eprintid: 24955 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/55 datestamp: 2023-07-10 08:51:07 lastmod: 2023-07-10 08:51:07 status_changed: 2023-07-10 08:51:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mukharomah, Anisa creators_name: Akbar, Budhi creators_id: budhi.akbar@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-0279-6252 title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER I ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrumen penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Biologi SMA Kelas X Semester I. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research) dengan mengadaptasi model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation yang terdiri dari tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping (Expert reviews, one to one, small group) dan field test. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 39 Jakarta dengan responden sebanyak 6 peserta didik pada tahap one to one dan 12 peserta didik pada tahap small group. Sedangkan pada uji tahap akhir (field test) pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 58 responden. Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda sebanyak 51 butir soal yang terdiri dari tiga indikator HOTS yakni C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), C6 (mengkreasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki kualitas layak berdasarkan hasil validasi ahli dengan persentase 82,6%. Respon peserta didik terhadap keterbacaan soal menunjukkan respon positif dengan persentase 79,69%. Hasil analisis data menunjukkan jumlah soal valid sebanyak 31 butir soal dengan persentase 72,09% dan soal tidak valid sebanyak 12 butir soal dengan persentase 27,91%. Selanjutnya hasil pengujian reliabilitas menggunakan rumus Spearman – Brown didapatkan angka sebesar 0,92 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi telah memenuhi syarat sebagai instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Angket yang diberikan untuk memperoleh komentar/tanggapan dari beberapa peserta didik, praktisi dan ahli terhadap instrumen yang dikembangkan sudah layak. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afrita, M., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Materi Sistem Respirasi Di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4, 129–142. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mangiferaeduv4i2.83 Alfiatin, A. L., & Oktiningrum, W. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jawa Timur Untuk Mengukur Penalaran Siswa Sd. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 30. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3395 Aminah, M. S. (2013). Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Bab Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Cirebon. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON. Anita, Tyowati, S., & Zuldafrial. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 35. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780 Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran (Cetakan Ke). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Arikunto, S. (2018). dasar-dasar evaluasi (R. Damayanti (ed.); Edisi Kedu). Bumi Aksara. Ariyana, Yoki, Pudjiastuti, Ari, Bestary, Reisky dan Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87. Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku pegangan 83 pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Avina, Y. P. Al, & Winarsih. (2020). Development of Assessment Instruments as Example For Higher Order Thinking Skills (Hots) Package Questions in Environmental Pollution Topic for 10 th Grade Senior High School. Bioedu, 9(1), 217–223. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu Baidlowi, M. H., Sunarmi, & Sulisetijono. (2019). Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 57–65. Chandra, D., & Heryadi, D. (2020). Kemampuan Guru Bahasa Indonesia Dalam Membuat Soal Tes Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Di Smp Sekecmatan Karangnunggal. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 22–28. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2338 Claudhya, C., Wardhani, S., & Nawawi, S. (2021). Pengembangan Asesmen Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains ( KPS ) Di SMA Kota Palembang. Pendidikan Biologi, 12(1). Dachliyani, L. (2019). Instrumen yang Sahih: Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat. MADIKA: Media Infomasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/721/713 Departemen Pendidikan Nasional. (2017). Panduan Penelitian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AHOTS Djaali, & Muljono, P. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan (p. 133). Grasindo. Fitriani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 77–87. Kemendikbud, T. P. P. P. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). In Asrijanty & D. Hadiana (Eds.), Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Penilaian Pendidikan. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/puspendikpublic/ PENULISAN SOAL HOTS 2019.pdf Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu Dan Kalor. 05(April), 43– 51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104 Muliawati. (2020). Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal Berfikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran PPKN Pada UPT Satuan Pendidikan. Phinisi Integration Review, 3(1), 30–45. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/v3i1.13132 Musdalifah, Syamsudduha, S., & Nursalam. (2020). Analisis Kualitas Soal buatan Guru Biologi dalam Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Biotek, 8(1), 85 44–56. mustiari. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 3). Universitas Muhammadiyah Malang. Nurwahanah. (2019). Pengembangan Butir Soal Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 3 Pangkep. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. Nuswowati, M., Binadja, A., Ifada, K. E. N., & Soeprodjo. (2011). Pengaruh Validitas Dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia Terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573. OECD. (2018). Programme For Internatioan Student Assesment (PISA) Results From PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa- 2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecdilibrary. org//sites/bd69f805en/index.html?itemId=/content/component/bd69f 805-en#fig86 Pendidikan, P. P. (2010). Panduan Penulisan Soal Pilihan ganda. Balitbang- Depdiknas. Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (T. Surjaman (ed.); cetakan ke). PT. REMAJA ROSDAKARYA. www.rosda.co.id Ramadhani, D., Susanti, R., & Zen, D. (2015). Pengembangan Soal Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Sma. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 96–108. https://doi.org/10.36706/fpbio.v2i1.4727 Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika (Zaenal Arifin (ed.); Cetakan ke). ALFABETA. Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjari, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60 Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal Taraf Kesukaran,Butir Tes, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Valliditas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 2, 2(2), 192–213. Sudijono, A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan (cetakan ke). PT RAJAGRAFINDO PERSADA. www.rajagrafindo.co.id Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Sugiharto, B. (2008). Validitas dan Reliabilitas. Surakarta: FKIP UNS. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2019). Pengembangan Assesment Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Biologi Kelas XI SMA N 1 Tanjung Raya Mesuji (Issue 9) [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN]. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. (Mulyadi, Ed.) Yogyakarta, DIY, Indonesia: Deepublish. Suwitaningsih, Z., & Indana, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Akhir 87 Semester (Pas) Mata Pelajaran Biologi Pada Kelas X Di Man Sidoarjo. Bioedu, 7(2), 298–303. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan (pertama). Graha Ilmu. Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal HOTS. Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Widayanti, E. Y. (2016). Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Dasar Sd/Mi. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1). https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.27-58 Zaki, M., Amalia, R., & Sofyan, S. (2020). Development of high order thinking skills ( HOTS ) test instrument on exponent for junior high school students. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1521/3/032096 Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. citation: Mukharomah, Anisa dan Akbar, Budhi (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER I. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24955/1/Annisa%20mukharomah.pdf