@phdthesis{repository24320, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, title = {Perbedaan Antara Model Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Model Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Inwanul Huda Jakarta Timur.}, year = {2021}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24320/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Visualization Auditory Kinesthetic dengan model Auditory Intellectually Repetition. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kela IV-A dan siswa kelas IV-B berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas Visualization Auditory Kinesthetic dan 30 siswa pada kelas Auditory Intellectually Repetition. Instrumen yang digunakan telah diuji yang berbentuk soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Dari hasil uji validitas menggunakan Korelasi Point Biserial diperoleh 30 butir tes yang valid dari 40 butir test. Untuk pengujian realibilitas dengan menggunakan K-R 20, diperoleh rhitung {\ensuremath{>}} rtabel (0,88 {\ensuremath{>}} 0,36) sehingga instrumen ini dikatakan reliabel. Pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors untuk kelas eksperimen 1, diperoleh Lo = 0,0602 {\ensuremath{<}} Ltabel = 0,1617, dan untuk kelas eksperimen 2 diperoleh Lo = 0,0187 {\ensuremath{<}} Ltabel = 0,1617 maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,707 {\ensuremath{<}} Ftabel = {\ensuremath{<}} 1,858. Maka Ho diterima, artinya homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 77,53 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 70,5. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,047 pada taraf signifikan {\ensuremath{\alpha}} = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 58 seharga 2,002. Karena thitung = 2,047 {\ensuremath{>}} ttabel 2,002, maka thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara model Visualization Auditory Kinesthetic dengan model Auditory Intellectually Repetition pada siswa kelas IV MI Inwanul Huda Jakarta Timur.}, author = {Fauziyah, Rizqi and Amirullah, Gufron} }