eprintid: 24578 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/45/78 datestamp: 2023-04-13 04:18:57 lastmod: 2023-04-13 04:18:57 status_changed: 2023-04-13 04:18:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Masruroh, Lulu title: Analisis Faktor-Faktor Keputusan Nasabah dalam Menggunakan KSPPS BMT Tawfin ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hubungan dari citra perusahaan, kualitas pelayanan, promosi, religiusitas, pengetahuan dan faktor sosial terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan KSPPS BMT Tawfin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan sampel sejumlah 100 responden yang menggunakan dan pernah menggunakan KSPPS BMT Tawfin. Adapun untuk teknik pengambilan sampel yaitu dengan probability samping. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu analisis ststistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS Statistics 20. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan Uji t, citra perusahaan dengan nilai signifikan 0,017, kualitas pelayanan dengan nilai signifikan 0,078, promosi dengan nilai signifikan 0,061, religiusitas dengan nilai signifikan 0,009, pengetahuan dengan nilai signifikan 0,380, dan faktor sosial dengan nilai signifikan 0,318 menunjukan bahwa dengan taraf signifikansi 0,05 hanya variabel religius saja yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan KSPPS BMT Tawfin. Dalam Uji F variabel citra perusahaan, kualitas pelayanan, promosi, religiusitas, pengetahuan dan faktor sosial dengan nilai signifikan 0,022 menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan KSPPS BMT Tawfin. Dengan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada BMT untuk dapat meningkatkan lagi citra perusahaan, kualitas pelayanan, promosi, religiusitas, pengetahuan dan sosial dengan hal ini apabila dari faktor tersebut susai dengan harapan nasabah maka akan membuat nasabah untuk memutuskan menggunakan BMT Tawfin. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andiko, T. (2018). Maqashid Syariah Dalam Ekonomi Islam. Samudera Biru : Yogyakarta Ardianto, Elvinaro. (2016). Hanbook Of Public Relations. Bandung: Simbosa Rekatama Media Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran (4th Ed). Yogyakarta: Penerbit Andi Kotler, Philip And Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. (15tth Ed). New Jersey: Person Pretical Hall, Inc Kotler, Amstrong. (2016). Principles Of Marketing. (16th Ed). England : Person Education Limited. Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press. Subhan, M. (2021). Strategi Pemasaran Baitul Maal Wa Tamwil. Aliv Renteng Mandiri Ahmad, S. (2019). Maqashid Syariah. Rumah Fiqh Publish : Jakarta Waluy,. A. (2006). Tata Cara Pendirian Bmt : Pkes Publishing Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2016). Manajemen Pemasaran (14th Ed). Erlangga Jakarta. Hasibuan, M (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara Juwaini, A. (2019). Strategi Pengembangan Keuangan Mikro Syariah Di Indonesia : Knks Lovelock, C. Wirtz, J. (2016). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologgi, Strategi. (7th Ed). Erlangga Jakarta Sutrisno, E. (2020). Menajemen Sumber Daya Manusia. Perdana Media Group : Bandung Aisyah, S. (2019). Pengaruh Citra Lembaga, Kualitas Pelayanan Islami, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Anggota Bmt Anugrah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Annisa, N. I. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Produk Perbankan, Dan Pelayanan, Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah. Ardharanie, N. (2020). Pengaruh Pengetahuan Nasabah Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Kspps Bmt Tumang Cabang Plaosan Magetan. Arniati, A., Arsal, M., Akhmad, A., Asdar, A., & Adiningrat, A. A. (2020). Impression Of Student Knowledge On Decisions Become A Customer Of Islamic Banks. Arshad, T., Zahra, R., & Draz, U. (2016). Impact Of Customer Satisfaction On Image, Trust, Loyalty And The Customer Switching Behavior In Conventional And Islamic Banking: Evidence From Pakistan. Asiah, N. (2019). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah. Audia, R. (2019). Faktor - Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat Menjadi Anggota Koperasi Syariah 212 ( Studi Kasus Di Banda Aceh Dan Aceh Besar ). Bekti, M. S. (2017). Pengaruh Faktor Sosial, Tingkat Pendidikan, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Baitul Maal Wa Tamwil Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Daniaty, M. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Bjbs Kcp Ciputat. Faradilah, I. D. Y. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Bri Syariah Kc Madiun. Habib, Z. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Kspps Bmt Kemitraan Bojonegoro. Hartina, K. (2019). Pengaruh Faktor Promosi, Lokasi, Religiusitas, Pelayanan, Dan Reputasi Terhadap Keputusan Anggota Menyimpan Dana Di Bmt Hira Cabang Tanon. Jurnal Ekonomi Islam, (Marketing Mix). Hermanita, H., & Hayati, S. (2021). Analysis Of The Effect Of Service Quality, Knowledge Level, And Islamic Financial Literacy Level On Muslim Community Decisions To Use Islamic Bank Services. Ila, N. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Persepsi Santri Putri Pondok Pesantren Aisyiyah Imadul Bilad Terhadap Minat Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. In Angewandte Chemie International Edition, Jamaan, R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepercayaan Nasabah Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah. Kishada, Z. M. E., & Wahab, N. A. (2005). Expert System For Optimized Load Distribution In Power Plants. Dongli Gongcheng/Power Engineering. Leninkumar, V. (2017). The Relationship Between Customer Satisfaction And Customer Trust On Customer Loyalty. Maharsi, A. R., Njotoprajitno, R. S., Hadianto, B., & Wiraatmaja, J. (2021). The Effect Of Service Quality And Customer Satisfaction On Purchasing Intention : A Case Study In Indonesia. Mandasari, I. I. (2015). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada Bri Syariah Cabang Cirebon. Miko Andi Wardana. (2016). Pengaruh Pertimbangan, Pengetahuan, Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Bank Syariah Di Kota Denpasar. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam. Mochammad Wiku Ari Sandi, S. A. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Tarif Premi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Jasindo Syariah Murniati, R. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pada Anggota Dalam Mengambil Pembiayaan Kspps Bmt Khonsa Cilacap. Nafiah, Z. (2018). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tentang Lembaga Keuangan Syariah Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Bmt Yaummi Fatimah Pati Cabang Juwana. Nawawi, M. T. (2016). Factors Of Consumer Behavior That Affect Purchasing Decisions On Blackberry Smartphone. Nazri, M. B. (2019). Pengaruh Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah. Prihandin, Kharisma H. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Produk Muḍārabah Pada Bmt Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Purwanto, Fitriyani, Y., Rosowulan, T., Saebani, Wafirah, M., & Pudail, M. (2020). The Effect Of Religiosity And Social Influence On The Intention To Use Sharia Banks In Aceh Singkil Regency. Putri, C. U. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (Kspps) Anugerah Syariah Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Putri, W. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Nasabah Terhadap Keputusan Pembiayaan Murabahah Pada Bmt Al-Makmur Cubadak. Rauda, S. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Jasa Keuangan Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Syariah Palembang. Rochmah, N. (2018). Pengaruh Faktor Sosial Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bmt Madani Sebagai Media Pembiayaan. 106. Rosmalia Igha Ayu. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung. Sardiana, A. (2016). The Impact Of Literacy To Shariah Financial Service Preferences. Etikonomi,. Sharvina, S. (2019). Pengaruh Sosial, Budaya, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah (Studi Pada Bni Syariah Cabang Banda Aceh). Notoatmodjo, S. (2018). Metodolodi Penelitian Kesehatan (3th Ed.). Rineka Cipta Jakarta Sulistyono, M. A. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi Dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah. Yulaifah, A. (2011). Pengaruh Sosial, Budaya, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah (Studi Pada Bni Syariah Cabang Banda Aceh). Yulianti, R., Sangen, M., & Rifani, A. (2016). Pengaruh Nilai-Nilai Agama, Kualitas Layanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Banjarmasin. Zahra, F. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Pemilikan Rumah (Studi Kasus Nasabah Pt Bank Sumut Capem Syariah Simpang Kayu Besar).. Zuardi, M., Marpaung, M., & Lubis, I. S. (2021). Analysis Of Customer Loyalty And The Influence Of Product Attributes , Promotions And Religious Commitments On The Decision To Choose Saving Products In Sharia Bank Sumut.. citation: Masruroh, Lulu (2022) Analisis Faktor-Faktor Keputusan Nasabah dalam Menggunakan KSPPS BMT Tawfin. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24578/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1802055_Lulu%20Masruroh.pdf