eprintid: 24611 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/46/11 datestamp: 2023-04-13 04:30:48 lastmod: 2023-04-13 04:30:48 status_changed: 2023-04-13 04:30:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hafiz Ramadiansyah, Nur title: Pengaruh Brand Marketing, Kualitas Pelayanan dan Nisbah bagi Hasil terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Berkah Madani Kota Depok di Era Pandemi ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan nasabah untuk menggunakan produk pembiayaan murabahah melalui pengaruh brand marketing, service quality dan profit sharing ratio pada BMT Berkah Madani kota Depok pada masa pandemi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang mempercepat penyebaran informasi dengan mudah di tengah kondisi pandemi yang akan menjadi peluang yang baik bagi lembaga keuangan syariah khususnya BMT Berkah Madani kota Depok. Metode yang digunakan adalah convienence sampling dengan jumlah responden yang digunakan berjumlah 102 responden. Metode analisis yang digunakan dalam analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan eviews12. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji parsial (uji T) yang menunjukkan hasil X1 sebesar 2.624, X2 sebesar 2.452, X3 sebesar 4.910. Uji hipotesis selanjutnya adalah uji simultan (uji F) yang menunjukkan hasil sebesar 32.802. Uji koefisien korelasi dengan hasil yang diperoleh adalah 50,1%. Kemudian uji koefisien determinasi menunjukkan hasil yang diperoleh sebesar 48,5%. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 29 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul-Rahman, A. et al. (2014) ‘Failure and potential of profit-loss sharing contracts: A perspective of New Institutional, Economic (NIE) Theory’, Pacific Basin Finance Journal, 28, pp. 136–151. Abdul, R. (2017) ‘Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Indonesia’. Available at: https://business-law.binus.ac.id/2017/03/31/sekilas-tentang-lembaga-keuangan-mikrosyariah- di-indonesia/. Adriyaningrum, N. (2020) ‘Nisbah Bagi Hasil’. Aminatus, Z. (2019) Pengaruh Bagi Hasil Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Syariah Di Jepara, Αγαη. Arfan, M. (2015) ‘Pengaruh Prinsip Bagi Hasil,Tingkat Pendapatan, Religiusitas Dan Pengaruh Prinsip Bagi Hasil,Tingkat Pendapatan, Religiusitas Dan Pengaruh Prinsip Bagi Hasil’, 4(2), pp. 1–8. Ascarya (2017) Akad dan Produk Bank Syariah. Astuti, K. M. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Citra Bank Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Memilih Produk Pembiayaan Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening’, pp. 1–206. Budiandru (2015) ‘faktor-faktor-yang-mempengaruhi-penyaluran-pembiayaan-perbankansyariah- yang-meliputi-dana-pihak-keiga-dpk-non-performing-financing-npfc2a0dansertifikat- bank-indonesia-syariah.pdf’. Budiandru, B. (2020) ‘Islamic Social Reporting and Halal Business Performance’, Al- Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 12(2), pp. 265–282. doi: 10.15408/aiq.v12i2.16808. Daniel, Z. (2020) ‘Pengaruh bagi hasil dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa perbankan syariah tabungan mudharabah’, 6(002), pp. 147–160. Darussalam, A. Z., Malik, A. D. and Hudaifah, A. (2017) ‘Konsep Perdagangan dalam Tafsir Al-Mishbah, Al-Azhar (Paradigma Filsafat Ekonomi Qur’ani Ulama Indonesia)’, Al Tijarah, 3(1), p. 45. doi: 10.21111/tijarah.v3i1.938. Efa, M. L. (2019) ‘Pengaruh brand association , promosi, brand awareness dan citra merek terhadap keputusan memilih produk pada bank bri syariah kcp magelang’. Elvita, R. P. (2020) Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Physical Evidence Terhadap Minat Beli Pada Produk Pembiayaan Modal Usaha Di Perbankan Syariah, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Fajar Fahrudin, M. and Yulianti, E. (2015) ‘Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya’, Journal of Business & Banking, 5(1), p. 149. Fajriyati, A. (2018a) Pengaruh Brand Image Dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang). Fajriyati, A. (2018b) Pengaruh Brand Image Dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang). Farook, S., Hassan, M. K. and Clinch, G. (2012) ‘Profit distribution management by Islamic banks : An empirical investigation’, Quarterly Review of Economics and Finance, 52(3), pp. 333–347. Fauziah, F. L. (2020) Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek, lokasi, dan promosi terhadap keputusan menabung dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Firmansyah, A., Astutik, W. and Darsono, J. T. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Layanan, Kompetensi & Promosi Terhadap Citra Program Magister Manajemen Di Malang’, DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 5(2), pp. 151–163. Hamid, A. A. (2015) ‘Interaction_effect_of_perceived_service’, 03(10), pp. 1–8. Hasanah, K. (2016) ‘Pengaruh Karakteristik Marketing Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan’, 3(1). Hidayatulloh, R., Koesmawan, M. and Muftie, A. (2019) ‘Pengaruh Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Anggota Menabung (Studi Kasus KSPPS BMT AL-Fath Ikmi DiKota Tangerang Selatan)’, Jurnal Liquidity, 8(2), pp. 153–159. Irfan, S. (2011) ‘Riba dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar_Ayahaca’. Isti, P. (2010) ‘Variabel Operasional’, 2(1), pp. 43–56. Jenita, J. (2017) ‘Peran lembaga keuangan mikro syariah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil menengah’. Kamisahuri, D. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Bagi Hasil, Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Non Muslim Pada Bank Syariah Indonesia Kota Jambi’. KEMENAG (2021) ‘Qur’an KEMENAG’. Kemenkeu (2021) Pemerintah Terus Upayakan Pemulihan Ekonomi, namun Tetap Waspada terhadap Pandemi Covid. Available at: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-upayakan-pemulihanekonomi- namun-tetap-waspada-terhadap-pandemi-covid/ (Accessed: 7 March 2022). KemenKeu, I. (2019) Keuangan Syariah dan Investasi Yang Berdampak, www.kemenkeu.go.id. Available at: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikeldan- opini/keuangan-syariah-dan-investasi-yang-berdampak/. Kemenkeu, W. (2021) Peran Keuangan Syariah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Indonesia. Available at: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/siaranpers- peran-keuangan-syariah-dalam-pemulihan-ekonomi-nasional-indonesia/ (Accessed: 7 March 2022). Keuangan, I. K. (2021) Keuangan Syariah Kunci Penting Ciptakan Stabilitas Sektor Keuangan, www.kemenkeu.go.id. Available at: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/menkeu-keuangan-syariah-kuncipenting- ciptakan-stabilitas-sektor-keuangan/. Kotler, P. (2015) ‘Marketing Management 12’, (January 2006). Kusnadi, D. (2015) ‘Pengambilan Keputusan dalam Perilaku Organisasi’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(2), pp. 52–62. Available at: http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/521246. Lazim, O. K. (2013) ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro’, Journal Tunas Bangsa, (2), pp. 185–197. Available at: ojk.go.id. Madani, B. B. (2021a) ‘Website BMT Berkah Madani’. Available at: https://berkahmadani.co.id/index.html. Madani, B. B. (2021b) Website BMT Berkah Madani. Available at: https://berkahmadani.co.id/index.html. Mahavidyalaya, M. B. S. K. K., Arts, S. and S, N. M. (2022) Advances in Plant Science Volume III. Mahsuni Wahid, A. (2021) ‘Analisis Pengaruh Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Koperasi Al-Iqtishod UNISMA’, 10(07). Mar’atusholihah, H., Priyanto, W. and Damayani, A. T. (2019) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan’, Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), pp. 253–260. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19411. Mardiatmoko, G. (2020) ‘Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda’, BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 14(3), pp. 333–342. doi: 10.30598/barekengvol14iss3pp333-342. Meli, S. (2017) ‘Nisbah Bagi Hasil, Pelayanan’,. Miraza, A. R. (2020) ‘Pengaruh Bagi Hasil Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tanjung Bala’. Nizar, M. (2017) ‘Pengaruh Ekuivalen Nisbah Bagi Hasil Tabungan, Deposito, Dan Frekuensi Pencairan Pembiayaan Murabahah Terhadap Jumlah Nasabah Baru Di BMT AL-Yasini Wonorejo Pasuruan’, 9(7), pp. 121–134. Nugroho Aji Arif, P. R. W. (2017) ‘metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d.’ ojk.go.id (2017) Website OJK. Available at: ojk.go.id. Oktaria, S. (2019) ‘Pengaruh Bagi Hasil, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Surmada Prima Hasanah di BMT Surya Madani Boyolali’, (April), pp. 33–35. Patimingsih, N. (2018) ‘Pengaruh Pengetahuan Nasabah Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Di BMT Surya Abadi Ponorogo’, Advanced Optical Materials, 10(1), pp. 1–9. Available at: https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod. 2015.04.009%0A. prof. dr. sugiyono (2011) ‘prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf’, Bandung Alf, p. 143. Putri, R. A. N. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tingkat Bagi Hasil, dan Promosi Terhadap Keputusan UMKM Untuk Menggunakan Pembiayaan Pada Lembaga Keuangan Syariah BMT Al-Muhaji’. Rachmawati, I. N. (2007) ‘Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif’, Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), pp. 35–40. Rahmanada Fitrotul Ulin (2020) ‘Pengaruh Image, Promosi, Brand Marketing Terhadap Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah’. Ratna, A. (2020) ‘Pengaruh Citra, Brand Merk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank’. Salam, F. Y. and Rahmawati, R. (2020) ‘Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Media Communication Terhadap Minat Nasabah Memilih Bank Bri Syariah Kcp Cileungsi’, Paradigma, 17(1), pp. 38–58. doi: 10.33558/paradigma.v17i1.2296. Sari, G. and Afriansyah, H. (2019) ‘Konsep dasar pengambilan keputusan’, (18002017), pp. 1–3. doi: 10.31227/osf.io/8nbrw. Sarwita, A. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung’, Sir Banister Fletcher Glossary, 4. Sattar (2017) ‘Buku Ajar Ekonomi Koperasi’. Available at: http://repository.umpalembang. ac.id/id/eprint/6626. Stephanie and Agustina, D. (2019) ‘Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Non–Keuangan Yang Terdaftar Di Bei’, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 21(1), pp. 141–152. Sunyoto, L. I. et al. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Di Union Deli Grand Indonesia’. doi: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v4i2.3059. Supriyadi, M. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian’. Surkery, A. S. and Yaacob, S. E. (2019) ‘Shariah Cooperative Concept : a Literature Review’, Al-Qanatir: International Journal of Islamic Studies, 15(1), pp. 1–11. Susanti, M. D. (2020) ‘Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di BMT Bina Umat Sejahtera Kalijambe’. Tyas, R. R. and Setiawan, A. (2012) ‘Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang’, Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(2), p. 277. doi: 10.18326/muqtasid.v3i2.277-297. Wardoyo, P., Kumalasari, L. and Rusdianti, E. (2019) ‘Quality Product And Excellent Service: The Impact of Repeat Savings Decision’, Jurnal Organisasi dan Manajemen, 15(1), pp. 46–53. citation: Hafiz Ramadiansyah, Nur (2022) Pengaruh Brand Marketing, Kualitas Pelayanan dan Nisbah bagi Hasil terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Berkah Madani Kota Depok di Era Pandemi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24611/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1802055_Nur%20Hafiz%20Ramadiansyah.pdf