TY - THES TI - PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING BERBASIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI ID - repository24965 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24965/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka A1 - Kusuma, Berliana Cakra A1 - Mayarni, Mayarni AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI melalui Penerapan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Berbasis Online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang dilakukan penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang dilakukan berrupa tes yang terdiri dari tes angket respon siswa dan tes hasil belajar biologi. Pada uji validitas menggunakan rumus pearson sebanyak 20 soal pertanyaan dengan 17 pernyataan valid dan 3 pernyataan tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas hasil belajar menggunakan rumus Alpha Cornbach?s memperoleh rhitung = 0,86 dengan korelasi koefisien ?Sangat Tinggi?. Berdasarkan hasil penelitian penerapan metode pembelajaran hypnoteaching berbasis online dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI. Hasil uji yang diperoleh berupa t hitung 4,46 > t tabel 1,99, menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran hypnoteaching berbasis online dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI. M1 - bachelor Y1 - 2021/07/31/ ER -