eprintid: 24289 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/42/89 datestamp: 2023-04-11 07:13:59 lastmod: 2023-04-11 07:13:59 status_changed: 2023-04-11 07:13:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Miski, Mumtaz Bahrul title: Mumtaz Bahrul Miski,Pengaruh Literasi dan Promosi terhadap Minat nasabah dalam memilih produk pembiayaan pensiun di bank syariah mandiri KC Panglima Polim. Skripsi, program studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Literasi dan Promosi terhadap Minat Nasabah Pensiun Dalam Memilih Produk Pembiayaan di Bank Syariah Mandiri KC Panglima Polim . Data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-September 2019 subjek dalam penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri KC Panglima Polim. Dengan jumlah populasi nasabah yang memiliki Tabungan Pensiun di BSM KC Panglima Polim sebanyak 222 nasabah, pengambilan sampel dilakukan berdasarkan rumus slovin sebanyak 69 responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Non probability dengan menggunakan cara Sampling Purposive. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Luiterasi (X1), Promosi (X2) dan Keputusan Nasabah Memilih (Y). Dari Hasil Penelitian dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa Literasi sebesar 0,000 dan Promosi 0,000. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersamaan atau simultan variabel Literasi dan Promosi berpengaruh terhadap Minat nasabah memilih produk pembiayaan pensiun dengan nilai F hitung diperoleh 55.115. Nilai pada Uji Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,614. Angka ini menunjukan bahwa Minat Nasabah Memilih mampu dijelaskan oleh faktor Literasi dan Promosi Selling sebesar 61,4%, sedangkan sisanya 39,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang kemungkinan bisa memberi pengaruh yang lebih besar terhadap Minat nasabah memilih produk pembiayaan pensiun. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Al Arif Nurianto,Nur M .Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah.Bandung:ALFABETA,2012. Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar SiswaYogyakarta;Deepublish,2017 Darsono, dkk, Perbankan Syariah Di Indonesia Kelembagaan dan Kebijakan Serta Tantangan Ke Depan, (Depok: Rajawali Pers, 2017 Ghozali, Imam H, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011 Hasan,Iqbal dan Misbahuddin, Analisis Data Penelitian dengan Statistik Jakarta: Bumi Aksara, 2013 Jaiz Muhammad , Dasar-dasar Periklanan,Yogyakarta:Graha Utama,2014 Kasmir,SE.MM ,Pemasaran Bank Jakarta:KENCANA,2005 Keller Lane Kevin & Kotler Philip, Manejemen Pemasaran, edisi kedua belas jilid 2, Indonesia: PT Macan Jaya Cemerlang , 2007 Kholid Muhammad S.H.,M.H dan Asro Muhammad,M.H Fiqih Perbankan Bandung: Cv Pustaka,2011 Kotler Philip, Marketing Management, Jakarta:PT Gelora Aksara Pratama,1992 Kountur Ronny, Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis,Jakarta: PPM Naja Daeng H.R, Akad Bank Syariah Yogyakarta:Pustaka Yustista,2011 Noor Juliansyah , Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012 Otoritas Jasa Keuangan, Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan untuk Konsumen atau Masyarakat, revisi 2016 Jakarta;2017 Otoritas Jasa Kuangan, Stratergi Nasional Literasi Keuangan, Revisit 2017, Jakarta:2018 Prawoto Nano dan Basuki Tri AgusA, Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Jakarta: Rajawali Pers, 2016 Ridwan, Belajar Mudah Penelitian untuk guru, karyawan dan penelitian pemula, Bandung: Alfabeta, 2013 Siregar Syofian, Metode Penelitian Kuantitatif , Jakarta: Kencana, 2017 Soemitra Andi, M.A, Bank dan lembaga Keuangan Syariah Jakarta:kencana,2010 Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen Bandung: Alfabeta, 2014 Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2012 Sujarweni Wiratna, Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015 Sujarweni Wiratna, Statistika untuk Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012 Susanto,dkk, Dasar-dasar Pemasaran Yogyakarta UPE UMY,2003 Veithzal Permata Andria dan Veithzal Rifai ,Islamic marketing Management: Teori, konsep, dan Aplikasi panduan praktis untuk Lembaga Keuangan Nasabah. Praktisi dan Mahasiswa Jakarta:PT Grafindo Persada,2008 Wahjono Imam Snetot, Manajemen Pemasaran Bank Yogyakarta:Graha Ilmu,2010 Walker dan Body dkk, Manajemen Pemasaran Jakarta:Erlangga,2000 Wangsawidjaja Dr. A. Z.S,h ., M.H, Pembiayaan Bank Syariah Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama,2012 Journal dan Skripsi : Mubin Fatul , Faktor-faktor yang mempengaruhi Wirausaha Mahaasiswa Muslichah Istyakara dan Sumaidi, Minat Konsumen terhadap Asuransi Syariah Keluarga,( Seminar Nasional dan Call of Paper, FEB UII 2017) Pratiwi Eka Anggun Alini,Pengaruh Total Asset Turnover, Net Profit Margin, dan Return On Equity terhadap harga pada saham perusahaan food and beverage yang listing di BEI tahun 2009-2011, dalam e-journal Jurusan akuntansi fakultas Ekonomi, 2014 Siregar Utama Budi, Pengaruh promosi dan lokasi usaha terhadap peningkatan jumlah nasabah produk giro wadi’ah di Bank sumut cabangsyariah padangsidimpuan,pendidikan ilmu sosial dan keislaman jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/TZ/Vol. 02 No. 2 diakses Desember 2016 Situs Web : Otoritas Jasa Keuangan, dalam Http://Www.Ojk.Go.Id/Id/Kanal/EdukasiDan PerlindunganKonsumen/Pages/Literasi-Keuangan.Aspx, Diakses Pada Tanggal 29 Desember 2017 Sejarah Bank Syariah Mandiri https://www.mandirisyariah.co.id/tentang-kami/sejarah Visi Misi Bank Syariah Mandiri https://www.mandirisyariah.co.id/tentang-kami/visi-misi http://www.jdih.kemenkeu.go.id/fullText/1969/11TAHUN~1969UU.HTM www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Roadmap-Pengembangan-Keuangan-Syariah-Indonesia-2017-2019.aspx www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/regulasi/dana-pensiun/undang-undang/Pages/undang-undang-nomor-11-tahun-1992-tentang-dana-pensiun citation: Miski, Mumtaz Bahrul (2019) Mumtaz Bahrul Miski,Pengaruh Literasi dan Promosi terhadap Minat nasabah dalam memilih produk pembiayaan pensiun di bank syariah mandiri KC Panglima Polim. Skripsi, program studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24289/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1507025106_MUMTAZ%20BAHRUL%20MISKI.pdf