eprintid: 24609 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/46/09 datestamp: 2023-04-13 04:26:53 lastmod: 2023-04-13 04:26:53 status_changed: 2023-04-13 04:26:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aqso, Nazmul title: Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kehalalan Produk terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs Jual Beli Shopee ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara faktor promosi, kepercayaan dan kehalalan produk pada keputusan pembelian secara online di Shopee. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah promosi (X1), kepercayaan (X2) dan kehalalan produk (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA yang pernah membeli secara online di Shopee. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel dengan metode teknik pengambilan data dengan kuesioner atau yang disebut dengan instrumen penelitian. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Statistik Versi 24 yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji ketetapan model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada faktor eksternal yaitu promosi (X1) dan kepercayaan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di Shopee. Hal ini terjadi karena promosi yang ditawarkan oleh marketplace Shopee kepada calon pembelinya dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Dan kepercayaan yang diberikan oleh pihak Shopee kepada calon pembeli dapat membuat calon pembeli yakin untuk melakukan keputusan pembelian secara online di Shopee. Sedangkan kehalalan produk (X3) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di Shopee. Oleh karena itu, disarankan kepada calon pembeli yang ingin melakukan keputusan pembelian ada baiknya jika mengetahui produk-produk yang dipromosikan di marketplace Shopee secara detail sehingga dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan dan rasa kepercayaan terhadap produk yang dipromosikan. Dan juga mengetahui faktor-faktor internal dari Shopee seperti kehalalan produk yang dijual dan selain itu seperti variabel penelitian yang meliputi promosi dan kepercayaan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 40 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Achmad, J. (2015). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis. Adilla, W. S. (2017). Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Makanan Kemasan (Studi Kasus pada Pegawai Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh). Skripsi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. Anastasia, K. (2016). Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Online Shop Elevenia di BBM Grup terhadap Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial dan IlmuPolitik. Anggraeni, & Madiawati. (2017). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situa Traveloka. E- Proceeding Of Management, 1880-1887. Damayanti, A. (2018). Strategi Iklan Online (studi Iklan Shopee di MediaSosial). Skripsi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Devi, L. K. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Fataron, & Rohman. (2019). Effect Analysis of Trust, Ease, Information Quality, Halal Product on Online Purchase Decision. Journal International Islamic Economics Study Program in UIN Walisongo, 1-18. Fitria, N. W. (2018). Pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di BMT Surya Abadi Jenangan Ponorogo Periode 2012-2017. Skripsi Institut Agama IslamPonorogo. Katadata.(2018).Retrieved from Katadata: https://m.katadata.co.id/berita/2018/10/25/shopee-1111-gelar-pesta- diskon-untuk-220-juta-produk merahputih. (2018). Retrieved from merahputih.com Musyfikah, I. (2017). Sertifikasi dan Labelisasi Produk Halal Perspektif Mashlahat. Jurnal Al-Qad. Rachmawati, R. M. (2016). Pengaruh Kepercayaan terhadap Minat Beli Melalui Persepsi Risiko pada Transaksi Jual Beli Online Melalui Media Sosial. Jurnal Ekonomi Bisnis. Rafidah, & Djawoto. (2017). Analisis Keamanan Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-17. Ranu, N. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Minat BeliKonsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. Rares, A., & Jorie, R. J. (2015). The Effect of The Price, Promotion, Location, Brand Image and Quality Products Towards The Purchase Decision of Consumers at Bengkel Gaoel Store Manado Town Square. Journal International Faculty of Economics and Business Program in Universitas Sam Ratulangi. Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan EkonomiUndiksha. Setiawan, Y. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs Jual Beli Shopee. Skripsi Institut Agama Islam NegeriSurakarta. Tulanggow, S. G. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. Widodo, T. (2015). Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Indomie. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas MuhammadiyahSurakarta. Widyanita, F. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-commerce Shopee terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia. Skripsi Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi. Yuniarti, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. E-Journal Universitas Jambi. Zakky, A. (2019). The Effect of Online Review, Trust on Web, Online Transaction Security and Privacy Toward Repurchase Intention on Lazada. Journal International Islamic Economics Study Program in IAIN Surakarta,17-28. citation: Aqso, Nazmul (2020) Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kehalalan Produk terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs Jual Beli Shopee. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24609/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1802055_Nazmulaqso.pdf