Siswa : Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan, 4(1), 6–12. Situmorang, S. M. S., Rustaman, N. Y., & Purwianingsih, W. (2020). Identifikasi Kreativitas Siswa SMA Dalam Pembelajaran Levels Of Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Melalui Asesmen Kinerja. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 35–43. Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. (Ayup, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Literasi Media. Subur Agung, N. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Bertema Interaksi di Kabupaten Purbalingga. Universitas Negeri Semarang. Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid -19. Suharsono, Sholikhin, R., Santoso, A. B., Afifah, D. S. N., & Manab, A. (2021). 53 Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar di Masa Pandemi. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 523–537. Sulistiarmi, W. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI-IPA Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri Se-Kota Pati. Universitas Negeri Semarang. Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. Surahman, F., Oktaviana, R., & Dewi, T. M. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDS 018 Plus Avicena Tahun Ajaran 2020 / 2021. Jurnal Pendidikan MINDA, 2(2), 76–80. Suryandari, K. C., Sajidan, Rahardjo, S. B., Prasetyo, Z. K., & Fatimah, S. (2018). Project-Based Science Learning And Pre-Service Teachers’ Science Literacy Skill And Creative Thinking. Cakrawala Pendidikan, XXXVII(3), 345–355. Susanti, D., & Risnanosanti. (2019). Pengembangan Buku Ajar untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan 4C ( Critical , Creative , Collaborative , Communicative ) melalui Model PBL pada Pembelajaran Biologi di SMP 5 Seluma. Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, 1–9. Syahrum, & Salim. (2012). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. (R. Ananda, Ed.). Bandung: Citapustaka Media. Trianggono, M. M., & Yuanita, S. (2018). Karakteristik Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Gender. Jurnal 54 Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 98–106. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.2980 Utami, N. I., Herrianto, E., & Hapsari, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Metode Eksperimen. Seminar Nasional Biologi, IPA Dan Pembelajarannya I, 393–403. Widiawati, Fuadiyah, S., Syamsurizal, & Ardi. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII dalam Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 25 Padang. Atrium Pendidikan Biologi, 25, 75–84. Yulianti, E. (2017). Analisis Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Biologi berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan citation: Anzani, Fidiastiwi dan Irdalisa, Irdalisa (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24972/1/Fidiastiwi%20Anzani.pdf