eprintid: 24888 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/48/88 datestamp: 2023-04-17 01:29:12 lastmod: 2023-04-17 01:29:12 status_changed: 2023-04-17 01:29:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arrum Melliany, Venadha title: Pengaruh Word Of Mouth dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone Dikalangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Tahun 2018-2021 FEB UHAMKA ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word Of Mouth dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian smartphone merek iphone dikalangan Mahasiswa Prodi Manajemen Tahun 2018-2021 FEB UHAMKA. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengumpulkan data secara langsung berupa penyebaran kuesioner, dengan 92 responden, dan sampel untuk penelitian ini adalah Mahasiswa aktif FEB UHAMKA angkatan 2018-2021. Berdasarkan hasil pengolahan data, model regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Ŷ = 738 + 0.329 X1 + 0.427 X2. Kemudian pengolahan uji T menujukkan bahwa Word Of Mouth memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 4.774 > 1.986, kemudian kepercayaan konsumen memperoleh signifikan 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 6.120 > 1.986. Serta hasil dari uji F juga terdapat nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan nilai Fhitung > Ftabel (90.998 > 3.10). Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa variabel Word Of Mouth berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, dan kepercayaan konsumen berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Kemudian Word Of Mouth dan kepercayaan konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 27 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adi, N. R. M., Ramadhan, M. R. I., Aristawati, T., & Pratama, S. A. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di ShopeeFood. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(2), 420. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.1001 Andriani, M. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Lifestyle terhadap Buying Decision Iphone pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 21(1), 1–124. Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075 Aryatilandi, S., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Analisis Word Of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Kola Sukabumi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 3(1), 54–65. Athallariq, F., & Suhermin, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Ilmu Dan Riset …. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/4518/45 18 Azis, F., Rachman, N., & Hufron, M. (2020). PengaruhCountry Of Origin Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan PembelianSmartphone Samsung (Study Kasus Mahasiswa Feb Unisma). E-Jurnal Riset Manajemen, 9(2), 122–137. www.fe.unisma.ac.id Bernard E. Silaban, H. A. (2017). analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Gaya Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Esensi, 20(2), 1–28. Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3784. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i06.p18 Dr. Eti Rochaety, Dr. Ratih Tresnati. S.E., MS. Prof. Dr. H. Abdul Madjid Latief, M.pd., M. . (2019). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS DENGAN APLIKASI SPSS (2nd ed.). Mitra Wacana Media. Habibie, & Hadi. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee. Aplikasi Bisnis, 5(EISSN: 2407-5523 ISSN :2407-3741), 569–573. Habir, H., Zahara, Z., & Farid, F. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), 211–218. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i3.123 Harmadi, D. N., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Positive Word Of Mouth, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dessert Box. Inovator, 11(1), 26–34. http://ejournal.uikabogor. ac.id/index.php/INOVATOR/article/view/6833%0Ahttp://ejournal.uik a-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/article/download/6833/3391 Iknesya, R. F., & Arjuna, W. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Mil Off Beauty Bar. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, 1(2), 1–7. http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/677/107 Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85. Juniver, Mokalu, V., Mewengkang, N. N., & Tangkudung, J. P. M. (2016). Dampak Teknologi Smartphone Terhadap Perilaku Orang Tua di Desa Touure Kecamatan Tompaso. Acta Diurna, 5(1), 1–9. Liviania Nur Audina, Rini Rahayu Kurniati, D. Z. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Swasta Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Niaga / Bisnis (JIAGABI), 9(2), 244–252. Mantauv, C. S. (2020). Pengaruh Word of Mouth Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Coffe Tamiang. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 383–391. https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.301 Prasetya, R. G. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. 6–18. Prasetyo, S. H., & Suseno, Y. D. (2015). Pengaruh perceived value terhadap keputusan pembelian smartphone android dengan word of mouth positif sebagai variabel moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15, 159– 166. http://www.ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/download/1026/87 8 Ratriyana, I. N. (2019). Ekuitas Merek Lokal Jogja Di Mata Generasi Millenials. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1163. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.410 Rozak, W. F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Di Persebaya Store. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Rusli, C. A., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Dimediasi oleh Kepercayaan. 149–158. https://doi.org/10.33510/slki.2019.149-158 SHABANDI, A. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA SMARTPHONE IPHONE (Survei Pada Mahasiswa UNPAS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Angkatan 2016-2017). http://fe.unpas.ac.id/ Wati, N., & Wulandari, N. (2021). Pengaruh Word Of Mouth, Service Excellence dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada PT. Nusa Trans Bali di Denpasar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen …, 1(4), 1230–1239. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1459 Zahra, K. F., Listyorini, S., Pinem, R. J., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2021). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Koesmetik Wardah di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, X(X), 965–973. citation: Arrum Melliany, Venadha (2022) Pengaruh Word Of Mouth dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone Dikalangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Tahun 2018-2021 FEB UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24888/1/FEB_MANAJEMEN_1802025161_VENADHA%20ARRUM%20MELLIANY.pdf