@phdthesis{repository24964, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, title = {ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UHAMKA PADA MATERI ANATOMI TUMBUHAN BERBASIS PRAKTIKUM}, year = {2021}, month = {July}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24964/}, abstract = {Pembelajaran pada abad 21 menuntut guru untuk menguasai beberapa kemampuan salah satunya adalah kemampuan keterampilan proses sains, hal ini bertujuan agar guru dapat mengembangkan dan menerapkan keterampilan proses sains dalam proses pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan keterampilan proses sains yang dikuasai mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA pada materi anatomi tumbuhan berbasis praktikum. Studi ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 hingga Februari 2021 secara online. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi semester 4 dengan jumlah 55 mahasiswa yang dipilih secara sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan proses sains dan angket untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains mahasiswa. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses sains mahasiswa termasuk kategori cukup dengan persentase sebesar 48,86\%. Kesembilan indikator yang diteliti memperoleh persentase sebagai berikut: indikator mengajukan pertanyaan 27,87\%, indikator klasifikasi 34,09\%, indikator merencanakan percobaan 44,84\%, indikator komunikasi 46,06\%, indikator hipotesis 49,54\%, indikator observasi 50,90\%, indikator prediksi 60,60\%, indikator interpretasi 61,21\%, dan indikator aplikasi 83,03\%. Kemampuan keterampilan proses sains mahasiswa Pendidikan Biologi tergolong cukup baik dengan dua dari sembilan indikator keterampilan proses sains yang paling dikuasai mahasiswa yaitu indikator aplikasi 83,03\% dan interpretasi 61,21\%. Kemampuan keterampilan proses sains mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: faktor dosen, faktor mahasiswa, dan faktor sarana prasarana}, author = {Anjarwati, Ayu Rengga and Safahi, Luthpi} }