eprintid: 24968 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/68 datestamp: 2023-07-10 08:51:31 lastmod: 2023-07-10 08:51:31 status_changed: 2023-07-10 08:51:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Razak, Dhika Humairah creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI ANIMALIA ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching terhadap kemampuan Higher Order Thingking Skill peserta didik pada materi animalia kepada peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 39 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelirian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas degan menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 12 soal uraian atau essay dengan 10 soal valid dan 2 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus dari Sugiyono memperoleh rhitung = 0,610903, maka tingkat reliabilitasnya tinggi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung < X20,99(3), kelas eksperimen diperoleh 8,9 < 11,3 dan kelas kontrol 9,1 < 11,3 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji f diperoleh fhitung 1,04 < ftabel 2,42 maka data dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelas berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung 5,28 > ttabel 2,69 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Hypnoteaching terhadap kemampuan Higher Order Thingking Skill peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 39 Jakarta. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afifah, M. N., Septiarini, F. N., & Afifah, F. H. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills Siswa Smp Ditinjau Dari Perbedaan Gender. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 130. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7102 Ahmad, S., Kenedi, A. K., & Masniladevi, M. (2018). Instrumen Hots Matematika Bagi Mahasiswa Pgsd. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(6), 905. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6530 Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480 Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019 Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(03), 71–84. Dimyati, A. (2019). Penerapan Model Sscs Problem Solving Dengan. 1(2), 117–133. Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176. Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17. Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Premiere Educandum. E-Journal.Unipma, 7(1), 1- 63 Hapsari, D. Y. T. (2015). Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan, Mengimplementasikan, Dan Mengevaluasi Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 24–30. https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8680 Himmah, W. I. (2019). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 55. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.698 Hikmah, M. A. (2019). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 16(2), 469. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106 Iksal, M. (2020). Analisis Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Yang Berorientasi HOTS (Vol. 21, Nomor 1, hal. 1–9). Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11. Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 26–32. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632 Latifah, U. (2019). Metode Hypnoteaching Pada Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga 64 Lisma, Yudi Kurniawan, E. S. (2017). P Enerapan M Odel L Earning C Ycle ( Lc ) 7E S Ebagai U Paya P Eningkatan P Emahaman K Onsep a Spek M Enafsirkan D an. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2), 35–37. Masdudi, M. (2018). Implementasi Teknik Hypnoteaching Dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 20.https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3122 Megawati, M., Wardani, A. K., & Hartatiana, H. (2019). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model Pisa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15–24. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6815.15-24 Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. . (2013). metode hypnoteaching. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. P, O. L., & Asma, F. (2020). Media Audiovisual dalam Menulis Kembali Teks Cerita Fabel oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Bandung. Asas: Jurnal Sastra, 9(1). https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18335 Pangestika, H. A. (2020). Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Pecahan Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). 21(1), 1–9. Purnomo, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127–144. Rakhmawati, S., Muspiroh, N., Azmi, N., Pd, S. I., Tadris, J., Biologi, I., Bypass, J. P., & Cirebon, S. (2016). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Krangkeng. 65 Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2), 156–164. www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatia Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221 Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thinking Skills ( Hots ). SPEJ (Science and Physics Education Journal), 1(2). Sara, S., Suhendar, S., & Pauzi, R. Y. (2020). Profil Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 42. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1654 Setiadi, A. H. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching untuk Mengembangkan Maharoh al Kalam. Al-Ahkam, 14(1), 63. https://doi.org/10.37035/ajh.v14i1.1482 Sinurat, R., Eka, N., & Hindrasti, K. (2020). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asi Eksklusif Dan Program Keluarga Berencana. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 60–69. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15728 Siyoto, Sandu :Ali Sodik, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf Sunanih. (2018). Sunanih Unsur-unsur Metode Hypnoteaching. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 247–253. 66 Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 11. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453 Teori, A. K., & Keluarga, L. (2014). Bab I I Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran. 9– 29. Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah :JurnaIlmiah Kependidikan, 7(1)17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100 Zulfah, S. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan (Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan). Buletin Utama Teknik, 13(2), 2. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/284 citation: Razak, Dhika Humairah dan Mayarni, Mayarni (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI ANIMALIA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24968/1/Dhika%20Humairoh%20Razak.pdf