eprintid: 24803 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/48/03 datestamp: 2023-04-14 04:30:00 lastmod: 2023-04-14 04:30:00 status_changed: 2023-04-14 04:30:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widya Anggraeni, Niken title: Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Sektor Industri Food and Beverage ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pengaruh antara leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada sektor food and beverage. Variabel yang diteliti adalah “ Leverage ( Debt Equity Ratio), Pertumbuhan Penjualan (Growth), Ukuran Perusahaan (Ln Asset), dan Profitabilitas (Return On Asset)” sebagai objek peubah dan “sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia dengan tahun periode 2016-2020” sebagai objek pengamatan. Penelitian. Data penelitian diperoleh dari web idx.co.id dan memperoleh data sebanyak 34 populasi dan 16 sampel penelitian, alat SPSS digunakan sebagai media pembantu untuk pengolahan data dengan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil pada penelitian ini menghasilkan bahwa secara parsial variabel leverage mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan variabel leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 30 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afriani, M., Nurhayadi, Y., & Al Azizah, U. S. (2021). Effect of Environmental Performance, Firm Size, Corporate Social Responsibility on Financial Performance on Manufacturing Companies. Journal of Applied Business Administration, 5(2), 194–199. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i2.3128 Aghnitama, R. D., Aufa, A. R., & Hersugondono. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada Indeks Investor33 di BEI. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 18(2), 1–11. Aprilia, D., & Kusumawati, Y. T. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food and Beverages. Borneo Student Research, 1(2), 1079–1083. Bambang Sudaryana. M.Si. (2018). Metode penelitian : teori dan praktek kuantitatif dan kualitatif. Deepublish Publisher. Charles, D., Ahmed, M. N., & Joshua, O. (2018). Effect of Firm Characteristics on Profitability of Listed Consumer Goods Companies in Nigeria Dioha Charles. Journal of Accounting, Finance and Auditing Studies, 14–31. Daftar Perusahaan Barang Konsumsi di BEI Terlengkap. (n.d.). https://www.cekdollarmu.eu.org/2021/01/Daftar Perusahaan Barang Konsumsi di BEI.html Dewi, I. A. P. O. Y., & Yasa, G. W. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Tipe Industri, Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Environmental Disclosure. 20(3), 2362–2391. Dewi, N. P. I. K., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaa Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3028–3056. Dewi, S., & Nataherwin, N. (2020). The Effects of Leverage, Sales Growth, Firm Size, and Corporate Social Responsibility Disclosure on Earnings Response Coefficient. 145(Icebm 2019), 352–355. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200626.060 Fahmi, I. (2014). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan 4). alfabeta. Farizal Mohammed, N., Ahmad Puat, S., Susanti Amirrudin, M., & Hashim, A. (2020). Leverage, Liquidity and Profitability Ratios: Accountability of Malaysian Listed Oil and Gas Firms. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(2), 941–947. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.82104 Ghazali, I. (2018). Buku Ekonometrika Dengan IBM SPSS. Harahap, S. H. (2019). Analysis of the Impact of Managerial Ownership , Institutional Ownership , Firm Size , Leverage , Profitability and Sales Growth Toward Earnings Management in Manufacturing Companies Listed on IDX in the 2015-2019 Period. International Journal of Reseach Publications, 69(1), 273–286. Hayat, A., Noch, M. Y., Hamdani, Rumasukun, M. R., Rasyid, A., & Nasution, M. D. (2018). Manajemen Keuangan (A. Ikhsan (Ed.); Edisi Pert). Indomedia Pustaka. Helfiardi, R. D., & Suhartini, S. (2021). Pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor barang makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2015-2020 The effect of leverage and company size on profitability in food and beverage good. Akuntabel, 18(3), 516–523. Hery, S.E., M.Si., CRP., R. (2018). Analisis laporan keuangan (Cetakan 3,). Jakarta : Grasindo, 2018 Penerbit PT Grasindo. Indonesia, K. P. R. (2021). Industri Makanan dan Minuman Diakselerasi Menuju Transformasi Digital. Kemenperin_RI. https://kemenperin.go.id/artikel/22485/Industri-Makanan-dan-Minuman-Diakselerasi-Menuju-Transformasi-Digital Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan 11). Kementerian Investasi/BKPM. (n.d.). Industri Manufaktur untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Kementerian Investasi/BKPM. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/industri-manufaktur-untuk-percepatan-pertumbuhan-ekonomi-indonesia Mahmood, F., Han, D., Ali, N., Mubeen, R., & Shahzad, U. (2019). Moderating effects of firm size and leverage on the working capital finance-profitability relationship: Evidence from China. Sustainability (Switzerland), 11(7), 19–22. https://doi.org/10.3390/su11072029 Markonah, M., Salim, A., & Franciska, J. (2020). Effect of Profitability, Leverage, and Liquidity To the Firm Value. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(1), 83–94. https://doi.org/10.38035/dijefa.v1i1.225 Nasir, M. J. A. N. (2020). Buletin Ekonomi. 2, 168–168. Pardomuan Sihombing, M. (2018). Corporate Financial Management. PT. Penerbit IPB Press. Prihadi, T. (2019). Analisis Laporan Keuangan. In Gramedia Pustaka Utama. Ramadhani, L. (2017). Skripsi pengaruh. Skripsi, 1–10. Runis, A., Samsul Arifin, D., Masud, A., & Kalsum, U. (2021). The Influence of Liquidity, Leverage, Company Size and Profitability on Financial Distress. International Journal of Business and Social Science Research, 11–17. https://doi.org/10.47742/ijbssr.v2n6p2 Salsabella, F. F. (2020). … Modal Kerja terhadap Profitabilitas (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81587 Setiawan, E., Zamzani, F. R., & Amelia, N. F. (2018). Cash Position, Debt To Equity Ratio, Return on Asset Dan Firm Size Terhadap Divident Payout Ratio. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 78. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.11980 Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Suhardi, S.E., M. M. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. Suharsimi Arikunto. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Cipta, Rineka Ed. Rev. VI, Cet. 14. Sukadana, I. K. A., & Triaryati, N. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 6239. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p16 Wandri, A., & Dewi, A. S. (2019). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012-2016). 1–14. Wulandari, Y., & Maqsudi, A. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food & Beverage Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014-2018. JEA17: Jurnal Ekonomi Akuntansi, 4(02). https://doi.org/10.30996/jea17.v4i02.3303 Yadav, I. S., Pahi, D., & Gangakhedkar, R. (2022). The nexus between firm size, growth and profitability: new panel data evidence from Asia–Pacific markets. European Journal of Management and Business Economics, 31(1), 115–140. https://doi.org/10.1108/EJMBE-03-2021-0077 Yulimtinan, Z., & Atiningsih, S. (2021). Leverage Ukuran Perusahaan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(1), 69. https://doi.org/10.32502/jab.v6i1.3422 Zuhroh, I. (2019). The Effects of Liquidity, Firm Size, and Profitability on the Firm Value with Mediating Leverage. KnE Social Sciences, 3(13), 203. https://doi.org/10.18502/kss.v3i13.4206 citation: Widya Anggraeni, Niken (2022) Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Sektor Industri Food and Beverage. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24803/1/FEB_MANAJEMEN_1802025059_NIKEN%20WIDYA%20ANGGRAENI.pdf