eprintid: 24966 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/66 datestamp: 2023-07-10 08:51:27 lastmod: 2023-07-10 08:51:27 status_changed: 2023-07-10 08:51:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Darozaturrofiah, Darozaturrofiah creators_name: Irdalisa, Irdalisa creators_id: irdalisa@uhamka.ac.id title: PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MICROSOFT 365 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Online dengan Microsoft 365 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sampel penelitian kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan Jumlah 72 dipilih secara cluster random sampling. Hasil penelitian bahwa rata – rata pretest kelas kontrol dan eksperimen yaitu 37.00 dan 43.89, dan rata – rata posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu; 57.86 dan 71.14. Hasil hipotesis dari penelitian yaitu Zhitung 2.807 > Ztabel 0.4978 dengan taraf signifikansi 0.05 (5%) menggunakan uji Z Hipotesis (Ha) diterima yaitu terdapat pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online dengan Microsoft 365 terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alvia, N., Nurhayati, B., & Rachmawaty. (2018). Pengaruh Penerapan Media Mind Mapping Terintegrasi Dengan Aplikasi Microsoft Onenote Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pelajaran Sistem Pencernaan Di Kelas Xi Sman 12 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 365–370. Aminah, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Melalui Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Virus Pada Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 2 Enrekang. Skripsi, 27–30. Amirullah, G. (2020). Pelatihan Pengembangan Kelas Digital Berbasis Microsoft 365 Di Sekolah Muhammadiyah Dki Jakarta. 1(3), 223–227. Arikunto, S. (2015). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Aksara. Astuti, W., Sur, A., Hasanah, M., Mustofa, M. R., Akuntansi, P. S., Negeri, P., & Laut, T. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Analysis Of Students ’ Learning Motivation With Online Learning System During The Covid-19 Pandemic. 3(September). Aziizah, Anisatul Dan Sakti, T. B. (N.D.). Pengaruh Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Melalui Microsoft. 19, 37–52. Briliannur, C., Amelia Aisyah., Hasanah Uswatun., Putra Abdy Mahesha., R. H. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid- 19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29–37. Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Laksita Indonesia. Efendi, I. (2018). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Pai Siswa Kelas Xi Man 5. 24–26. Fanny, A. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Ips Lanjut. Jurnal Inventa, Iii(1), 130–135. Inaka Putri Islami Amar’s. (2019). Analisis Kendala Dan Alternatif Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Swasta Taruna Dolok Masihul. Skripsi, 53(9), 1689–1699. 49 Irnaningtyas. (2019). Biologi Untuk Sma/Ma Kelas Xi. Jakarta: Erlangga. Kadir. (2015). Statistik Terapan. Jakarta. Pt Raja Grafindo Persada. Lisa Ariyana. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan. Penggunaan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Di Sma Negeri 4 Aceh Barat Daya, 53(53–55), 1689–1699. Marlianti, F., Sulistyaningsih, D., Si, S., & Pd, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Dan Geogebra Materi Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas X Mipa 2 Sma Negeri 9 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Seminar Edusainstech, 55–61. Meidawati, Dan S., & Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, U. (2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5. Https://Scholar.Google.Co.Id/Scholar?Hl=Id&As_Sdt=0%2c5&Q=Pengaruh +D+A+Ri+N+G+L+E+A+R+N+I+N+G+Terhadaphasilbelajaripasiswasekol ahdasar&Btng= Merlena, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Mu’ti, Y. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Dengan Microsoft Teams Pada Pelajaran Matematika Materi Program Linear. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 347–358. Mubarak, M. R., Wahdah, N., Ilmiani, A. M., & Hamidah, H. (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 211. Https://Doi.Org/10.29240/Jba.V4i2.1445 Muhamad, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Melalui Online Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. 9–10. Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663. Ngalimun. (2018). Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran. Pratama Ilmu. 50 Nurmaulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. 6(November), 248–251. Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2020). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1–3. Pobela, S. R., & Rungkat, J. A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Cd Interaktif Melalui Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Ipa. Science Learning Journal, 1(1), 36–41. Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal Of Research And Technology, 6(1), 162–167. Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. In Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sari, I. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. 1–120. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/13733/Isna Normalita Sari.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y Sativa, R. O. Dan P. M. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Microsoft Teams Dengan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Rumus Perkalian Sinus Dan Cosinus. Prosiding Seminar Edusainstech Fmipa Unimus, 4, 176–184. Septantiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 131–135. Https://Doi.Org/10.33650/Edureligia.V2i2.714 Suprianto. (2018). Perancangan E-Learning Menggunakan Office 365 Dalam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Royal, 9986(3september), 381– 386. Syafi'i. (2020) Workshop Pemanfaatan Microsoft 365. Diambil 16 Agustus 2021. Dari Laman Https://Smadatuban.Sch.Id/Workshop-Pemanfaatan-Office-365/. Trisakti School Of Management. (2020). Panduan Penggunaan Microsoft Office 51 365. 1–4. Veranita, P. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi, 3–10. Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3261 Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana Ke Penggunaan Multi Media. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. citation: Darozaturrofiah, Darozaturrofiah dan Irdalisa, Irdalisa (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MICROSOFT 365 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24966/1/Darozaturrofiah.pdf