eprintid: 24960 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/60 datestamp: 2023-07-10 08:51:16 lastmod: 2023-07-10 08:51:16 status_changed: 2023-07-10 08:51:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ushwatunnisa, Aprilia creators_name: Hutari, Andri creators_id: andrihutari@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SIGIL PADA MATERI PLANTAE (Penelitian Research & Development pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Cileungsi) ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini beranjak dari pemikiran perlunya modul digital di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengembangan e-modul interaktif berbasis sigil pada materi plantae dengan mengetahui kelayakan e-modul dan respon peserta didik. Pengembangan produk menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Cileungsi. Hasil implementasi berupa data hasil validasi oleh validator, data angket respon siswa sebagai pengguna. Berdasarkan hasil penelitian antara lain: validasi ahli materi mendapat skor 91% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media mendapat skor 75% dengan kategori layak, penilaian oleh guru 81,11% dengan kategori sangat setuju, dan skor uji coba produk pada peserta didik yaitu 85,39%. Produk yang dikembangkan diberi nama SIPHYTA (Sigil of Phyta) telah memenuhi syarat kelayakan sehingga e-modul interaktif berbasis sigil pada materi plantae layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan mendapat respon positif atau baik. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3, No.2, 78–90. Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Role of S igil Digital Learning Materials in Preparing the Students ’ Learning Independence. International Journal of English Language and Linguistics Research, 23-Nomor, 99–110. Amalia. (2017). Software Sigil. Elex Media Komputindo. Anggraini, L., Lestari, S. R., & Handayani, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia Kelas Xi Mipa Sma Nasional Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 85. https://doi.org/10.17977/um052v10i2p85-91 Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada. Basaroh, A. S., Al-Muhdhar, M. H. I., Prasetyo, T. I., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L., & Fanani, Z. (2018). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(01), 30–39. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb Basri, H. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Pustaka Setia. Basuki, W. (2016). Electronic, Mobile, and Ubiquitos Learning in Higher Education Elestronic and Mobile Learning. International Seminar Proceedings. Budi. (2019). Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 58–69. https://doi.org/10.17977/jpb.v10i1.8415 Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Rajawali Pers. Fathurrohmi, U. (2019). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Kvisoft 73 Flipbook Maker Pada Materi Fungi Untuk Memberdayakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Di Sman 11 Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–77. Fitri, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–148. Hamid, M., Ramadhani, R., & Masrul. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.); Indonesia). Yayasan Kita Menulis. Harahap, S., & Fauzi, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web. Education and Development, 15. Irnaningtyas. (2014). Biologi SMA/MA Kelas X. Erlangga. Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., Wahyuni, D., … Simarmata. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis. Ivaturrohmah, Mudakir, I., & Fikri, K. (2018). Development of Edmodo-Based ELearning Media on the Plantae’s Discussion for Learning Biological High School. Bioedukasi, XVI(2), 83. https://doi.org/10.19184/bioedu.v16i2.9473 Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif / Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1), 1–9. Nalarita, Y., & Listiawan, T. (2018). Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon. Multitek Indonesia, 12(2), 85. https://doi.org/10.24269/mtkind.v12i2.1125 Nita, S. (2020). Media Pembelajaran Modul Elektronik ( E-Modul ) Sebagai Sarana Media Pembelajaran Modul Elektronik ( E-Modul ) Sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh. May, 8–11. Nurhapsari, R., Sutarto, & Mahardika, I. K. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA. Hjk, 04, 9–16. Panduan Praktis Penyusunan E-modul. (2017). DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2017. https://awan965.files.wordpress.com/2017/09/panduan_penyusunan-emodul- 2017_final_edit.pdf Parjaman, T., & Akhmad, D. (2019). PENDEKATAN PENELITIAN KOMBINASI : SEBAGAI “ JALAN TENGAH ” ATAS DIKOTOMI KUANTITATIF-KUALITATIF. 5(November), 530–548. Putri, D. (2017). Aplikasi Software Open Source. Pustaka Setia. Rabiah, S. (2015). The Learning Model of Makassarese Language Based on Character Building Concept ( RnD in Elementary School of Makasar City ). Faculty of Letter Universitas Muslim Indonesia. Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163. Rustaman, A. H., Iqbal, M., & Amelia, W. (2019). Pengembangan Modul Digital Praktikum Komputer Grafis 1 Dalam Format Elektonik Publication (EPUB) Untuk Meningkatkan Pemahaman Teknik Grafis Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Topik: Digital Imaging). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 224–229. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP Sa’diyati, F. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Materi Jamur Berbasis Kinerja Siswa. (Skripsi )Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, 1–13. Sari, A. S. (2016). The Development of Digital Book through Sigil Application in Cookies dan Candys Lessons. Jurnal Science Tech, 1(2), 46–54. http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sciencetech/article/view/1226/412 Satriawati, H. (2015). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KELAS X SMKN 3 YOGYAKARTA. Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenedamedia Group. Silalahi, A. (2018). DEVELOPMENT RESEARCH ( PENELITIAN PENGEMBANGAN ) DAN RESEARCH. June. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13429.88803/1 75 Siskawati, M., Pargito, & Pujiati. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Peserta didik. Studi Social 4, 75. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. dan R & D. Alfabeta. Sukamadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Program Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya. Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 9. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4148 Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105 Widyaningrum, D. A., & Wahyuni, L. (2020). Analis Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Reciprocal Teaching Pair Share. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 9(1), 99–107. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.268 Widyastuti, I. N., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Model Dick and Carey dan Menggunakan Concept Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Sampang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development, 7(2), 175–180. Wijayanti, M. (2018). Pengembangan E-book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. 1–5. Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenedamedia Group. Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara Pgri Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30. citation: Ushwatunnisa, Aprilia dan Hutari, Andri (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS SIGIL PADA MATERI PLANTAE (Penelitian Research & Development pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Cileungsi). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24960/1/Aprilia%20Uswatunnisa.pdf