eprintid: 24962 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/62 datestamp: 2023-07-10 08:51:20 lastmod: 2023-07-10 08:51:20 status_changed: 2023-07-10 08:51:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sriwijaya, Arjun creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id title: KESIAPAN SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SELAMA PANDEMI COVID-19 ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran biologi selama pandemi covid-19. Sampel yang digunakan berjumlah 50 orang yang didalamnya termasuk kepala sekolah, wakil kurikulum, guru biologi, peserta didik dan orang tua/walinya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purpossive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner, wawancara dan studi dokumen. Kesiapan belajar harus diperhatikan dalam kegiatan proses pembalajaran, sebab dengan adanya kesiapan maka akan memudahkan seseorang menerima dan memahami materi (bagi peserta didik) serta memudahkan guru mentransfer ilmunya. Kesiapan yang dimiliki oleh peserta didik akan memberikan dampak positif berupa respon melalui caranya sendiri. Maka dari itu dengan adanya persiapan, maka hasil belajarnya-pun akan baik. Kondisi yang ideal ini tidak luput dari perhatian, motivasi dan perkembangan persiapan. Suatu pembelajaran yang baik tergantung dari matang tidaknya kesiapan yang dilakukan oleh sekolah maupun peserta didiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik melihat penerapan kurikulum sekolah memiliki persentase sebesar 80.8% dengan kategori baik, aspek peran sekolah diperoleh hasil 75.6 dengan kategori baik, aspek sikap diperoleh 83.2% dengan kategori baik sekali, aspek faktor internal diperoleh 80.6% dengan kategori baik, dan aspek terakhir faktor eksternal 78.3% dengan kategori baik. Selain itu, terdapat hasil kuisioner guru yang mendapatkan perolehan data seperti pada aspek penerapan kurikulum diperoleh hasil 83.8% dengan kategori baik sekali, aspek peran sekolah diperoleh hasil 93.8% dengan kategori baik, aspek sikap diperoleh 87.5% dengan kategori baik sekali, aspek faktor internal diperoleh 100% dengan kategori baki sekali, dan aspek terakhir faktor eksternal 87.5% dengan kategori baik sekali. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afifah, N. and Marneli, D. (2018) ‘Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMA/Sederajat Di Kecamatan Rambah’, saminar nasional pendidikan matematika dan sains IAIN Batusangkar, pp. 19–23. Ahmad, M. and Nasution, D. P. (2018) ‘Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik’, Jurnal Gantang III, 2(2), pp. 83–95. doi: https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471. Amin, M. (2016) ‘Perkembangan Biologi dan Tantangan Pembelajarannya’, Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek, 2016, pp. 1–11. doi: /ISSN: 2557- 533X. Antara, N. R., Haris, I. A. and Nuridja, M. (2014) ‘Pengaruh Kesiapan dan Transfer Belajar Terhadap Hasil Belajar ekonomi Si SMA Negeri 1 Ubud’, Jurusan Pendidikan Ekonomi, 4(3), pp. 1–12. Available at: /runiaantara@yahoo.com. Anwar, A. A. and Tuhuteru, A. (2020) ‘Ale Rasa Beta Rasa : Covid-19 dan Pembelajaran Daring Mahasiswa FISK IAKN Ambon’, Jurnal Emik, 3(1), pp. 103–119. Arisanti, A., Imanda, A. and Saputra, H. E. (2020) ‘ANALISIS KUALITAS KERJA PEGAWAI TATA USAHA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BENGKULU TENGAH’, Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(1), pp. 57–63. Aritonang, K. T. (2008) ‘Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), pp. 11–21. Badria, I. L., Fajarianingtyas, D. A. and Wati, H. D. (2018) ‘Pengaruh Peran Orang Tua dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA’, Lensa (lentera Sains) Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), pp. 19–27. doi: /ISSN : 2301-5071. Budiman, A., Harun, C. Z. and Usman, N. (2013) ‘Pelaksanaan Supervisi dan Pengajaran Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru pada SMA Negeri 1 Seunagan Kebupaten Nagan Raya’, pp. 47–60. Dewi, wahyu aji fatma (2020) ‘Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar’, jurnal ilmu pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: /p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071. Dwi C, B. et al. (2020) ‘Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19’, Pendidikan Sekolah Dasar, pp. 28–37. doi: /E-ISSN : 27217957. Ekawardhana, N. E. (2010) ‘Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media 112 Video Conference’, Seminar Nasional Ilmu Terapan IV, pp. 1–7. Ellong, T. D. A. (2007) ‘MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DR. dr. Tubagus Djaber Abeng Ellong, M.Kes, MMR’, Pendidikan Isalm Iqra, 11(1), pp. 1–8. Febriana, L., Isnaini, M. and Syarifuddin, A. (2019) ‘Peranan Komite Sekolah dalam Meningatkan Mutu Pendidikan DI MAN 1 Palembang’, PAI Raden Fatah, 1(2), pp. 152–163. Available at: /lilysfebriana29@gmail.com%0AABSTRAK. Hamid, A. (2017) ‘Guru Profesional’, Al Falah, 57, pp. 274–285. Hamrat, N. and Rusman, R. (2021) ‘Analisis kebutuhan diklat jabatan wakil kepala sekolah kurikulum sekolah dasar’, EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(1), pp. 14–23. doi: https://doi.org/10.29210/120212766. Handayani, J. A. et al. (2020) ‘Analisis Kesiapan Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri Ciputat 04 di Masa Pandemi Covid-19’, /Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, pp. 127-. doi: /E-ISSN: 2745-6080 1. Hendrikus, N. and Wijayanti, W. (2018) ‘Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah Pendidikan Menegah Negeri’, Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), pp. 183–192. doi: http://dx.doi.org/10.21831/amp.v6i2.10182. Hidayati, S. et al. (2014) Kurikulum 2013 : Pedoman Guru Mata Pelajaran Biologi. 1st edn. Edited by H. Widyastono. jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Jalal, M. (2020) ‘Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak jauh Di Masa Covid-19’, Smart Kids Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), pp. 35–40. doi: /e-ISSN: 2598-2214, ISSN cetak: 2581-2548. Jamal, S. (2020) ‘Analysis Of E-Learning Readiness During The Covid-19 Pandemic At SMK Negeri 1 Tambelang’, Nalar Pendidikan, 8(1), pp. 16–22. doi: /ISSN: 2339-0794. Jariyah, I. A. and Tyastirin, E. (2020) ‘The Biology Learning Processes and Constraints in the Covid-19 Pandemic Period : Analysis of Student Responses’, Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 4(2), pp. 183–196. doi: /e-ISSN: 2615-6881. kemendikbud (2019) ‘Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran’, Surat Edaran No. 14 Tahun 2019. Kemendikbud (2005) ‘UU Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen’, Salinan UU. Kemendikbud (2018) ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah’, Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Available at: https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP. Kemendikbud (2019) ‘Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi Dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah’, (206). Kemendikbud (2020) ‘Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus’, Salinan Dokumen Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pp. 2–9. Khoirul, M., Tjendrowasono, T. I. and Roasti, B. K. (2013) ‘Aplikasi Pengelolaan Data Kearsipan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mlonggo Jepara Berbasis Multiuser’, IJNS (Indonesian Journal on Networking and Security), pp. 2–11. doi: /ISSN: 2302-5700. Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N. and Andriani, F. (2021) ‘Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Abstrak’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidika Anak Usia DIni, 5(1), pp. 241–256. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.541. Kurniawan, B., Wiharna, O. and Permana, T. (2017) ‘Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif’, Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), pp. 156–162. Available at: /budi.kurniawan1102910@gmail.com%0A. Lailiyah, U. and Nuraini, F. (2020) ‘Kesiapan Belajar Anak melalui Jurnal Pagi di TK ABA Giwangan Yogyakarta’, Journal For Education Research, 1(1), pp. 38–45. Available at: https://joecher.org/index.php/joe. Luddin, A. B. M. (2013) ‘Kinerja Kepala Sekolah dalam Kegiatan Bimbingan dan Konseling’, Ilmu Pendidikan, 19(4), pp. 218–224. Available at: /e-mail: drluddin@yahoo.co.id%0AAbstract: Mayasari, E. and Syarif, M. (2018) ‘Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar’, Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 04(1), pp. 141–164. doi: /e-ISSN : 2460-2345/p-ISSN: 2442-6997. Megiati, Y. E. (2016) ‘Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya’, SAP, 1(2), pp. 125–134. doi: /ISSN: 2527-967X. Monica, J. and Fitriawati, D. (2020) ‘Effectiveness Of Using The Zoom As An Online Learning Medium For Students During The Covid-19 Pandemic’, Jurnal Communio, 9(1), pp. 1630–1640. Paudi, S., Ikhfan and Suking, A. (2020) ‘Jurnal Manajemen Pendidikan Kinerja Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama dilihat dari Tugas Pokok dan Fungsinya Performance of The Vice Principals of Junior High Schools 114 Viewed from Their Main Duties’, Manajemen Pendidikan (Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan), 2(2), pp. 192–205. doi: /ISSN: 1978-1938 (Print) 2580-6491 (Online). Permono, H. (2003) ‘Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kemabng Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini’, Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia, 2, pp. 34–47. Available at: /budi.kurniawan1102910@gmail.com%0A. Pratama, A. R. (2017) ‘Analisis Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Biologi pada Materi Sel kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungpinang’, e-journal. Rahayu, S. M. and Sutama (2015) ‘Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama’, Varia Pendidikan, 27(2), pp. 123–129. Raresik, K. A., Dibia, K. and Widiana, W. (2016) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Gugus VI’, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), pp. 1–11. Available at: /ayuning.raresik@yahoo.com. Rumbewas, S. S., Laka, B. M. and Meokbun, N. (2018) ‘Peran Orang Tua dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi’, Jurnal EduMatSains, 2(2), pp. 201–212. Available at: /lakamendelson@gmail.com. Sirait, E. D. (2017) ‘Pengaruh Gaya dan Kesiapan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa’, Jurnal Formatif, 7(3), pp. 207–218. doi: /ISSN: 2088-351X. Sudrajat, T. et al. (2020) ‘Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), pp. 317–347. doi: 10.5281/zenodo.3960178. Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 19th edn. Edited by Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Bandung: Alfabeta. Syafi’i, A., Marfiyanto, T. and Rodiyah, S. K. (2018) ‘Study About Student Learning Achievement Aspect and Factors Affecting’, Komunikasi pendidikan, 2(2), pp. 115–123. doi: /P-ISSN 2549-1725 E-ISSN 2549-4163. Umar, M. (2015) ‘Peran Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak’, Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), pp. 20–28. Warliani, R. and Fauziyyah, S. A. (2020) ‘Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di’, Pendidikan Universitas Garut, 14(2), pp. 372–377. doi: /ISSN: 1907-932X. Wati, S. and Jailani, J. (2016) ‘The Readiness of Junior High School Math Teachers in Purworejo for the Implementation of Curriculum 2013’, Pendidikan Matematika, 11(1), pp. 77–90. doi: http://dx.doi.org/10.21831/pg.v11i1.9675 Copyright. 115 Wirawan, N. (2016) Cara Mudah memahami Statistika Ekonomi dan Bisnis (Statistika Deskriptif). 4th edn. bali: keraras emas. Yusup, F. (2018) ‘Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif’, Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), pp. 17–23. citation: Sriwijaya, Arjun dan Murwitaningsih, Susanti (2021) KESIAPAN SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SELAMA PANDEMI COVID-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24962/1/ARJUN%20SRIWIJAYA.pdf