eprintid: 24672 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/46/72 datestamp: 2023-04-13 06:46:03 lastmod: 2023-04-13 06:46:03 status_changed: 2023-04-13 06:46:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurjannah, Devi title: Analisis Faktor-Faktor Pengetahuan terhadap Minat Memilih Bank Syariah Studi Kasus Mahasiswa FEB UHAMKA ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Pengetahuan Definisi, Pengetahuan Prinsip, Pengetahuan Produk dan Pengetahuan Lokasi terhadap Minat Memilih. Variabel dependen pada peneliltian ini adalah minat memilih. Sedangkan variabel independen yang digunakan yaitu pengetahuan definisi, pengetahuan prinsip, pengetahuan produk dan pengetahuan lokasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Responden dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Aktif semester ganjil yang terdaftar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA. Hasil jawaban responden kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 24. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 96 sampel. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik. Hasil yang diperoleh dari koefisien persamaan regresi Ŷ = . Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik T menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan definisi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat memilih dengan nilai t hitung sebesar 2,039 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,044 < 0,05. Variabel pengetahuan prinsip berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat memilih dengan nilai t hitung sebesar -2,252 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05. Variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih dengan nilai t hitung sebesar 6,256 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel pengetahuan lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat memilih dengan nilai t hitung 0,195 < t tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,846 > 0,05. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa variabel pengetahuan definisi, pengetahuan prinsip, pengetahuan produk dan pengetahuan lokasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap minat memilih dengan nilai f hitung sebesar 32, 145 > f tabel (2,47) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,586 yang berarti variabel minat memilih yang dapat dijelaskan oleh variabel pengetahuan definisi, pengetahuan prinsip, pengetahuan produk dan pengetahuan lokasi sebesar 58,6% dan sisanya 41,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen agar dapat melihat faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi minat memilih. Selain itu, perbanyak jumlah responden dengan cakupan wilayah yang lebih luas guna mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdallah, M., & Lubis, I. (2015). Analisis Minat Menabung Pada Bank Syariah Di Kalangan Siswa Sma Di Kota Medan (Studi Kasus: Siswa Madrasah Aliyah Negeri). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 3(6), 14859. Adisaputro, G. (2014). Manajemen Pemasaran, Analisis untuk Perencanaan Strategi Pemasaran. Yogjakarta: UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Adiwijaya, M. (2010). Jurus Jitu Mengelola Bisnis Ritel Ala Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Alma, B. (2010). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta. Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. jrnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4, 12. Arifin, A., & Khotimah, H. (2014). Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah Di Surakarta. Nasional, 163–184. Banowati, M. M. (2018). Pengaruh Pemahaman Prinip Tabungan Syariah, Tingkat Religiusitas, Faktor Sosial Budaya, dab Persepsi Tentang Bank Syariah Terhadap Niat Menabung di Bank Syariah Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi ANgkatan Tahun 2014 Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Bougie, & Sekaran. (2013). Research Methods for Business: A skill. Building Approach. New York: John wiley@Sons. Budiandru, & Yuniarti, S. (2020). Economic Turmoil in Islamic Banking Investment. Journal of Chemical Information and Modeling, 19(9), 1689–1699. Diambil dari http://repository.uhamka.ac.id/4309/1/2 jurnal eti uinj budiandru feb.pdf Chotifah, Y. S. (2018). Peningkatan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Program Office Channeling. Journal of Finance and Islamic Banking, 1(1), 65–75. https://doi.org/10.22515/jfib.v1i1.732 Crow, L. D., & Crow, A. (1984). Psikologi Pendidikan Buku I. Surabaya: Bina Ilmu. Dayyan, M., Fahriansah, & Juprianto. (2017). Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Di Gampong Pondok Kemuning). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), Vol. 1(No. 1), h. 1-19. Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Fadli. (2018). Pengaruh Pengetahuan Dan Iklan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan Angkatan 2014). Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 1(1), 1. https://doi.org/10.31958/imara.v1i1.986 Fawzeya, N. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ferdinand. (2002). Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Fitriani, Z. (2018). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Siswa/Siswi Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Journal of Chemical Information and Modeling. Universitas Islam Negeri Ar- Raniry. Diambil dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7430/1/Zahara Fitriani.pdf Gampu, A. N., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Analisis Motivasi, Persepsi, Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Pt. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 1330–1340. https://doi.org/10.35794/emba.v3i3.10416 Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit. Hafied, H., & Nasir, M. (2013). Lembaga Keuangan Syariah Teori dan Penelitian Empiris. Makassar: PT. Umitoha Ukhuwah Grafika. Hasanah, L. R. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Periode 2007-2014. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) TULUNGAGUNG. Diambil dari http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1739/ Istiqomah, R. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Perbankan Syariah Stain Salatiga Untuk Menjadi Nasabah di Perbankan Syariah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Diambil dari http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/483/ Jumingan. (2012). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara. Kamir, & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis (Edisi Revi). Jakarta: Kencana. Karim, A. (2007). Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Kasmir. (2015). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc. Lestari, A. M. (2015). Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah. Universitas Brawijaya. Lestari, H. Y. P., & Magnadi, R. H. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Mengambil Pembiayaan Pada Bmt Al Halim Temanggung. Diponegoro Journal of Management, Vol. 6(No. 1), h. 1-11. Mappiare, A. (1997). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional. Masykuroh, E. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Produk, dan Prinsip Syariah Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Produk Perbankan Syariah (Studi Pada Lingkungan Warga Dusun Blokangung RT 02/04 Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi). Mawardi. (2018). Pengaruh Promosi Tabungan Bank Sumsel Babel Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kota Palembang. Al-Tijary, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21093/at.v4i1.1282 Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nisak, F. (2015). Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Konsep Diri dan Karakter Pribadi Terhadap Kinerja Staff Pada SMK N Se- Kota Pekalongan. Universitas Negeri Semarang. Nofinawati, N. (2014). Akad Dan Produk Perbankan Syariah. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 8(2), 219. https://doi.org/10.24952/fitrah.v8i2.349 Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan & Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. Poerwadaminta. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi 3). Jakarta: Balai Pusaka. Purwanto, A. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Boyolali. Salatiga: IAIN Salatiga. SKRIPSI. Putri, Y. F., Fadah, I., & Endhiarto, T. (2015). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Konvensional dan Bank Syariah. JEAM, XIV(April), 27–42. Rahayu, S., Ayuningtyas, R. D., & Maskudi. (2020). Analysis of factors affecting interests of student for saving on sharia financial institution; case study of Raudlatut Thalibin Leteh Rembang boarding school. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 2(1), 59–69. https://doi.org/10.20885/ajim.vol2.iss1.art6 Rahmawaty, A. (2014). Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syari’Ah Terhadap Minat Menggunakan Produk Di Bni Syari’Ah Semarang. Addin, 8(1), 1–28. Romdhoni, A. haris, & Ratnasari, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307 Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2017). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v4i1.1837 Samsudin, A. (2017). Analisis Minat Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah di Kabupaten Tangerang. Saputri, G. I. (2019). Pengaruh Pemahaman Mengenai Bank Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Syariah (Survei Pada Nasabah di Bank Syariah Mandiri Cirebon). Journal of Chemical Information and Modeling. Sinambow, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Komputer Game Zona Mega Mall Manando. Emba Issn 2303-11, 3(3), 300–311. Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Stanton, W. J. (2012). Prinsip Pemasaran. (Y. Lamarto, Ed.). Jakarta: Erlangga. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Sunardi, & Aniarsih, F. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Muslim Menabung di Bank Syariah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Sunyoto. (2014). Metodologi Penelitian Ekonomi Alat Statistik & Analisis Output Komputer untuk Mahasiswa dan Praktisi. Yogjakarta: Graha Ilmu. Suryani. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks. Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogjakarta: Offset. Utamy, O. D. B., & Widhiastuti, R. (2019). The effect of Sharia bank knowledge , promotion , and facilities on savings decisions at Sharia banks with savings interest as mediation variables. Journal of Islamic Economics, Management, and Business, 1(1), 1–27. https://doi.org/10.21580/jiemb.2019.1.1.3986 Zainal, S. V. R. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan (Edisi 7). Depok: PT RAJAGRAFINDO. citation: Nurjannah, Devi (2021) Analisis Faktor-Faktor Pengetahuan terhadap Minat Memilih Bank Syariah Studi Kasus Mahasiswa FEB UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24672/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1602055027_Devi%20Nurjannah.pdf