eprintid: 24604 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/46/04 datestamp: 2023-04-13 04:23:49 lastmod: 2023-04-13 04:23:49 status_changed: 2023-04-13 04:23:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azizah Muharrami, Meirani title: Pengaruh Islamic Branding, Pengetahuan, Faktor Sosial dan Faktor Psikologis Masyarakat terhadap Minat Berkunjung pada Hotel Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Bekasi) ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh islamic branding, pengetahuan, faktor sosial dan faktor psikologis terhadap minat berkunjung masyarakat pada hotel syariah. Variabel yang diteliti adalah islamic branding, pengetahuan, faktor sosial, faktor psikologis dan minat berkunjung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kabupaten Bekasi. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan Sampling Kuota dan jumlah sampel sebanyak 200 orang. Data primer diperoleh dengan kuesioner menggunakan google form yang disebar melalu aplikasi Whatsapp Messanger. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software SPSS Statistic Version 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial (Uji T) islamic branding berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung, pengetahuan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung, faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung dan faktor psikologis berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung. Secara simultan (Uji F) islamic branding, pengetahuan, faktor sosial dan faktor psikologis berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 29 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alvin, D. hidayati. (2018). Analisis Pengaruh Islamic Branding dan Nilai Religiusitas terhadap Keputusan Konsumen Muslim dalam Pemilihan Hotel (Studi Kasus pada Hotel Semesta Semarang). 1–26. Anam, M. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen dalam Memilih jasa Perhotelan Berbasis Syariah (Studi Kasus Hotel Grand Skuntum Kota Metro Lampung). Araujo. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasara PT. Intercom Mobilindo Padang. Вестник Росздравнадзора, 6(01), 5–9. Auliya, Z. F. (2020). Factors Affecting Interest in Revisiting Sharia Hotel. Jurnal Al-Qardh, 4(2), 76–87. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i2.1552 Aziz, M A. (2021). Analisis Kesediaan Membayar Pada Hotel Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31713 Aziz, Muhammad Abdul. (2019). DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT PERBANKAN SYARIAH ( Studi Kasus pada Masyarakat Kota Salatiga ) SKRIPSI ( Studi Kasus pada Masyarakat Kota Salatiga ). Badan Pusat Statistik. (2020). Tingkat Penghunian Kamar Hotel. Tingkat Penghunian Kamar Hotel 2020, 102. https://www.bps.go.id/publication/2021/06/30/f619ff6c476420590147dbcf/ti ngkat-penghunian-kamar-hotel-2020.html Darmawan, M. D. (2018). The Effect of Price, Product Quality, Promotion, Social Factor, Brand Image on Purchase Decision Process of Loop Product on Youth Segment (Case Study of PT Telekomunikasi Selular). International Seminar & Conference on Learning Organization, 6(6), 294–309. Haque, A., Chowdhury, N. A., Yasmin, F., & Tarofder, A. K. (2019). Muslim Consumers’ Purchase Behavior Towards Shariah Compliant Hotels in Malaysia. Vidyodaya Journal of Management, 5(1), 121–138. https://doi.org/10.31357/vjm.v5i1.3918 Irwan, A. M. (2019). Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi, Sosial dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Forcasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 164–176. https://stiemmamuju.ejournal. id/FJIIM/article/view/21 Istiaputra, T. N., Airlangga, U., Java, E., Hendratmi, A., Airlangga, U., & Indonesia, S. (2020). THE INFLUENCE OF CULTURAL , SOCIAL , PERSONAL , AND PSYCHOLOGICAL FACTORS OF MUSLIM CONSUMERS ON THE PURCHASE DECISION OF MANULIFE SHARIAH PRODUCTS. 11(6), 2058–2064. https://doi.org/10.34218/IJM.11.6.2020.191 Kementerian Pariwisata. (2014). Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelanggaraan Usaha Hotel Syariah. 1–7. https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/old_all/ SALINAN PERMEN TENTANG PEDOMAN HOTEL SYARIAH.pdf Maulana, A. (2020). Preferensi Masyarakat Jakarta Terhadap Wisata Halal dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). National Sharia Council - Indonesian Ulema Council. (2016). Pedoman Penyelenggara Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 6–9. Oetarjo, M. (2015). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Minat Berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan. Patwary, A. K., Mohammed, A. A., Hazbar, A., & Syahirah, N. (2018). Factors In fluencing Consumers ’ Intentions towards Purchasing Islamic Hotel Service : Moderating Role of Religiosity. International Journal of Management, Accounting and Economics, 5(7), 482–497. https://doi.org/10.1364/JOSAA.16.002690 Placas, C. D. E. (2015). Pengaruh Faktor Personal, Faktor Sosial, Faktor Informasi dan Sikap terhadap Niat (Intensi) Membeli MAkanan Berlabel Halal LPPOM-MUI pada Mahasiswa Non Muslim di UNY. 2015, 1–239. Poluan, J. G., Pengaruh, M. M. K., Pribadi, F., Faktor, P., Dan, P., Psikologis, F., & Keputusan, T. (2021). Pengaruh Faktor Pribadi Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Luar Daerah Pada Objek Wisata Di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 23–33. https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.31718 Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 Di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. 6(12), 112–129. Sriminarti, N., & Nora, L. (2018). The Role of Product Knowledge and Attitudes toward Purchasing Intentions: The Moderating Effect of Religiosity on Halal Cosmetics. KnE Social Sciences, 3(10), 518. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3153 citation: Azizah Muharrami, Meirani (2022) Pengaruh Islamic Branding, Pengetahuan, Faktor Sosial dan Faktor Psikologis Masyarakat terhadap Minat Berkunjung pada Hotel Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Bekasi). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24604/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1802055_Meirani%20Muharrami.pdf