%D 2018 %T Tahapan-Tahapan Kampanye “Komuter Pintar Peduli Sekitar” PT. Kereta Commuter Indonesia Dalam Membentuk Kesadaran Rekan Commuters %I Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA %X Kampanye public relations “Komuter Pintar Peduli Sekitar” PT. PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam membentuk kesadaran rekan commuters. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan-tahapan kampanye PT. Kereta Commuter Indonesia dalam membentuk kesadaran rekan commuters. Penelitian ini menggunakan teori sistem, model kampanye Ostergaard, untuk melihat tahapan-tahapan kampanye PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam membentuk kesadaran rekan commuters. Metodologis penelitian menggunakan paradigma kontruktivisme, pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan informan kunci dan informan tambahan. Hasil penelitian menunjukan (1) dalam Kampanye “Komuter Pintar Peduli Sekitar” PT. KCI melakukan tahapan prakampanye, identifikasi masalah yang faktual, tahap pengelolaan (meliputi perancangan, pelaksanaan, evaluasi), tahap penanggulangan masalah (reduced problem), namun tidak diikuti dengan adanya evaluasi yang secara khusus dibuat untuk masukan dan melihat pencapaian tujuan lebih lanjut. (2) Kampanye “Komuter Pintar Peduli Sekitar” PT. KCI memunculkan tren yang positif yaitu mulai banyaknya orang yang berani melaporkan (speak up) pada unit pengamanan KCI saat ada dan terjadinya kasus pelecehan seksual baik sebagai saksi, korban, maupun sekedar menemani saat melapor. (3) Kampanye “Komuter Pintar Peduli Sekitar” PT. KCI menggunakan media atau alat kampanye seperti media massa (televisi, koran, berita online) poster, leaflet dan media sosial (Instagram). Penelitian selanjutnya diharap dapat melakukan penelitian kampanye “komuter pintar peduli sekitar” pada efektivitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif agar mendapatkan hasil yang maksimal dan menyempurnakan penelitian sebelumnya. %A Disa Oktamiani Benita %L repository24569