eprintid: 24421 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/44/21 datestamp: 2023-04-12 03:21:32 lastmod: 2023-04-12 03:21:32 status_changed: 2023-04-12 03:21:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Imam, Muzhaffar Najib title: Strategi Pembentukan Opini Publik Kesatuan Niaga Celullar Indonesia (KNCI) (Dalam Kasus Kebijakan Pendaftaran Nomor Ponsel Oleh Menkominfo) ispublished: pub subjects: H subjects: H1 subjects: JA subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Opini publik dibentuk karena adanya suatu kepentingan yang menyangkut suatu organisasi, individu maupun sekelompok masyarakat terhadap suatu isu yang sedang berkembang. Untuk membentuk suatu opini publik, perlu dilakukan beberapa cara dan membutuhkan opinion leader sebagai orang yang mengetahui tentang isu yang sedang berkembang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembentukan opini publik Kesatuan Niaga Cellular Indonesia (KNCI) dalam kasus pendaftaran nomor ponsel oleh Menkominfo. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Paradigma ini digunakan untuk melihat bagaimana konstruksi strategi pembentukan opini publik dalam sebuah organisasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori fungsional kelompok. Teori ini berasumsi bahwa proses sebagai instrumen yang digunakan kelompok untuk mengambil keputusan, dengan menekankan hubungan antara kualitas komunikasi dan kualitas keluaran kelompok. Untuk menguji keabsahan penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebuah opini publik dapat dibentuk dengan menggunakan beberapa tahap strategi sebuah organisasi dan beberapa saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan opini apa yang ingin dibentuk. Pembentukan opini publik bertujuan untuk membuat citra positif suatu organisasi atau sebagai alat memengaruhi kebijakan publik. Dalam penelitian ini opini publik yang dibentuk oleh KNCI dapat memengaruhi kebijakan publik yang dibuat oleh Menkominfo terkait kebijakan pendaftaran nomor ponsel. Dengan luapan opini publik melalui media sosial atau aksi demonstrasi membuat Menkominfo bergerak untuk segera merevisi kebijakan tersebut karena mayoritas publik tidak setuju akan kebijakan tersebut. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat memberikan sebuah pemahaman bahwa opini publik dapat digunakan kepada suatu kepentingan tertentu. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA department: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other citation: Imam, Muzhaffar Najib (2018) Strategi Pembentukan Opini Publik Kesatuan Niaga Celullar Indonesia (KNCI) (Dalam Kasus Kebijakan Pendaftaran Nomor Ponsel Oleh Menkominfo). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24421/1/FISIP_ILKOM_%20IMAM%20MUZHAFFAR%20NAJIB_1406015058.pdf