eprintid: 24320 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/43/20 datestamp: 2023-07-10 08:33:52 lastmod: 2023-07-10 08:33:52 status_changed: 2023-07-10 08:33:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauziyah, Rizqi creators_name: Amirullah, Gufron creators_id: kikifariz6@gmail.com creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: Perbedaan Antara Model Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Model Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Inwanul Huda Jakarta Timur. ispublished: pub subjects: L1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Visualization Auditory Kinesthetic dengan model Auditory Intellectually Repetition. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kela IV-A dan siswa kelas IV-B berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas Visualization Auditory Kinesthetic dan 30 siswa pada kelas Auditory Intellectually Repetition. Instrumen yang digunakan telah diuji yang berbentuk soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Dari hasil uji validitas menggunakan Korelasi Point Biserial diperoleh 30 butir tes yang valid dari 40 butir test. Untuk pengujian realibilitas dengan menggunakan K-R 20, diperoleh rhitung > rtabel (0,88 > 0,36) sehingga instrumen ini dikatakan reliabel. Pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors untuk kelas eksperimen 1, diperoleh Lo = 0,0602 < Ltabel = 0,1617, dan untuk kelas eksperimen 2 diperoleh Lo = 0,0187 < Ltabel = 0,1617 maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,707 < Ftabel = < 1,858. Maka Ho diterima, artinya homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 77,53 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 70,5. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,047 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 58 seharga 2,002. Karena thitung = 2,047 > ttabel 2,002, maka thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara model Visualization Auditory Kinesthetic dengan model Auditory Intellectually Repetition pada siswa kelas IV MI Inwanul Huda Jakarta Timur. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Hikmat, M. Mahi. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Jihad, Asep dan dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo. Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta. Rusefendi, E.T. 2010. Dasar-Dasar Penelitian dan Pendidikan Bidang Non- Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito Bandung. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Uzer Usman, Moh. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda. Wisudawati, Asih Widi. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT. Bumi Aksara. http://dhiantienz.blogspot.co.id pada hari Rabu, 22 Januari 2014. http://mathematicsfun4.blogspot.com/2012/06/model-pembelajaranauditory.html. pada tanggal 25 Maret 2016 http://yayuhandasari92.blogspot.co.id hari Minggu tanggal 14 Desember 2014 citation: Fauziyah, Rizqi dan Amirullah, Gufron (2021) Perbedaan Antara Model Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Model Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Inwanul Huda Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24320/1/FKIP_PGSD_1201045492_RIZQI%20FAUZIYAH.pdf