eprintid: 24695 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/46/95 datestamp: 2023-04-13 07:35:47 lastmod: 2023-04-13 07:35:47 status_changed: 2023-04-13 07:35:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farizi, Muhamad title: Analisis Ketaatan Masyarakat dalam Membayar Zakat pada Baznas (Studi Kasus di Kecamatan Beji Kota Depok) ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan dari Faktor Tingkat Pemahaman Agama, Kepuasan Diri, Pendapatan, Transparansi, Pelayanan, dan Citra Lembaga terhadap Ketaatan masyarakat dalam membayar zakat pada BAZNAS. Untuk menentukan sampel penelitian ini, penulis menggunakan teknik purporse sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu seperti karakteristik populasi atau karakteristik yang diketahui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis deskriptif dengan menggunakan Software SPSS 25. Hasil uji t (secara parsial) pada penelitian ini menunjukan tingkat pemahaman agama, kepuasan diri, pendapatan, dan transparansi berpengaruh signifikan terhadap ketaatan pada BAZNAS. Sedangkan pelayanan dan citra lembaga tidak berpengaruh signifikan terhadap ketaatan pada BAZNAS. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 34 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aditya Surya Nugroho, Nurkhin, A., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Economic Education Analysis Journal Teakreditasi SINTA 5. EEAJ, 8(3), 955–966. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35723 Aldi, Nurul, F. 2021. (2021). Rekonstruksi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat (Analisis Hukum Ekonomi Syariah). Anam, M. K. (2021). Analisis Manfaat dan Dampak Kegiatan audit Bagi Perkembangan Lembaga Amil Zakat, Studi Kasus LAZISMU Kota Depok . Jurnal Emanasi, Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 4(2), 1–8. Arofata Tsalas, N., Jajang W Mahri, A., & Rosida, R. (2019). Zakat Compliance Behaviour: Good Corporate Governance with Muzakki’s Trust Approach (Survey on Muzakki of the National Board of Zakat (BAZNAS) in Garut). KnE Social Sciences, 3(13), 796. https://doi.org/10.18502/kss.v3i13.4248 Dan, R., Faktor, P., & Terhadap, D. (2019). KEPATUHAN DALAM BERZAKAT Email : ivalaili@hotmail.com PENDAHULUAN Berdasarkan Undang- Undang Nomor 38 Tahun 1999 untuk mewujudkan tujuan nasional Indonesia dalam melaksanakan pembangunan , zakat merupakan salah satu sumber dana potensial yang di- manfaatka. 3(1), 1–12. https://doi.org/10.22236/alurban Ghozali. (2014). Aplikasi analisis multivariat dengan program ibm spss 20. Universitas Diponogoro, 6. Haki, U. (2020). SYI’AR IQTISHADI PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP MINAT MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT FITRAH. 4(1). Hakimi, F., Widiastuti, T., Al-Mustofa, M. U., & Al Husanaa’, R. (2021). Positive Effect of Attitude, Peer Influence, and Knowledge Zakat on Zakat Compliance Behavior: Update in Covid 19. In Journal of Islamic Economic Laws (Vol. 4, Issue 2). Hildawati, H., Antong, A., & Ramadhan, A. (2021). Pengaruh Pemahaman, Trust, Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Pada BAZNAS Kabupaten Luwu. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(02), 367–378. https://doi.org/10.29040/jap.v21i02.1340 Hisamuddin, N. (2018). Transparansi Dan Pelaporan Keuangan Lembaga Zakat. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 327. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3049 Indri, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan Dan Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat Amelia Anggita dan Indri Yuliafitri. In ISEI Accounting Review: Vol. IV (Issue 1). http://jurnal.iseibandung.or.id/index.php/iar Kabib, N., Al Umar, A. U. A., Fitriani, A., Lorenza, L., & Lutfi Mustofa, M. T. (2021). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 341. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2156 Kartika, I. K. (2020). Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAS Salatiga). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.558 Maulidina, I. H., & Solekah, N. A. (2020). Anteseden Perilaku Membayar Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional di Lumajang. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2), 235. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v8i2.8193 Muawanah, R. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Citra Lembaga Terhadap Minat Donatur Membayar ZIS ( Zakat , Infaq dan Shadaqah ) di Lembaga Amil Zakat Ummul Quro (LAZ-UQ) Jombang. Jurnal Bisnis Dan Informasi Manajemen, 1(2), 111–127. Muthi’ah, S., Syauqi Beik, I., & Endri, D. (2021). Analisis Faktor Penentu Tingkat Kepatuhan Membayar Zakat (Studi pada BAZNAS DKI Jakarta). In Iltizam Journal of Shariah Economics Research (Vol. 6, Issue 1). www.pusat.baznas.go.id Nurhasanah, S. (2018). Akuntabilitas Laporan Keuangan Lembaga Amil Zakat Dalam Memaksimalkan Potensi Zakat. Akuntabilitas, 11(2). https://doi.org/10.15408/akt.v11i2.8826 Pakpahan, D. R., & Fadli, A. (2021). Pengaruh Pelayanan, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Baznas Sumut. Pertiwi. (2020a). PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, LITERASI ZAKAT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS PROVINSI LAMPUNG. BAZNAS Provinsi Lampung. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 1–9. Pertiwi, I. S. M. (2020b). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Literasi Zakat dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat dalam Membayar Zakat Pada Baznas Provinsi Lampung. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 1–9. Prabowo, S. (2019). The Influences of Reputation, Financial Statement Transparency, Accountability, Religiosity, and Trust on Interest in Paying Zakat of Profession. Jurnal Dinamika Akuntansi, 11(1), 59–69. https://doi.org/10.15294/jda.v11i1.18729 Ramadan, M., Muhammad, R., & Riansyah, F. A. (2021). Aplikasi Pengolahan Zakat Online Berbasis Web Baznas Depok. Jurnal Manajemen Dakwah, 8(1), 162–177. https://doi.org/10.15408/jmd.v8i1.19898 Safitri, N. D., Studi, P., Islam, E., Ekonomika, F., Bisnis, D., Surabaya, U. N., Suryaningsih, S. A., Studi, P., Islam, E., Ekonomika, F., Bisnis, D., & Surabaya, U. N. (2021). PENGARUH RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN , LOKASI, DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT. 4, 188–202. Siswantoro. (2016). Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Sugioyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : PT.Alfabet. Syafira, F. N., Ratnasari, R. T., & Ismail, S. (2020). THE EFFECT OF RELIGIOSITY AND TRUST ON INTENTION TO PAY IN ZISWAF COLLECTION THROUGH DIGITAL PAYMENTS. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 6(1), 98. https://doi.org/10.20473/jebis.v6i1.17293 Windyani Putri, K., Yassir Fahmi, M., & Handayani Politeknik Negeri Banjarmasin, L. (2019). Factors Affecting Community Trust to Pay Zakat at the National Board of Zakat (BAZNAS) of South Kalimantan Province. YULIAFITRI, I., & KHOIRIYAH, A. N. (2016). PENGARUH KEPUASAN MUZAKKI, TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI (Studi Persepsi Pada LAZ Rumah Zakat). ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 205–218. https://doi.org/10.32678/ijei.v7i2.41 Turner, Bryan S. (ed).(2006). Social Theory. London: Blackwell Publishing,. Religion and Social Theory. London: SAGE Publication, 1999. (ed.). Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. terj. E. Setyawati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012. Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga. Tapanje, A.M.A. (2009). Corporate Governance From The Islamic Perspective: A Comparative Analysis With OECD Principles, Critical Perspective On Accounting. Vol 20. Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET. Soemirat, Soleh, dan Ardianto, Elvinaro. 2007. Dasar-Dasar Public Realtions. Bandung: PT. Remaja Rosda karya. citation: Farizi, Muhamad (2022) Analisis Ketaatan Masyarakat dalam Membayar Zakat pada Baznas (Studi Kasus di Kecamatan Beji Kota Depok). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24695/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1702055052_MUHAMAD%20FARIZI.pdf