eprintid: 24950 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/50 datestamp: 2023-07-10 08:48:48 lastmod: 2023-07-10 08:48:48 status_changed: 2023-07-10 08:48:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afifah, Afifah creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PLANTAE KELAS X ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Keterampilan proses sains (KPS) merupakan kemampuan keterampilan peserta didik yang digunakan untuk menemukan suatu konsep atau pengetahuan melalui proses kerja ilmiah dengan menggunakan konsep yang sudah ada sebelumnya, fakta serta penalaran dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains peserta didik pada materi plantae. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 38 butir soal untuk mengetahui keterampilan proses sains peserta didik, kemudian instrumen angket sebanyak 18 butir digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains. Instrumen terlebih dahulu divalidasi dengan cara dijasmen oleh dosen ahli dan secara empiris diuji coba pada kelas XI IPA sebanyak 76 peserta didik. Setelah dilakukan validasi, instrumen digunakan untuk penelitian ini pada peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 67 Jakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA yang berjumlah 4 kelas, sedangkan sampel diambil dengan cara cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu terdiri dari 74 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses sains dengan rata-rata sebesar 53,7% dan masuk ke dalam kategori cukup. Dari sembilan indikator yang digunakan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains peserta didik, keterampilan tertinggi yaitu indikator prediksi dengan persentase 70,27% masuk ke dalam kategori baik, sedangkan keterampilan terendah yaitu indikator mengajukan pertanyaan dengan persentase 44,05% masuk ke dalam kategori cukup. Kemudian kemampuan keterampilan proses sains peserta didik dipengaruhi dengan adanya beberapa faktor yaitu faktor guru yang menyatakan bahwa metode yang digunakan bervariasi serta menggunakan model berbasis pengamatan atau observasi dan media berupa grafik/gambar/video. Adapun faktor dari peserta didik itu sendiri, seperti sebagian peserta didik memiliki minat dan motivasi dalam belajar, serta ketersediaan sarana prasarana yang digunakan pada saat pembelajaran. Kesimpulannya bahwa kemampuan keterampilan proses sains peserta didik masuk ke dalam kategori cukup dan beberapa indikator seperti interpretasi, klasifikasi, menerapkan konsep serta mengajukan pertanyaan perlu dilatih serta ditingkatkan lagi kemampuan keterampilan proses sainsnya. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains ( Kps ) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan ( Studi Kasus Mahasiswa Prodi P . Biologi Fkip Ums Tahun. Seminar Nasional Pendidikn Sains, 71–78. Andini, T. E., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Scientific process skills: Preliminary Study Towards Senior High School Student In Palembang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3), 243– 250. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6784 Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. (P. Latifah, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (R. Damayanti, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara. Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains - SD. Jakarta: Depdiknas RI. Daud, M. (2018). Efektifitas Pembelajaran Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pokok Bahasan Termo Kimia Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar Dinas Pendidikan Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 90–102. Dewi, P. K., & Hayat, M. S. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa Kelas XI IPA se-Kota Tegal. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2016, 395–404. Retrieved from http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/lppm2016/lppm2016/pa per/view/1288 Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/1222 5 Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA Al-Azhar 3 77 78 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249– 258. https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025 Handayani, S. S. L., Suciati, & Marjono. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Bounded Inquiry Lab Improving Students ’ Science Process Skills on Biology Using Bounded Inquiry Lab Model. Bioedukasi, 9(2), 49–54. Hanif, Ibrohim, & Rohman, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2163–2171. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8042. Hasanah, N., Verliyanti, V., & Rokhimawan, M. A. (2020). Profesionalisme Guru Menanamkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Ipa Pada Siswa Kelas V Mi Ma’Arif Bego. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a1.2020 Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis Of Science Process Skills In Senior High School Students. Universal Journal of Educational Research, 8(4 A), 15–22. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081803 Irfan, M., & Syamsuardi. (2017). PODE Predict, Observe, Discuss, Explain Meningkatkan Keterampilan Proses Sains IPA Siswa Sekolah Dasar. (P. Bundu, Ed.) (Cetakan I). Sulawesi Selatan: CV. Syahadah Creative Media (SCM). Jirana, & Damayanti, M. (2016). An Analysis of Science Process Skills of Pre Service Biology Teachers in Solving Plants Physiology Problems. International Conference On Education, 454–457. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/319940356 Juhji, J., & Nuangchalerm, P. (2020). Interaction Between Scientific Attitudes and Science Process Skills Toward Technological Pedagogical Content Knowledge. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.17478/jegys.600979.XX Kruea-In, C., Kruea-In, N., & Fakcharoenphol, W. (2015). A Study of Thai In-Service and Pre-Service Science Teachers’Understanding of Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(October), 993–997. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.291 Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156–161. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795 Muamar, M. R., & Rahmi. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Pada Sub Materi Schizophyta Dan Thallophyta. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5(1), 1–10. Musdalifah, Syamsudduha, S., & Nursalam. (2020). Analisis Kualitas Soal Buatan Guru Biologi Dalam Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Biotek, 8(1), 44–56. Mutmainnah, S. N., Padmawati, K., Puspitasari, N., & Prayitno, B. A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Pendidikan Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik (Studi Kasus Di Salah Satu Universitas Di Surakarta). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3, 49–56. Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Melalui Model PBL Abstrak. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. Prasasti, P. A. T. (2018). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran IPA Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623 Pratiwi, I., Pulungan, A. S. S., & Dumasari. (2020). Perbandingan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 62–70. Purwanto, N. (2019). Prinsip - Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (T. Surjaman, Ed.) (ke-18). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. 80 Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. Rahman, A., Wahyuni, I., & Rifqiawati, I. (2017). Profil Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Di Smp Satu Atap Pulau Tunda. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6827 Ramadhani, D. K., Susanti, R., & Zen, D. (2015). Pengembangan Soal Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pembeajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 185–198. https://doi.org/10.36706/fpbio.v2i1.4727 Ratnasari, D., Sukarmin, S., & Suparmi, S. (2017). Analisis Implementasi Instrumen Two-Tier Multiple Choice Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 166–179. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.627 Rustaman, N. (2017). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang. Salosso, S. W., & Kusumawardani, R. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Dan Basa Analysys of the Science Process Skills of Senior High School Student ’ S Through the Application of Learning Cycle. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 45– 50. Saputra, F. B. A., & Bunawan, W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Pengetahuan Keterampilan Proses Sains Siwa Di SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 51– 56. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9 122/8268 Sastria, E., Susanti, T., Novallyan, D., & Alfatwa, P. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Biologi Umum Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Kerinci. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v1i1.3 Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 8121 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403 Sulaeman, A. A. (2018). Desain Program Diklat Keterampilan Proses Sains Untuk Guru IPA SMP Dalam Mewujudkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 30–37. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n1.p30-37 Sunyono, S. (2018). Science Process Skills Characteristics of Junior High School Students in Lampung. European Scientific Journal, ESJ, 14(10), 32–45. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n10p32 Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57. Syintia, S., Akbar, B., Safahi, L., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 82–85. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13052 Tasrim, T., & Elihami, E. (2019). Motivasi Kerja Pendidik Dalam Meningkatkan Manajemen Lembaga Pendidikan Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 42– 47. Wahyuni, S., Suhendar, & Setiono. (2020). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 41–45. Yolanda, Y. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Fisika pada Materi Listrik Magnet. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 70–78. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.533 Yuliananingsih, & Rokhimawan, M. A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Buku Tematik Kelas V Tema Panas Dan Perpindahannya. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 81–89. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a8.2020 Zamista, A. A., & Kaniawati, I. (2015). Pengembangan Tes 82 Keterampilan Proses Sains Materi Fluida Statis Kelas X Sma / Ma Snf2015-Iii-5 Snf2015-Iii-6. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 5–10. Zulhauri, Tuah, S., & Atifah, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 1 Barumun. Journal of Education Action Research, 3(2), 77–82. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17272 citation: Afifah, Afifah dan Safahi, Luthpi (2021) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PLANTAE KELAS X. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24950/1/afifah%20salim.pdf