eprintid: 24967 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/67 datestamp: 2023-07-10 08:51:29 lastmod: 2023-07-10 08:51:29 status_changed: 2023-07-10 08:51:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Assyifa, Deani Wildan creators_name: Akbar, Budhi creators_id: budhi.akbar@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-0279-6252 title: PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATAKULIAH PERKEMBANGAN HEWAN ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap peserta didik pada abad 21 ini. Dimana keterampilan berpikir tingkat tinggi terdiri dari menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi.Perkembangan hewan merupakan salah satu matakuliah yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk dapat memahaminya. Dari hasil penelitian (Haviz, Lufri, Fauzan, & Effendi, 2016) dan (Hera, Khairil, & Hasanuddin, 2014), penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta hasil belajar mahasiswa pada matakuliah ini masih dikategorikan rendah. Penelitian ini menyelediki keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa Pendidikan Biologi pada matakuliah perkembangan hewan. Total 34 orang responden ikut berpartisipasi, yang dipilih melalui teknik Insidental Sampling. sejumlah 19 soal pilihan ganda dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu keterampilan menganalisis (C4), keterampilan mengevaluasi (C5) dan keterampilan mengkreasi (C6). Hasil riset menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa mahasiswa pada matakuliah perkembangan hewan termasuk kedalam kategori cukup dengan nilai rata – rata 48,52. Nilai rata – rata dari indikator keterampilan menganalisis (C4) dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 43, keterampilan mengevaluasi (C5) dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 59, dan keterampilan mengkreasi (C6) dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 71. Maka, diperlukan strategi pembelajaran yang ideal untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amin, M. (2016). Perkembangan biologi dan tantangan pembelajarannya. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 2016, 1–11. Anderson, L. W., Krathwohl Peter W Airasian, D. R., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). Taxonomy for_ Assessing a Revision 0F Bl00M’S Tax0N0My 0F Educati0Nal Objectives. Anggraeni, D., Erviana, V. Y., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Dahlan, U. A. (2019). Implementasi HOTS Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Tema 2 Subtema 2 Kelas V Sd Muhammadiyah Bantul, 1(1), 1–7. Angraeni, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa ( Higher Order Thinking ) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119–126. Angraini, G., & Sriyati, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sman Kelas X Di Kota Solok Pada Konten Biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1(1), 114–124. Ansari, B. I., & Abdullah, R. (2020). Higher-Order-Thinking Skill (HOTS) Bagi Kaum Milenial Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika. Irdh Book Publisher. Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika, 1, 170–176. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AHOTS Gradini, E., & Noviani, J. (2018). Calon Guru Matematika Melalui Level HOTS Marzano, 7(2). Haviz, M., Lufri, L., Fauzan, A., & Effendi, Z. M. (2016). Model Pembelajaran Integratif Pada Biologi Perkembangan Hewan: Analisis Kebutuhan Pengembangan. Ta’dib, 15(1). https://doi.org/10.31958/jt.v15i1.213 HenDRyarto, J., & Amaria. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatih Pada Materi Pokok Laju Reaksi Implementation Inquiry Learning Model For Training High Order Thinking Skills Of The Students On Main Material Of Reaction Rate Jefta HenDRyarto dan Amaria Abstrak, 2(2), 151–158. Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. Bin, Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, Mohaffyza, M., & Mohamad, B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2). Hera, R., Khairil, & Hasanuddin. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran 46 Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2), 223–229. Kemdikbud. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21. Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60. Kunto, A. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., & Triwidayati, K. R. (2020). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. PT Kanisinus. Maimunah, AnDRari, F. R., & Qadarsih, N. D. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Calon, 4(3), 237–244. Maylita, H., & AnDReina, F. K. (2019). Analisis high order thinking skill (HOTS) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika 1,2). Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55–64. Meutia, I. (2018). Penerapan Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Materi Momentum Dan Impuls. Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23. Muyassaroh, S. A. L. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Math Geometry Dengan Kemampuan Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Setingkat Sekolah Menengah Pertama. Nisa, N. C., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ( HOTS ) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa, XIX, 1–14. https://doi.org/10.21009 Nurhayati, Angraeni, L., & Wahyudi. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, 11(1), 12–20. https://doi.org/ttp://doi.org/10.15408/es.v11i1.7464 Prasetya Adi, N., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Dan Sikap Terbuka Melalui Media Pembelajaran AnDRoid. Journal of Komodo Science Education, 01(01), 79–94. 47 Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Xi Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah Di Sma Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4 Purwanto, N. (2019). Prinsip - Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (T. Surjaman, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rahmi, Y. L., & Alberida, H. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Penerapan Asesmen Portofolio Pada Matakuliah Telaah Kurikulum Dan Buku Ajar Biologi. Bioeducation Journal, 1(1), 22–33. Raiyn, J. (2016). The Role of Visual Learning in Improving Students’ High-Order Thinking Skills. Journal of Education and Practice, 7(24), 115–121. Ramadhan, G., Dwijananti, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ( High Order Thinking Skills ) Menggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep dan Fenomena, 7(3). Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students : A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, (4), 48–60. https://doi.org/ISSN 1839‐9053 Ratu, N., & Arifin. (2018). Profil Higher Order Thingking Skill Siswa Dalam, 5(2), 52–63. Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tanggerang: Tira Smart. Shidiq, A. S., Masykuri, M., & H., E. S. V. (2015). Analisis Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan Dan Analisis Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan Untuk Siswa Kelas X. Sihombing, M., & Sihombing, M. (2020). Penerapan Project Based Learning ( Pjbl ) Berbasis HOTS Untuk Menciptakan Media Jelita Panjaitan , Ika Trisni Simangunsong , Humiras Betty Program Studi Pendidikan Fisika , Universitas Darma Agung Implementing HOTS Based On Project Based Learning ( Pjbl ). Pendidikan Fisika, 9(2). Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan FPMIPA PEGRI Semarang, 11–26. Slameto. (2018). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasaVolume4, Nomor 1, April 2018 48 PENERAPAN. Pendidikan Dasar, 4(1). Sucipto. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Abstrak. Pendidikan, 2(2011), 63–71. Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013, 2(1), 29–35. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sujono, T. W., & Rumanta, M. (2009). Perkembangan Hewan (1st ed.). Jakarta: Universitas Terbuka. Suprapto, E., Fahrizal, F., Priyono, P., & K., B. (2017). The Application of Problem-Based Learning Strategy to Increase High Order Thinking Skills of Senior Vocational School Students. International Education Studies, 10(6), 123. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p123 U.S., S. (2012). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses, 2(3), 248–262. Yoki, A., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat JenDRal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87. Yulia Sari, L. (2016). Uji Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Konstruktivisme Pada Materi Neurulasi Untuk Perkuliahan Perkembangan Hewan. Bioconcetta, 2(1), 158–164. https://doi.org/10.22202/bc.2016.v2i1.1806 Yulianis, A. D. M., & Susanti, S. (2019). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem pertahanan tubuh siswa kelas xi sma analysis of ability to thinking higher levels in the body defense system topics the grade xi high school students. Biologi Dan Pendidikan Biologi, 5(2), 105–112. Zahra, N. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa setelah Diuji Menggunakan Instrumen Soal HOTS Berbasis Multiple Choice Test dengan Strategi Scaffolding. Seminar Nasional Pendidikan Fisika V 2019, 2–5. citation: Assyifa, Deani Wildan dan Akbar, Budhi (2021) PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATAKULIAH PERKEMBANGAN HEWAN. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24967/1/DEANI%20WILDAN%20ASSYIFA.pdf