%0 Thesis %9 Bachelor %A Koswara, Eka %B FEB %D 2022 %F repository:24661 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %P 34 %T Pengaruh Religiusitas, Kesadaran Masyarakat, Transparansi, dan Kualitas Layanan terhadap Pembayaran Zakat Menggunakan Financial Technology %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24661/ %X Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, potensi penghimpunan dana zakat di Indonesia memiliki porspek yang cukup signifikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kesadaran masyarakat, transparansi dan kualitas layanan berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap pembayaran zakat menggunakan financial technology. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Kelurahan Cempaka Baru Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability sampling dengan menggunakan area sampling sehingga sampel yang digunakan 100 responden. Jenis data yang digunakan mengunakan data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Instrumen, uji validitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedatisitas, analisis regresi linier berganda, uji f, uji t dan penguian hipotesis dengan bantuan software SPSS 26. Hasil yang diperoleh dari koefisien regresi persamaan Y= 6,654 + 0,282x1 + 0,233x2 + 0,084x3 + 0,172x4. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa religiusitas berpengaruh signifikan terhadap pembayaran zakat menggunakan fintech. Hal ini ditunjukan pada nilai prob. T-hitung (4,277) > T-tabel (1,660) taraf signifikan (a=0,05). Kesadaran masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembayaran zakat menggunakan fintech. Dengan nilai T- hitung (1,978) > T-tabel (1,660) taraf signifikan (a=0,05). Transparansi tidak berpengaruh signifikan terhadap pembayaran zakat mengggunakan fintech dengan nilai T-hitung (0,698) < T-tabel (1,660) taraf signifikan (a=0,05). Dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembayaran zakat menggunakan fintech dengan nilai T-hitung (2,796) > T-tabel (1,660) taraf signifikan (a=0,05). Hal ini meunjukan bahwa variabel-variabel independen secara bersama-sama mampu memberi penjelasan terhadap variabel dependen sebesar 68,1% adapun 31,9% lagi dijelaskan oleh variabel lainnya di luar variabel yang diigunakan dalam peneitian.