eprintid: 24951 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/51 datestamp: 2023-07-10 08:50:50 lastmod: 2023-07-10 08:50:50 status_changed: 2023-07-10 08:50:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mustika, Ainun creators_name: Akbar, Budhi creators_id: budhi.akbar@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-0279-6252 title: ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA di MAN 2 Jakarta serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 140 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai bulan Juli. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan XIPA 2 yang masing-masing kelas berjumlah 35 orang siswa dengan menggunakkan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal berpikir kritis yang berjumlah 29 soal dan instrumen angket faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa maka data tersebut dihitung menggunakan satistika deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 MAN 2 Jakarta menunjukkan masih kurang, dengan persentase 59,17%. Motivasi siswa, model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, kualitas guru, dan sarana prasarana merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alberida, Heffi, Fitri Arsih, Helendra Helendra, and Muhyiatl Fadilah. 2017. “Rancangan Pembelajaran Gerak Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dan Literasi Sains.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 1(1): 24. Daniati, Novia, Dezi Handayani, Relsas Yogica, and Heffi Alberida. 2018. “Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Tentang Materi Pencemaran Lingkungan Analysis Of Critical Thinking Skill Level Of Students Smp Negeri 2 Padang about Environmental Pollution.” Atrium Pendidikan Biologi 1(2): 1–10. Ennis, Robert. 1991. Critical Thinking. Fithriyah, Inayatul, Cholis Sa’dijah, and Sisworo. 2016. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis.” Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (Knpmp I): 580–90. Handika Budi Saputra, Budi Waluyo, dan Amir Fuady. 2016. “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK Handika Budi Saputra, Budi Waluyo, Dan Amir Fuady FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.” 4: 60–76. Happy, Nurina, and Djamilah Bondan Widjajanti. 2014. “Keefektifan Pbl Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa Smp.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(1): 48. Istianah, Euis. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma.” Infinity Journal 2(1): 43. Kuswana, wowo sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. bandung. Maslakhatunni’mah, Dewi, Linda Budi Safitri, and Desi Nuzul Agnafia. 2019. “Pelajaran Ipa Siswa Kelas Vii Smp.” Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019: 179–85. MEYLINDA ANGGREANI. 2015. “Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Cirebon.” Nurhasanah, Pratiwi Bayinah. 2015. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 10 BEKASI.Pdf.” Nurul, mas’ud waqiah. 2013. “PROFIL SISWA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH MENENGAH 54 PERTAMA KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.” Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional 53(9): 1689–99. P, Hamdani M Prayitno B A Karyanto. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen The ImproveAbility To Think Critically Through The Experimental Method.” art 16(Kartimi): 139–45. Purwanto, Joko, and Binti Uswatun Hasanah. 2014. “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Dengan Konten Integrasi-Interkoneksi Pada Materi Suhu Dan Kalor Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA.” J. Kaunia 9(2): 117–27. resky hidayanti, Amiluddin, Andi Alim Syahri. 2020. “ANALISIS KEMAMPUAN BERIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGRI 2 LABAKKANG.” 12: 1–10. Shanti, Widha Nur, Dyahsih Alin Sholihah, and Adhetia Martyanti. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 8(1): 48. Sugihartono, kartika nur fathiyah, farida agus setiawatin. 2007. “PSIKOLOGI PENDIDIKAN.” In Psikologi Pendiikan, ed. yudiati rohman Majaji. YOGYAKARTA. Umam, Khoirul. 2018. “Pengaruh Media Picture Story Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Biologi.” Proceeding Biology Education Conference 15 (1): 111–15. Alberida, Heffi, Fitri Arsih, Helendra Helendra, and Muhyiatl Fadilah. 2017. “Rancangan Pembelajaran Gerak Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dan Literasi Sains.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 1(1): 24. Astuti, Liani Puji. 2019. “Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Menerapkan.” : 328–32. Daniati, Novia, Dezi Handayani, Relsas Yogica, and Heffi Alberida. 2018. “Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Tentang Materi Pencemaran Lingkungan Analysis Of Critical Thinking Skill Level Of Students Smp Negeri 2 Padang about Environmental Pollution.” Atrium Pendidikan Biologi 1(2): 1–10. Ennis, Robert. 1991. Critical Thinking. Fithriyah, Inayatul, Cholis Sa’dijah, and Sisworo. 2016. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis.” Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (Knpmp I): 580–90. Handika Budi Saputra, Budi Waluyo, dan Amir Fuady. 2016. “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK Handika Budi Saputra, Budi Waluyo, Dan Amir Fuady FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.” 4: 60–76. Happy, Nurina, and Djamilah Bondan Widjajanti. 2014. “Keefektifan Pbl Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa Smp.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(1): 48. Istianah, Euis. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma.” Infinity Journal 2(1): 43. Kuswana, wowo sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. bandung. Maslakhatunni’mah, Dewi, Linda Budi Safitri, and Desi Nuzul Agnafia. 2019. “Pelajaran Ipa Siswa Kelas Vii Smp.” Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019: 179–85. MEYLINDA ANGGREANI. 2015. “Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Cirebon.” Muhammad Ridho, Hasruddin, Ely Djulia. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia SMA Swasta Hang Tuah Belawan.” Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya (September): 607–17. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28414. Nurhasanah, Pratiwi Bayinah. 2015. “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 10 BEKASI.Pdf.” Nurul, mas’ud waqiah. 2013. “PROFIL SISWA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.” Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional 53(9): 1689–99. P, Hamdani M Prayitno B A Karyanto. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen The ImproveAbility To Think Critically Through The Experimental Method.” art 16(Kartimi): 139–45. Purwanto, Joko, and Binti Uswatun Hasanah. 2014. “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Dengan Konten Integrasi-Interkoneksi Pada Materi Suhu Dan Kalor Terhadap Kemampuan Berfikir 56 Kritis Siswa SMA.” J. Kaunia 9(2): 117–27. resky hidayanti, Amiluddin, Andi Alim Syahri. 2020. “ANALISIS KEMAMPUAN BERIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGRI 2 LABAKKANG.” 12: 1–10. Shanti, Widha Nur, Dyahsih Alin Sholihah, and Adhetia Martyanti. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 8(1): 48. Sugihartono, kartika nur fathiyah, farida agus setiawatin. 2007. “PSIKOLOGI PENDIDIKAN.” In Psikologi Pendiikan, ed. yudiati rohman Majaji. YOGYAKARTA. Umam, Khoirul. 2018. “Pengaruh Media Picture Story Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Biologi.” Proceeding Biology Education Conference15(1)111–15. citation: Mustika, Ainun dan Akbar, Budhi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24951/1/AINUN%20MUSTIKA.pdf