eprintid: 24364 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2148 dir: disk0/00/02/43/64 datestamp: 2023-04-13 09:17:30 lastmod: 2023-04-13 09:17:30 status_changed: 2023-04-13 09:17:30 type: article metadata_visibility: show creators_name: Nadya Aulia Hanum, Nadya Aulia Hanum creators_name: Yulia Rahmawati, Yulia Rahmawati creators_name: Farida Hariyati, Farida Hariyati creators_id: yulia.rahmawati@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-4655-2284 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/CRP corp_creators: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka corp_creators: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka corp_creators: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka title: KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING LICIN.LOVE MELALUI PROGRAM “LIMBAH JELANTAH” ispublished: unpub subjects: ZA4450 divisions: 70201 keywords: corporate branding, corporate communication, licin.love, waste programme jelantah abstract: Corporate branding merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi dalam rangka membentuk kesan yang diinginkan pada benak khalayak. Licin.Love memerlukan strategi komunikasi yang sesuai dengan target khalayak. Licin.Love sebagai perusahaan startup yang berorientasi pada lingkungan dengan program Limbah Jelantah dan sukses melakukan serangkaian strategi branding terhadap khalayak mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi corporate branding Licin.Love melalui program “Limbah Jelantah.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan data dan informasi menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori organisasi modern yang merupakan turunan dari konteks komunikasi organisasi. Untuk membahas strategi komunikasi yang dilakukan berkala terhadap khalayak internal dan eksternal untuk membahas strategi branding perusahaan. Strategi ini dilakukan untuk membentuk cintra atau kesan sebagai perusahaan yang berorientasi pada lingkungan. Dalam melakukan corporate branding, ternyata sektor komunikasi juga berperan sangat penting dalam melakukan rangkaian pengembangan perusahaan khususnya melalui kegiatan branding perusahaan. Penelitian ini melihat bahwa perusahaan Licin.love dalam program “Limbah Jelantah” telah menggunakan rangkaian strategi dalam komunikasi dan corporate branding yang dilakukan secara bertahap kepada para karyawan atau timnya untuk membentuk citra atau kesan yang diinginkan sebagai perusahaan yang menyediakan program penyelamatan lingkungan khususnya limbah jelantah. date: 2022-12-31 publisher: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa official_url: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRKom/index full_text_status: public publication: KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING LICIN.LOVE MELALUI PROGRAM “LIMBAH JELANTAH” volume: Vol 13 number: 2 pagerange: 214-228 refereed: TRUE issn: 20877463 related_url_url: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v13i2.16981 related_url_type: pub referencetext: Askari, M. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolak. Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi 13. Jakarta: Erlangga Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknis Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Komunikasi Organisasi dan Pemasaran. Jakarta: Kencana. Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama. Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. (Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi: UI Press.) Effendy, Onong Uchajana. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktik). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Pace, R. wayne & Faules, Don F. 2010. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Romli, Khomsahrial. 2011. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: Grasindo. Susanto, Eko Harry. 2010. Komunikasi Manusia Esensi dan Aplikasi dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik, Edisi 1. Jakarta: Mitra Wacana Media. Sulistio, Ahmad Budi. 2020. Branding Sebagai Pengganti Dari Promosi Nadya Aulia Hanum, dkk / Jurnal Riset Komunikasi / Vol 13 No 2 (2022) Hlm. 214 - 228 Komunikasi Corporate Branding Licin.Love Melalui Program “Limbah Jelantah” Nadya Aulia Hanum, Yulia Rahmawati, Farida Hariyati 228 Bisnis. Jurnal ProFilm. Vol.4. No 1. Van Riel, Cees and Charles J. Fombrun. 2009. Essentials of Corporate Communication: Implementing Practices for Effective Reputation Management. New York: Routledge. Yusuf, & Muri. (2014). Metode Penelitian: Kuantitaif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Kencana. Indriati, L., & Fadilla, A. N. 2020. Perancangan Visual Brand CommunicationBank Sampah Induk Surabaya. Jurnal Rupa. Vol 5. No 1 Ramadhan, Dzan Koemar etal. 2020. Strategi Corporate branding Melalui Integrated Marketing Communication (IMC) PT Petrokimia Gresik. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat. Volume 3. Nomor 3 Purba, Rinanda. 2020. Branding Kerajinan Dari Limbah Teh Rendy Handycraft. Jurnal Proporsi, Vol. 6. No. 1 citation: Nadya Aulia Hanum, Nadya Aulia Hanum dan Yulia Rahmawati, Yulia Rahmawati dan Farida Hariyati, Farida Hariyati (2022) KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING LICIN.LOVE MELALUI PROGRAM “LIMBAH JELANTAH”. KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING LICIN.LOVE MELALUI PROGRAM “LIMBAH JELANTAH”, Vol 13 (2). pp. 214-228. ISSN 20877463 (Unpublished) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24364/1/16981-49362-4-PB%20%282%29.pdf document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24364/2/Redaksi%20Jurnal%20JRK.jpg document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24364/3/sampul%20jurnal%20JRK.jpg document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24364/4/Daftar%20Isi%20Jurnal%20JRK.jpg