eprintid: 24644 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/46/44 datestamp: 2023-04-13 06:05:25 lastmod: 2023-04-13 06:05:25 status_changed: 2023-04-13 06:05:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ilham Mubarok, Refa title: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa pada Minimarket Syariah (Studi Kasus 212 Mart) ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh product, price, place, promotion, physical evidence dan process terhadap keputusan pembelian melalui people sebagai variabel mediator. Variabel independen pada penelitian ini yaitu product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), physical evidence (X5) dan process (X6) sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) dan variabel mediator yaitu people (Z). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini berjumlah 325 responden yang merupakan mahasiswa yang pernah melakukan pembelian pada 212 Mart JABODETABEK. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic 24 dan WarpPLS 7.0. Analisis penelitian ini meliputi outer model, inner model, uji signifikansi variabel dan uji path analysis. Berdasarkan hasil uji signifikansi variabel menunjukan bahwa variabel product, place, promotion, physical evidence dan process memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada 212 Mart JABODETABEK , sedangkan variabel price dan people tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada 212 Mart JABODETABEK. Peneliti berharap sebagai umat muslim untuk lebih mengutamakan melakukan keputusan pembelian pada usaha milik muslim dengan tujuan untuk membantu mengingkatkan perekonomian sesama muslim. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 36 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Sumber Refrensi Buku : مجمع الملك فهد ل طبالة المصحف الشر ي ف . .1424 ك تاب الف هَ ال م يس ر ف ي ض وء الكتاب و الس نة . المد ينة المنو ر Idri. 2015. HADIS EKONOMI Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP Jauhari, Shofwan dan Yusuf Siddik. 2018. 50 Materi Kajian Fiqih Bisnis. Jakarta: STIU Dirasat Islamiyah Al-Hikmah Sholihin, Mahfud dan Dwi Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET Sumber Refrensi Penelitian Terdahulu : Akhiri, Samron. 2019. “Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Tipe Nmax.” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 1(1): 50–63. Andriyanto, Lilik, Siti Syamsidar, and Indah Widowati. 2019. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum The Effect Analysis Of Marketing Mix (7p) On Purchase Decision In Thiwul Ayu Mbok Sum.” Jurnal DinamikaSosial Ekonomi 20 Nomor 1(1): 26–38. Budi Prasetiyo, and Yunita Rismawati. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari.” Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari 21(8): 793–94. Destarini, Fahra, and Bono Prambudi. 2020. “Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar.” Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen 10(1): 58–66. Fauziyah Irfan, Agus Widarko, and dan Afi Rachmat Slamet Slamet. 2017. “Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” : 118. Fikri, Muhammad Zainul, and Ade Sofyan Mulazid. 2018. “Pengaruh Brand Image, Lokasi Dan Store Atmosphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket ‘Kedai Yatim.’” Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam 4(1): 22–32. Fitriatun, Erna. 2019. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99. Gama, Agus Wahyudi Salasa, Ni Wayan Rustiarini, and Ni Putu Nita Anggraini. 2016. “Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati).” Jurnal Manajemen & Bisnis 11(1): 22–30. Handoko, Win, and Harry Panjaitan. 2017. “Analisis Pengaruh Marketing Mix 7P (Product,Price,Place,Promotion,Physical Evidence,People,Process) Terhadap Keputusan Pembelian Banner Pada CV. Apple Print.” Jurnal Ilmiah Manajemen 5(4): 476–86. Hashim, Nurhazirah, and Muhammad Iskandar Hamzah. 2014. “7P’s: A Literature Review of Islamic Marketing and Contemporary Marketing Mix.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 130: 155–59. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.019. Horizons, Statistical et al. 2018. “No Title小児発熱性疾患におけるプロカルシトニンの臨床的意義の検討 ~川崎病を中心に~.” Journal of Business Ethics 14(3): 37–45. https://www-jstor- org.libproxy.boisestate.edu/stable/25176555?Search=yes&resultItemClick=tr ue&searchText=%28Choosing&searchText=the&searchText=best&searchTe xt=research&searchText=design&searchText=for&searchText=each&search Text=question.%29&searchText=AND. Ibad, Syamsul, Rois Arifin, and Agus Priyono. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, and Physical Evidence ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.” Jurnal ilmu & Riset MAnajemer 6(10): 167–79. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/867/861. Keputusan, Terhadap, Pembelian Pada, P T Indomaret, and Manado Unit. 2018. “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 6(4): 3068–77. Lemana, Rosa et al. 2017. “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” 1(1): 2598–2823. Malardy, M. Algyansyah, and Devilia Sari. 2015. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen Siete Cafe & Garden Bandung).” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 2(2): 1–8. Manggoa, Debi Anastasia, Markus Bunga, and Ronald P C Fanggidae. 2020. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Ojek Online Grabbike Di Kota Kupang).” Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs) 11(1): 1–18. Nasution, Asrizal Efendy, Linzzy Pratami Putri, and Muhammad Taufik Lesmana. 2019. “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan.” Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan 1(1): 194–99. Nisa’, Duwi Arisatun. 2017. “Simki-Economic Vol. 01 No. 08 Tahun 2017 ISSN : BBBB-BBBB.” Simki-Economic 01(08): 14–16. Patma, Isnani. 2013. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Pada Pt. Daya Anugrah Mandiri Cabang Samarinda.” Administrasi Bisnis 1(4): 384–94. httpejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.idsitewp-contentuploads201311full jurnal (11-27-13-01-40-35). Poli, Vocke, Paulus Kindangen, and Imelda Ogi. 2015. “Analisis Pengaruh Kualitas, Promosi Dan Keunikan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Souvenir Amanda Collection.” Berkala Ilmiah Efisiensi 15(05): 757. file:///C:/Users/Acer/Downloads/10454-20825-1-SM.pdf. Prodi, Politik, Administrasi Bisnis, and Universitas Mulawarman. 2015. “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PRABAYAR TELKOMSEL.” 3(4): 1022–35. Rahayu, Elly. 2018. “Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran.” Journal of Science and Social Research 1(February): 7–12. Sara, Fenny May et al. 2017. “Pengaruh Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Café Infinito Culinery Bandung.” Gastronomy Tourism Journal 3(2): 6–18. Schick, Kathy Diane, and Nicholas Toth. 1994. “Early Stone Age Technology in Africa: A Review and Case Study into the Nature and Function of Spheroids and Subspheroids.” Integrative paths to the past: 429–50. “September 2016, Volume 8 Nomor 2.” 2016. 8(September): 1–10. Shareen, Sylvia, and Nur Rahmah Andayani. 2018. “PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KARA SANTAN PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING, Tbk.” Journal of Applied Business Administration 2(1): 46–59. Sitompul, Silvia Sari, and Mimi Juwita. 2020. “Analysis of Product , Price , Place , Promotion , Physical Evidence , People , Process on Purchase Dicision PT . Central Bearindo International Pengaruh Produk , Harga , Tempat , Promosi , Bukti Fisik , Orang , Proses Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT .” 1(2): 178–87. Soegoto, Agus Supandi, Silvya Mandey, and William Putra Imbar. 2014. “Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2(3): 526–38. Supirman. 2016. “Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Eramart Sentosa Samarinda.” eJournal Administrasi Bisnis, 4(4): 923–36. Susilo, Ade, and Renni Rengganis. 2014. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Produk Operator Seluler IM3 ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom Universit ).” 3(3): 1–11. Tarmizi, Erwandi. 2018. “Harta Haram Muamalat Kontemporer.” : 1–1653. Wilson, Jonathan. 2012. “Looking at Islamic Marketing, Branding and Muslim Consumer Behaviour beyond the 7P’s: The Call for Supportive Course Content and More P’s Please.” Journal of Islamic Marketing 3(3): 212–16. Sumber Refrensi Website : http://koperasisyariah212.co.id/ citation: Ilham Mubarok, Refa (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa pada Minimarket Syariah (Studi Kasus 212 Mart). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24644/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1802055_REFAILHAMMUBAROK.pdf