eprintid: 24661 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/46/61 datestamp: 2023-04-13 06:25:58 lastmod: 2023-04-14 04:22:37 status_changed: 2023-04-13 06:25:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Koswara, Eka title: Pengaruh Religiusitas, Kesadaran Masyarakat, Transparansi, dan Kualitas Layanan terhadap Pembayaran Zakat Menggunakan Financial Technology ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, potensi penghimpunan dana zakat di Indonesia memiliki porspek yang cukup signifikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kesadaran masyarakat, transparansi dan kualitas layanan berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap pembayaran zakat menggunakan financial technology. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Kelurahan Cempaka Baru Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability sampling dengan menggunakan area sampling sehingga sampel yang digunakan 100 responden. Jenis data yang digunakan mengunakan data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Instrumen, uji validitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedatisitas, analisis regresi linier berganda, uji f, uji t dan penguian hipotesis dengan bantuan software SPSS 26. Hasil yang diperoleh dari koefisien regresi persamaan Y= 6,654 + 0,282x1 + 0,233x2 + 0,084x3 + 0,172x4. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa religiusitas berpengaruh signifikan terhadap pembayaran zakat menggunakan fintech. Hal ini ditunjukan pada nilai prob. T-hitung (4,277) > T-tabel (1,660) taraf signifikan (a=0,05). Kesadaran masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembayaran zakat menggunakan fintech. Dengan nilai T- hitung (1,978) > T-tabel (1,660) taraf signifikan (a=0,05). Transparansi tidak berpengaruh signifikan terhadap pembayaran zakat mengggunakan fintech dengan nilai T-hitung (0,698) < T-tabel (1,660) taraf signifikan (a=0,05). Dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembayaran zakat menggunakan fintech dengan nilai T-hitung (2,796) > T-tabel (1,660) taraf signifikan (a=0,05). Hal ini meunjukan bahwa variabel-variabel independen secara bersama-sama mampu memberi penjelasan terhadap variabel dependen sebesar 68,1% adapun 31,9% lagi dijelaskan oleh variabel lainnya di luar variabel yang diigunakan dalam peneitian. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 34 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abu Tapanje, A.M,” Corporate Governance From The Islamic Perspective: A Comparative Analysis With OECD Principles,Critical Perspectives On Accounting 20:556-567.2009 Ade Bagus Rindi, Jurnal Hukum Fintech, Teknologi, Telekomunikasi & Perbankan Syariah, Prihatwono Law Research Vol. 1, Juni 2018, h. 1 Ahmad Guspul, Awaludin Ahmad, 2014. Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Kepercayaan Nasabah pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1 No.3. Hlm.282 Ahmad rusydi, religiusitas dan Kesehatan mental,(ciputat YPM, 2012), Cet 1, H 28. Amin Rahmananursajid.“Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah Untuk Mewujudkan Pemerintahan Yang baik di Daerah (Studi Di Kab. Kebumen)”. Tesis. (Semarang. Universitas Diponegoro,2008),h.84 Anonim, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Pasal 28 F. Asnaini, Zakat Produktif Dalam Perspektif hukum Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008, hlm. 23 Budi Wibowo dan Irwan Krisnadi. 2016 Analisa Regulasi Fintech Dalam Membangun Perekonomian Di Indonesia. Diakses 12 Mei 2018. Tersedia di https://www.academia.edu Divisi Riset dan Kajian Pusat Kajian Strategis BAZNAS, Dampak Zakat Terhadap Kesejahteraan Mustahik : Evaluasi Program Zakat Produktif 2018, ed. by Pusat Kajian Strategis BAZNAS (Jakarta Pusat, 2019). Irma Muzdalifa, dkk, “Peran Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan inklusif Pada UMKM Di Indonesia (Pendekatan Keuangan Syariah)”, Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah/Vol. 3, No. 1, 2018 Jalaludin, Psikologi agama memahami perilaku dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip psikologi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012), Cet. 16, h. 313. Feldman, Robert S, Pengantar Psikologi (Understanding Psychology), (Jakarta: Salemba Humanika, 2012), hlm. 170. Jalaluddin. Psikologi Agama. ( Jakarta: Rajawali Pers. 2011) hal 12-13 Krauss, S. E., Hamzah, A., Suandi, T., Noah, S. M., Mastor, K. A.m Juhari, R., … Manap, J. (2015). The muslim religiosity-personality measurement inventory (MRPI)’s religiosity measurement model: towards filling the gaps in religiosity research on muslims. Pertanika Journal of Social Science & Humanities, 13(2), 131-145. M. Ali Hasan, Zakat dan Infak Salah Satu Solusi Mengatasi Problema Sosial di Indonesia, Kencana Prenada Media Group, 2008, hlm. 15 Mandasari, K. (2011). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen dalam Memilih Jasa Perhotelan. 1–72. Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), Cet. 5, h 297. Muhammad Hasan, Manajemen zakat (Cet. I; Yogyakarta: Idea Press,2011),h.93 Neolaka, Amos, Kesadaran Lingkungan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), hlm. 18 Nofie Iman, Finance Technologi dan Lembaga Keuangan, (Yogyakarta, 2016) Oxford University press, Oxford Learner’s pocket dictionary: fourth edition. (Oxford:Oxford Univercity press, 2008), 372 Patra Rusdianto, 2016. Skripsi. Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Religiusitas terhadap Minat Masyarakat menjadi Muzakki pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Hlm.19 Polancik, G. (2009). Empirical Research Method Poster. Rozalinda, Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi.( Jakarta: Rajawali Pers,2015), Cetakan Ke 2,H. 250. Sassateli, Roberta. 162 2017. Consumer culture: History, Theory, and Politics. London: Sage hal.13 Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA Suparno. , “Pengaruh Akunatbilitas Keuangan Daerah,Value For Money,Kejujuran, Transparansi, dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Daerah”Tesis (Universitas Sumatera Utara,2012),h. 12 Teoh, Wendy Ming-Yen et el,. (2013), Faktoraffactingconsummers’ perception of elektronik payment, internet resesetch, vol. 23 iss 4 pp.465-485 Wulandari & Rosemarie Sutjiati, Pengaruh Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Perencanaan Keuangan Keluarga Terhadap Kesejahteraan (Studi Pada Warga Komplek BCP , Jatinangor, 2012), hlm. 21–31. citation: Koswara, Eka (2022) Pengaruh Religiusitas, Kesadaran Masyarakat, Transparansi, dan Kualitas Layanan terhadap Pembayaran Zakat Menggunakan Financial Technology. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24661/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1502055004_EKA%20KOSWARA%20-.pdf