@phdthesis{repository24955, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER I}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, year = {2021}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrumen penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Biologi SMA Kelas X Semester I. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research) dengan mengadaptasi model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation yang terdiri dari tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping (Expert reviews, one to one, small group) dan field test. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 39 Jakarta dengan responden sebanyak 6 peserta didik pada tahap one to one dan 12 peserta didik pada tahap small group. Sedangkan pada uji tahap akhir (field test) pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 58 responden. Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda sebanyak 51 butir soal yang terdiri dari tiga indikator HOTS yakni C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), C6 (mengkreasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki kualitas layak berdasarkan hasil validasi ahli dengan persentase 82,6\%. Respon peserta didik terhadap keterbacaan soal menunjukkan respon positif dengan persentase 79,69\%. Hasil analisis data menunjukkan jumlah soal valid sebanyak 31 butir soal dengan persentase 72,09\% dan soal tidak valid sebanyak 12 butir soal dengan persentase 27,91\%. Selanjutnya hasil pengujian reliabilitas menggunakan rumus Spearman - Brown didapatkan angka sebesar 0,92 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi telah memenuhi syarat sebagai instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Angket yang diberikan untuk memperoleh komentar/tanggapan dari beberapa peserta didik, praktisi dan ahli terhadap instrumen yang dikembangkan sudah layak.}, author = {Mukharomah, Anisa and Akbar, Budhi}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24955/} }