eprintid: 24816 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/48/16 datestamp: 2023-04-14 06:54:16 lastmod: 2023-04-14 06:54:16 status_changed: 2023-04-14 06:54:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: , Ansar title: Pengaruh Metode Pembayaran Aplikasi Ecommerce Shopee Berbasis Shopeepay dan Cash On Delivery (COD) terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Perilaku Konsumtif Mahasiswa pada metode pembayaran shopee berbasis shopeepay dan cash on delivery. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer, data diperoleh dari penyebaran kusioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode structural equation modeling (SEM)) dengan menggunakan aplikasi software SEM PLS 3.2.9 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya metode pembayaran Shopeepay berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, variabel Cash on Delivery berpengaruh positif signifikan terhadap konsumtif. Hasil analisis statistik deskriptif bahwasannya variabel Perilaku Konsumtif dapat dijelaskan oleh metode pembayaran shopeepay dan cash on delivery 60% . Namun 40% sisanya dapat diterangkan oleh variabel lain di luar penelitian ini. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 28 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anjum, S., & Chai, J. (2020). Drivers of Cash-on-Delivery Method of Payment in E-Commerce Shopping: Evidence From Pakistan. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020917392 Adhi Prasetio, Muhammad Ashoer, Jeperson Hutahaean Janner Simarmata (2021). Konsep Dasar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial di Blitar. 1(4), 429–438. Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2013. Bank indonesia. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ Chris Sjahbuana. 2014. Konsumerisme. Diakses pada tanggal 27 Mei2018 dari: https://prezi.com/f9-5ibxd8pdu/konsumerisme/ Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(1), 1–19. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669 Dr.Nugroho J.Setiadi (2003). Perilaku konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, tujuan, dan keinginan konsumen. Edisi ketiga. Penerbit: PrenadaMedia Group. Rawamangun-Jakarta Dwi Sari, A. N., Malik, Z. A., & Hidayat, Y. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) terhadap Perilaku Konsumen. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 1. https://doi.org/10.29313/syariah.v0i0.19202 Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay Sebagai Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB USU. Jurnal KomunikA, 17(2), 1–11. Fitriyah, R. M., A’yun, Q., Hariran, moh argy, & Muzdalifah, L. (2021). Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Cash on Delivery ( Cod ) Pada Pelaku Umkm Di Sidoarjo. Greenomika, 3(2). Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2021). Analisis Pengaruh Penggunan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Relasi : Jurnal Ekonomi, 17(2), 413–434. https://doi.org/10.31967/relasi.v17i2.494 Hariwijaya, M. Metodologi dan Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi untuk Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Parama Ilmu, 2016. Lina, L., & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2(4), 5– 14. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/psikologika. vol2.iss4.art1 Listfield, R dan F. Montes-Negret. 1994.“Modernizing Payment Systemin Emerging Economies”. World Bank Policy Research Working Paper, 1336. Minanda, A., Roslan, S., & Anggraini, D. D. (2018). Perilaku Konsumtif Belanja Online PadaMahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. NeoSocietal, 3(2), 435. Mujahidin, A. (2020). Pengaruh Fintech e-wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millennial. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 143. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i2.1513 Muhammad Munsarif, Mohammad Arif Suryawan, Markani Muhammad Resha et.,al (2022). Pengantar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3), 101–134. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275 Priyatno, Duwi. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yoyakarta: Andi, 2014. Rahmat, A., Asyari, A., & Puteri, H. E. (2020). Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3198 Ramadani, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (EMoney) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um002v8i12016p001 Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058 Satyadharma, K. G., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Faktor Price Value, Social Influence, Hedonic Motivation, Trust, Ease of Use Penggunaan Layanan Mobile Payment (Studi pada pengguna aplikasi ShopeePay Mahasiswa di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–12. http://ejournals1. undip.ac.id/index.php/dbr Sandhusen, Richard (2008). Marketing. Hauppauge, N.Y: Barron's Educational Series. p. 520. ISBN 0-7641-3932-0 Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Sangadji, Etta Mamang., dan Sopiah. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI, 2013. Sekaran, Uma. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2016 Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18. http://repository.stei.ac.id/1540/ Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Uang Elektronik, Demografi, Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 160–172. Sukma, M. N., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Electronic Money, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 209. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1570 Syahida, L. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan Promo Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap. Jurnal Kehumasan, 4(1), 7–18. file:///C:/Users/hp/Downloads/37732-89315-1-PB.pdf Siregar, Syofian. Statistik Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara, 2013. Sukirno, Sadono. Mikroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2016. Supranto, J. Statistika Teori dan Aplikasi Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga, 2009. Sayekti, F., Putarta, P., 2016. Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. J. Manaj. Teor. dan Terap. 9, 196–209. Tempo. https://data.tempo.co/data/1070/proyeksi-transaksi-e-commerce-2021 Undang-undang Bank Indonesia Nomor 23 tahun 1999 Wardani, D. K., & Indriyanti, Y. N. (2022). Pengaruh Kondisi Ekonomi Terhadap Penggunaan Shopeepay Melalui Perilaku Konsumtif Sebagai Variabel Intervening. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(10), 1285– 1292. WIDIYANTI, N. M. W., SARA, I. M., AZIZ, I. S. A., & WULANDARI, I. G. A. A. (2022). The Effect of Financial Literature, Electronic Money, Self-Control, and Lifestyle On Student Consumption Behavior. Journal of Tourism Economics and Policy, 2(1), 01–10. https://doi.org/10.38142/jtep.v2i1.200 citation: Ansar (2022) Pengaruh Metode Pembayaran Aplikasi Ecommerce Shopee Berbasis Shopeepay dan Cash On Delivery (COD) terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24816/1/FEB_MANAJEMEN_1802025095_ANSAR.pdf