eprintid: 24900 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/49/00 datestamp: 2023-04-17 02:11:36 lastmod: 2023-04-17 02:11:36 status_changed: 2023-04-17 02:11:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fahmi Nur Aziz, Mohammad title: Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Kasus Pada Alfamart Cabang Squadron) ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung atau yang sudah pernah membeli produk Air Mineral Dalam Kemasan merek AQUA di Alfamart cabang Squadron dengan menyebarkan kuesioner kepada 140 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda dan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi a = 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel Ekuitas Merek 0,014 > 0,05 dan nilai thitung sebesar 2.486 < ttabel 1.977 dari ketentuan df= n-k atau df=140-2=138 maka diperoleh ttabel 1.977. Kedua, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel Harga 0,001 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 11.911 < ttabel 1.977 dari ketentuan df= n-k atau df=140-2=138 maka diperoleh ttabel 1.977. Selanjutnya yang ketiga Ekuitas Merek dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil ini dapat dilihat dari hasil uji F dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel (358.830 > 3,06) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 39 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Albari. (2018). The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Integrative Business and Economics Research, 7(2), 328–337. http://buscompress.com/journal-home.html Astutikningsih, D., Widajanti, E., & Sumaryanto. (2017). Pengaruh lokasi, ekuitas merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mobil bekas. Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17, 599–607. Bintang, A., & Arif, M. (2022). Point of View Research Management service on Suzuki motorcycle purchasing decisions. Point of View Research Management 3(2) 2022. May Pp 174 - 187, 3(2), 174–187. Diansyah, D., & Putera, R. M. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(2), 97–109. https://doi.org/10.24856/mem.v32i2.538 Fajar, I., & Sugianto. (2020). The Influence of Product Quality, Service Quality, Product Differentiation, Price Perception, and Promotion on Purchasing Decisions of Gostreet Beauty Products. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(1), 284–289. Gerung, C. J., & Loindong, J. S. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2221–2229. Hari Subagyo, W., & Chairunisha Febriana, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kelurahan Pabuaran Bogor. Economicus, 14(1), 78– 89. https://doi.org/10.47860/economicus.v14i1.186 Harumanto, B. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan AQUA. 1–8. Hidayah, D., & Idris. (2020). Influence of Price, Product Quality, Location, Brand Image, and Word of Mouth on Purchasing Decisions at Bacarito Padang Cafe with Buy Interest as a Moderation Variable. 124(2018), 710–716. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.137 Hidayati, K. N. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK AQUA (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Ilham, A. I., Hartono, S., & Handiman, U. T. (2020). The Influence of Product Quality, Price and Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchasing Decisions (Case: Hansaplast Koyo in Tangerang). Www.Ijbmm.Com International Journal of Business Marketing and Management, 5(2), 2456–4559. www.ijbmm.com Krismawati, D. (2021). Pengaruh car., fdr., dan bopo..terhadap profitabilitas sub sector bank..umum syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan..periode..2015-2020. Lidya Martha, R. A. (2021). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK HANDPHONE MEREK OPPO PADA MAHASISWA/MAHASISWI DI STIPER SAWAHLUNTO SIJUNJUNG. 3(Desember), 682–694. Manullang, A. S. (2020). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528 Noviyanti, I., & Hayati, F. A. (2019). The Influence of Location and Selling Price on Purchasing Decisions at PT. Gapura Prima Group. PINISI Discretion Review, 3(2), 169. https://doi.org/10.26858/pdr.v3i2.13265 Oloan, M., & Nst, A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669. Pandia, R. M., Kadunci, K., & Hutagalung, D. D. C. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Produk Air Mineral Aqua. Epigram, 14(1), 67–76. https://doi.org/10.32722/epi.v14i1.960 Rahma, V. A. (2018). The Influence of Brand Equity to Purchasing Decisions on Wardah Products (studies conducted at Wardah Beauty House stores, Surabaya). IJIEEB : International Journal of Integrated Education, Engineering and Business, 1(1), 53–60. https://doi.org/10.29138/ijieeb.v1i1.796 Ritonga, Z., Harahap, E., & Harahap, A. (2020). The Influence of Brand Community Products, Promotions, Store Atmosphere and Price on Consumer Purchasing Decisions at PT Asia Jaya Properti. Ijisrt.Com, 5(5). https://www.ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT20MAY079.pdf Rustom et al. (2019). The Influence of Price, Brand Equity and E-Commerce on Purchasing Decisions of Shure Brand Microphones at PT. Sierra Mandiri Distribusindo. Mobile-Based National University Online Library Application Design, 3(2), 10–19. http://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/882/595 Safika, E., & Raflah, W. J. (2021). The Influence of Brand Image, Brand Ambassador and Price on Purchasing Decisions for Scarlett Whitening Product in Riau. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis Seri Manajemen, Investasi Dan Kewirausahaan, 1(1), 8. https://doi.org/10.35314/inovbizmik.v1i1.1876 sangadah, khotimatus, & Kartawidjaja, J. (2020). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CAT DULUX (Studi Kasus PT AKZONOBEL INDONESIA). Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. Sudirman, A., Lie, D., Efendi, & Wijaya, A. (2017). Pengaruh Harga Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt Sinar Siantar Sari Pematangsiantar. Journal of Home Economics of Japan, 3(2), 191–193. Albari. (2018). The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Integrative Business and Economics Research, 7(2), 328–337. http://buscompress.com/journal-home.html Astutikningsih, D., Widajanti, E., & Sumaryanto. (2017). Pengaruh lokasi, ekuitas merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mobil bekas. Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17, 599–607. Bintang, A., & Arif, M. (2022). Point of View Research Management service on Suzuki motorcycle purchasing decisions. Point of View Research Management 3(2) 2022. May Pp 174 - 187, 3(2), 174–187. Diansyah, D., & Putera, R. M. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(2), 97–109. https://doi.org/10.24856/mem.v32i2.538 Fajar, I., & Sugianto. (2020). The Influence of Product Quality, Service Quality, Product Differentiation, Price Perception, and Promotion on Purchasing Decisions of Gostreet Beauty Products. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(1), 284–289. Gerung, C. J., & Loindong, J. S. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2221–2229. Hari Subagyo, W., & Chairunisha Febriana, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kelurahan Pabuaran Bogor. Economicus, 14(1), 78– 89. https://doi.org/10.47860/economicus.v14i1.186 Harumanto, B. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan AQUA. 1–8. Hidayah, D., & Idris. (2020). Influence of Price, Product Quality, Location, Brand Image, and Word of Mouth on Purchasing Decisions at Bacarito Padang Cafe with Buy Interest as a Moderation Variable. 124(2018), 710–716. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.137 Hidayati, K. N. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK AQUA (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Ilham, A. I., Hartono, S., & Handiman, U. T. (2020). The Influence of Product Quality, Price and Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchasing Decisions (Case: Hansaplast Koyo in Tangerang). Www.Ijbmm.Com International Journal of Business Marketing and Management, 5(2), 2456–4559. www.ijbmm.com Krismawati, D. (2021). Pengaruh car., fdr., dan bopo..terhadap profitabilitas sub sector bank..umum syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan..periode..2015-2020. Lidya Martha, R. A. (2021). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK HANDPHONE MEREK OPPO PADA MAHASISWA/MAHASISWI DI STIPER SAWAHLUNTO SIJUNJUNG. 3(Desember), 682–694. Manullang, A. S. (2020). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528 Noviyanti, I., & Hayati, F. A. (2019). The Influence of Location and Selling Price on Purchasing Decisions at PT. Gapura Prima Group. PINISI Discretion Review, 3(2), 169. https://doi.org/10.26858/pdr.v3i2.13265 Oloan, M., & Nst, A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669. Pandia, R. M., Kadunci, K., & Hutagalung, D. D. C. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Produk Air Mineral Aqua. Epigram, 14(1), 67–76. https://doi.org/10.32722/epi.v14i1.960 Rahma, V. A. (2018). The Influence of Brand Equity to Purchasing Decisions on Wardah Products (studies conducted at Wardah Beauty House stores, Surabaya). IJIEEB : International Journal of Integrated Education, Engineering and Business, 1(1), 53–60. https://doi.org/10.29138/ijieeb.v1i1.796 Ritonga, Z., Harahap, E., & Harahap, A. (2020). The Influence of Brand Community Products, Promotions, Store Atmosphere and Price on Consumer Purchasing Decisions at PT Asia Jaya Properti. Ijisrt.Com, 5(5). https://www.ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT20MAY079.pdf Rustom et al. (2019). The Influence of Price, Brand Equity and E-Commerce on Purchasing Decisions of Shure Brand Microphones at PT. Sierra Mandiri Distribusindo. Mobile-Based National University Online Library Application Design, 3(2), 10–19. http://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/882/595 Safika, E., & Raflah, W. J. (2021). The Influence of Brand Image, Brand Ambassador and Price on Purchasing Decisions for Scarlett Whitening Product in Riau. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis Seri Manajemen, Investasi Dan Kewirausahaan, 1(1), 8. https://doi.org/10.35314/inovbizmik.v1i1.1876 sangadah, khotimatus, & Kartawidjaja, J. (2020). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CAT DULUX (Studi Kasus PT AKZONOBEL INDONESIA). Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. Sudirman, A., Lie, D., Efendi, & Wijaya, A. (2017). Pengaruh Harga Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt Sinar Siantar Sari Pematangsiantar. Journal of Home Economics of Japan, 3(2), 191–193. citation: Fahmi Nur Aziz, Mohammad (2022) Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Kasus Pada Alfamart Cabang Squadron). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24900/1/FEB_MANAJEMEN_1802025239_MOHAMMAD%20FAHMI%20NUR%20AZIZ.pdf