@phdthesis{repository24948, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, title = {PROFIL HABIT OF MIND MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UHAMKA}, year = {2021}, month = {July}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24948/}, abstract = {Habit of Mind mempunyai fungsi penting dalam kegiatan belajar mahasiswa dalam pemecahan masalah. Kebiasaan berpikir cerdas ini perlu untuk diketahui karena akan membantu mahasiswa dalam memahami konsep untuk mencapai tujuan pembelajaran dimasa pembelajaran online ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran profil habit of mind (kebiasaan berpikir) mahasiswa dalam 3 indikator yaitu self regulation, creative thinking dan critical thinking serta faktor yang mempengaruhi HoM mahasiswa di program studi Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan biologi FKIP UHAMKA dengan jumlah 256 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 147 mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan angket HoM dengan 15 indikator yang disebar secara online melalui google form dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan Ms. Excel. Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa semester 2 mendapatkan nilai HoM sebesar 76,23\%, semester 4 sebesar 78,59\%, semester 6 sebesar 78,21\% dan semester 8 sebesar 80,09\%. Nilai HoM mahasiswa semester 8 mendapat nilai tertinggi. Kategori HoM tertinggi yang didapatkan mahasiswa Pendidikan biologi semester 2,4,6 dan 8 FKIP UHAMKA yakni aspek Critical thinking, Self regulation dan terakhir Creative thinking paling rendah. Semua kategori dikatakan cukup, baik dan sangat baik. HoM dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pengalaman belajar, jenis kelamin, asesmen formatif, model/strategi dan media pembelajaran serta motivasi.}, author = {Mareza, Adelia and Kartikawati, Eka} }