eprintid: 24801 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/48/01 datestamp: 2023-04-14 04:27:14 lastmod: 2023-04-14 04:27:14 status_changed: 2023-04-14 04:27:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rifky Ananda, Muhammad title: Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan yang Didapat terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus terhadap Shopee Pada Masyarakat Jabodetabek) ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan yang didapat terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus terhadap Shopee pada Masyarakat Jabodetabek). Dalam penelitian ini digunakan metode survei, dengan variabel yang diteliti yaitu promosi dan kualitas pelayanan sebagai variabel independent dan keputusan pembelian sebagai variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat jabodetabek pengguna shopee didapatkan sebanyak 150 responden dengan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan dengan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi Uji Kualitas Data (Uji Validitas Dan Reliabilitas), Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Analisis Uji Hipotesis (Uji Simultan F Dan Parsial T), Uji Koefisien Determinasi. Kemudian data diolah menggunakan SPSS.25.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) promosi memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas layanan memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afnina, & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. Afrineldi. (2021). Perlindungan Konsumen dalam Perdagangan Elektronik (E-Commerce). Jurnal Ilmiah Publika, 9(1), 101–111. http://dx.doi.org/10.33603/publika.v9i1.5719 Ariyanto, Elsyra, N., & Hamirul. (2018). Manfaat Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Bekas Pada Showroom Lintas Motor Muara Bungo. Marketing,2(2),75–86. https://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/52 Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713 Auladi, I. A. T., Azizah, D., Suwaji, D. W., & Harventy, G. (2019). Pengaruh Audit Delay, Reputasi Auditor Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern. Jurnal Akademi Akuntansi, 2(2), 93–103. Ayu Radhinda, P. (2020). Penerapan Proses Employer Branding Pada Perusahaan E-Commerce (Studi Kasus pada Shopee Indonesia). Tuturlogi, 1(3), 185–204. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.001.03.3 Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108 Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih metode penelitian yang tepat: bagi penelitian bidang ilmu manajemen. Ilmu Manajemen, 5(April), 287–292. Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Olivia Walangitan. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT . Hasjrat Abadi Tobelo. Administrasi Bisnis, 9(1), 128–136. Estikowati, Alviana, S., Patalo, R. G., & Hidayatullah, S. (2022). Influence of Product Quality, Price andPromotion onPurchase Decisions onthe Marketplace Shopee. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 5(4), 2018–2022. Faridah, I., Afiyanti, Y., & Basri, M. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dipuskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. Kesehatan,9(2),1–92. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i2.280 Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Sinar Manajemen, 09(01), 106–113. Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Mettā Sutta Terhadap Metode Pembelajaran Di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(March), 2–4. Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Harga , Promosi , Kualitas Pelayanan , Dan Citra Merek Terhadap Keputusan. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 1, 35–44. Garaika, G., & Feriyan, W. (2018). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual, 16(1), 21. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3 Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & F.Tamengkel, L. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. Harahap, D. R., & Utami, T. N. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi COVID-19 di Kota Binjai. Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(2), 2019–2022. Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. Istanti, E. (2019). Pengaruh Harga, Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Burger King Kawasan Surabaya Plaza Surabaya. Ekonomika, 7(1), 16–22. Iswandari, L. F., & Srihandayani, C. M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusanpembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemenuniversitas Pgri Adi Buana Surabaya). Journal of Sustainability Business Research, 2(1), 1–9. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jsbr/article/view/3397/2697 Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43 Kusyana, D. N. B., & Pratiwi, K. A. (2019). Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur. Manajemen, 1(2), 21–39. Laraswati, V., & Yusiana, R. (2018). Tinjauan Pelaksanaan Kegiatan Promosi Oleh Bimbingan Belajar Tridaya Tahun 2018 A Review of Promotion Implementation In Tridaya In 2018. Eproceedings, 4(3), 1334–1340. Lestari, F. A. P. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ippmunindra, 10(2), 179–187. Lubis, A. A. (2018). sebesar 0,332, sedangkan kualitas produk juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian PT. Suara Barisan Hijau harian Orbit Medan dimana r. Manajemen & Bisnis, 16(02), 1–11. Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819–826. Minarti, M. S. (2020). Pengaruh gaya hidup, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada toko online shopee. Jurnal Ilmiah Kohesi, Vol. 4(3), 210–217. http://repository.upbatam.ac.id/217/1/cover s.d bab III.pdf Munawar, N. A., & Mahaputra, M. R. (2022). Influence Of Cashback Promotion, E-Service Quality , Customer Satisfaction On Re-Use Interest. DIJMS, 3(4), 742–751. Nurhaedah, & Nurlaela. (2018). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Produk Paytren melalui Media Online. Journal of Business Administration Sciences(JBAS),1(1),85–93. http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JBAS/article/view/40/pdf Oktavia, A. (2021). Analisis Gaji, Tunjangan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Nganjuk. Otonomi, 21(April), 48–55. Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52. https://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/52 Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950 Putra, G. L. A. K. (2019). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. Senada, 2, 259–265. Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42 Rachman, R. (2019). Penerapan Metode AHP Untuk Menentukan Kualitas Pakaian Jadi di Industri Garment. Informatika, 6(1), 1–8. Raharja, U., Harahap, E. P., & Devi, R. E. C. (2018). Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Pada Raharja Internet Café Terhadap Kegiatan Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi. Teknoinfo, 12(2), 60–65. Rahim, R. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Ladaya Kutai Kartanegara. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(4), 272. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i4.3563 Ramadhani, M. D., & Maskur, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Kualitas Layanan Website Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang ). Proceeding Sendiu, 1(1),978–979. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8049 Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Ecodemica, 2(1), 118–119. Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. UMS, 4(4), 279–284. Rozi, I. A., & Khuzaini. (2020). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5), 1–20. Salsyabila, S. R., Pradipta, A. R., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace shopee. Manajemen, 13(1), 37–46. Sari, D. C., Effendy, F., Sudarso, A., Abdillah, L. A., Fadhilah, Y., Fajrillah, Setiawan, Y. B., Simarmata, J., Watrianthos, R., & Jamaludin. (2020). Perdagangan Elektronik (berjualan di internet (1st ed.). yayasan kita menulis. Sasangka, I., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung. MEA, 2(1). Setyawati, D. U., Korida, B. D., & Febrilia, B. R. A. (2020). Analisis Regresi Logistik Ordinal Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IPK Mahasiswa. Jurnal Varian, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.30812/varian.v3i2.615 Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Mandiri, 4(1), 26–37. Suhardi, Y., Syachroni, A., Burda, A., & Darmawan, A. (2020). Pengaruh Keragaman Produk , Persepsi Harga , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. STEI Ekonomi, 29(02), 17–30. Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087 Suparyanto dan Rosad. (2020). Model Pengujian Faktor Determinan Return On Equity Pada Perusahaan Advertising, Printing dan Media yang Terdaftar di BEI. SNK, 5(3), 248–253. Vierdwiyani, D., & Syafarudin, A. (2020). Analysis of Service Quality and Brand Image on Customer. Jurnal DIJMS, 1(6), 802–815. https://doi.org/10.31933/DIJMS Wibawa, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Belanja Online Shopee. Publikasi Ilmiah. Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2020). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak.Isoquant, 3(April 2019), 90–105. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.243 citation: Rifky Ananda, Muhammad (2022) Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan yang Didapat terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus terhadap Shopee Pada Masyarakat Jabodetabek). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24801/1/FEB_MANAJEMEN_1802025034_MUHAMMAD%20RIFKY%20ANANDA.pdf