@phdthesis{repository24967, month = {July}, title = {PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATAKULIAH PERKEMBANGAN HEWAN}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, year = {2021}, abstract = {Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap peserta didik pada abad 21 ini. Dimana keterampilan berpikir tingkat tinggi terdiri dari menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi.Perkembangan hewan merupakan salah satu matakuliah yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk dapat memahaminya. Dari hasil penelitian (Haviz, Lufri, Fauzan, \& Effendi, 2016) dan (Hera, Khairil, \& Hasanuddin, 2014), penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta hasil belajar mahasiswa pada matakuliah ini masih dikategorikan rendah. Penelitian ini menyelediki keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa Pendidikan Biologi pada matakuliah perkembangan hewan. Total 34 orang responden ikut berpartisipasi, yang dipilih melalui teknik Insidental Sampling. sejumlah 19 soal pilihan ganda dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu keterampilan menganalisis (C4), keterampilan mengevaluasi (C5) dan keterampilan mengkreasi (C6). Hasil riset menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa mahasiswa pada matakuliah perkembangan hewan termasuk kedalam kategori cukup dengan nilai rata - rata 48,52. Nilai rata - rata dari indikator keterampilan menganalisis (C4) dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 43, keterampilan mengevaluasi (C5) dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 59, dan keterampilan mengkreasi (C6) dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 71. Maka, diperlukan strategi pembelajaran yang ideal untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.}, author = {Assyifa, Deani Wildan and Akbar, Budhi}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24967/} }