eprintid: 24949 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/49 datestamp: 2023-07-10 08:35:51 lastmod: 2023-07-10 08:35:51 status_changed: 2023-07-10 08:35:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Saputra, Aditya creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Pada saat ini perkembangan teknologi telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang berdampak pada beberapa sektor, khususnya pada sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran di era ini lebih cenderung menggunakan teknologi, salah satu contohnya teknologi digital. Guru di era 4.0 dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi digital misalnya video pembelajaran berbasis animasi. Studi ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis video animasi pada materi ekosistem, dan untuk menguji kelayakan video pembelajaran berdasarkan pendapat dan penilaian dari beberapa ahli serta mengetahui respon dari peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut. Penelitian ini mempergunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model dari Borg and Gall. Proses tahapan digunakan sampai dengan 7 tahapan yaitu studi pendahuluan, tahap perencanaan penelitian, langkah pengembangan desain, tahap uji coba pendahuluan, merevisi hasil uji pendahuluan, tahap uji coba lapangan skala kecil dan skala besar, merevisi hasil uji coba lapangan skala kecil dan skala besar. Instrumen yang digunakan berupa angket tanggapan untuk validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan peserta didik. Uji validasi kelayakan video pembelajaran mendapatkan hasil diantaranya, penilaian dari tiga ahli media mendapatkan nilai 78,67% dengan kriteria layak, lalu penilaian dari empat ahli materi mendapatkan nilai 73,61% dengan kriteria layak, berikutnya penilaian dari dua ahli bahasa mendapatkan nilai 81,00% dengan kriteria sangat layak, selanjutnya adalah respon dari peserta didik yaitu pada uji coba skala kecil dengan jumlah responden sebanyak 12 orang mendapatkan nilai 85,94% dengan kriteria sangat layak dan uji coba skala besar dengan jumlah responden sebanyak 68 orang mendapatkan nilai 84,39% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Ekosistem dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI, 9(1), 1–13. Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (1st ed.). Sukabina Press. Beatrice Erema, U., Akan Udi, I., & Mathew Nsing, O. (2019). Computer Animation Instructional Package And Biology Students’ Academic Performance In Akpabuyo Local Government Area, Of Cross River State. Shared Seasoned International Journal Of Library And Information Science, 3(2). Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan, 6(2), 300–309. Erol, B., Hull, J. J., & Lee, D. S. (2014). Linking Multimedia Presentations with their Symbolic Source Documents: Algorithm and Applications. Proceedings of the ACM International Multimedia Conference and Exhibition, 498–507. https://doi.org/10.1145/957013.957122 Fajariyah, L. A. (2018). Pembelajaran Teks Report Dengan Proyek “CERDIG” Berbasis Kinemaster. In Jurnal Dikdaktika Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 1). Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. Firdaus, M. A., & Susanto, R. (2019). Development Of Biology Interactive Learning Application For 10Th And 11Th Graders In MA Nurul Iman. 1–8 Frasidik, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Hypermedia untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Alat Optik SMA. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Halili, S. H. (2019). Technological Advancements In Education 4.0. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 7(1), 63–69. Halisah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Bookguna Menunjang Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Di Tingkat SMA/MA. Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. Haryati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia. Haryati, S., & Cahyaningrum, D. (2018). Designing Digital Teaching Media for Millenial Teachers: Trends and Sense. In Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDs) (Vol. 2, Issue 2, pp. 171–180). Haviz, M. (2013). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, 16(1), 28–43. https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235 Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pembelajaran (1st ed.). Kencana, Jakarta. Kurniawan, A. D., Muldayanti, N. D., & Putri, B. E. (2018). Developing Flash Media Of Quranic-Based Human Reproduction System Material. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (JPBI), 4(3), 235–242. Laisa, Z. (2019). Primary School Teachers and Learning Media in the Era of Education 4.0. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012126 Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Forum Kependidikan, 28(2), 136–142. Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL SUNDERMANN, 1(18), 28–43. Luh, S., Erniwati, & Agus, S. (2019). The Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4), 322–329. Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. BioEdUIN, 8(1), 26–33. Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2), 1–10. Nurbaiti, Ruqiah, G. P. P., & Titin. (2017). The Properness Of Adobe Flash Basis Interactive Media For Respiratory System Learning Material. In Unnes Science Education Journal (Vol. 6, Issue 3). Oman, K. (2014). Buku Biologi Kelas X (A. Fahri (ed.); 1st ed.). Grafindo Media Pratama, Bandung. 109 Omodara, O. D., & Adu, E. I. (2014). Relevance of Educational Media and Multimedia Technology for Effective Service Delivery in Teaching and Learning Processes. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 4(2), 48–51. Palelupu, D. N., & Cholik, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS5 Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Kelas X TPM SMK Krian 1 Sidoarjo. JPTM, 3(2), 10–19. Pramudya, Y., Widayanti, L., & Melliagrina, F. (2018). Frequency Measurement of Bonang Barung and Peking in Javanese Gamelan using Audacity. Journal of Physics: Conference Series, 1075(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1075/1/012047 Rahmattullah, M. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. 1, 178–186. Reiser, R. A., & Gagne, R. M. (1982). Characteristics of Media Selection Models. Review of Educational Research, 52(4), 499–512. Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Rusydiyah, E. F. (2008). Media Pembelajaran. In Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sunan Ampel Surabaya. Safitri, R., & Sugiharto, B. (2013). Buku Biologi Kelas X. Mediatama, Jakarta. Sandu, S., & Ali Sodik, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Literasi Media Publishing. Sari, M. L. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Movie Maker Pada Materi Bakteri Sebagai Media Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Penukal. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Setiani, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash CS5 Untuk Kelas XI Sma. Universitas Negeri Yogyakarta. Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Training in Making Powtoon-Based Learning Media in Education 4.0. International Journal of Business, Ecomonics and Social Development, 1(2), 72–80. Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media. Tepla, M., & Klımova, H. (2015). Multimedia in Biochemistry and Molecular Biology Education Using Adobe Flash Animations of Electron Transport Chain to Teach and Learn Biochemistry. March, 294–299. https://doi.org/10.1002/bmb.20867 Veselinovska, S. S., & Stavreva, A. (2018). Development And Impact Of The Usage Of Animation In Teaching Molecular And Cellular Biology Student Learning. Knowledge – International Journal, 23(3), 837–846. Winarto, Y. J. (2019). Efforts to Increase the Pedagogics of Teachers in Making IT-Based Learning Media in the 4.0 Era. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 387(3), 113–116. Woro. (2020). Wawancara Pra Penelitian. Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih. (2017). Developing Of Instructional 111 Media-Based Animation Video On Enzyme And Metabolism Material In Senior High School. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (JPBI), 3(3), 254–257. Zulfadhli, E., Universitas, F. B. S., & Padang, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Publikasi Jurnalistik Perangkat Nagari Menggunakan Aplikasi KineMaster untuk Media Sosial di Nagari Tuik IV Koto Mudiek dan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan melalui Pelatihan. 1(1), 9–13. https://doi.org/10.24036/abdi-humanus.v1i1106660 citation: Saputra, Aditya dan Murwitaningsih, Susanti (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24949/1/Aditya%20Saputra.pdf