%0 Thesis %9 Bachelor %A Razak, Dhika Humairah %A Mayarni, Mayarni %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2021 %F repository:24968 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI ANIMALIA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24968/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching terhadap kemampuan Higher Order Thingking Skill peserta didik pada materi animalia kepada peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 39 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelirian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas degan menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 12 soal uraian atau essay dengan 10 soal valid dan 2 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus dari Sugiyono memperoleh rhitung = 0,610903, maka tingkat reliabilitasnya tinggi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung < X20,99(3), kelas eksperimen diperoleh 8,9 < 11,3 dan kelas kontrol 9,1 < 11,3 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji f diperoleh fhitung 1,04 < ftabel 2,42 maka data dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelas berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung 5,28 > ttabel 2,69 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Hypnoteaching terhadap kemampuan Higher Order Thingking Skill peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 39 Jakarta.